Olimpiade Musim Dingin PyongChang

Cerita soal Olimpiade Musim Dingin kali ini, nggak semata seputar siapa yang menang dan siapa yang dapat medali emas terbanyak. Banyak cerita seputar atlet dan timnya. Nggak ketinggalan soal teknologi yang mereka gunakan. Nggak heran sih, di Olimpiade Musim Dingin, para atlet harus selalu tampil prima dan menjaga kesehatan meski suhu di PyongChang bisa sangat dingin.

Untuk menyiasatinya para atlet dibekali dengan berbagai kostum-kostum berteknologi tinggi. Nggak cuma bisa menghalau suhu ekstrem namun bisa juga meningkatkan performa dalam bertanding. Ini sih kostumnya udah serupa spandeks yang dipakai superman ya, biar bisa melesat dengan kecepatan tinggi dan tetap nyaman. Apa aja sih teknologi canggih yang diaplikasikan pada Olimpiade kali ini? Ayok coba disimak uraian Hipwee News & Feature berikut!

1. Team USA mengenakan parka buatan Ralph Lauren dengan tinta elektronik yang bisa menghangatkan pemakainya. Canggih!

Yang penting nggak kedinginan deh, biar tetap fit via www.usatoday.com

Advertisement

Bukan hanya stylish, ternyata jaket tim USA juga dilengkapi penghangat otomatis. Pada bagian dalam jaket, ada motif bendera Amerika Serikat yang digambarkan dengan tinta elektronik. Bahkan tingkat kehangatan dari jaket ini bisa diatur lewat smartphone dengan sebuah tombol yang tetap bisa dipencet meskipun mereka mengenakan sarung tangan. Semua sudah diantisipasi oleh perancangnya ya. Jadi, si atlet nggak perlu merasakan kedinginan saat melepas sarung tangan.

2. Melalui Samsung Smartsuit, atlet bisa ditracking pergerakannya saat latihan. Ini bakal sangat memudahkan pelatih untuk mengevaluasi latihan

Bisa jadi bahan evaluasi latihan nih via www.engadget.com

Terimakasih, teknologi! Berkat sensor yang dipasang melalui kostum atlet, kini pelatih bisa mengetahui dengan persis pergerakan atlet saat latihan dan menjadikannya bahan evaluasi. Sensor di kostum ini terhubung dengan aplikasi di ponsel pintar Samsung Smartsuit. Skater asal Belandalah yang sudah menggunakan teknologi ini saat berlatih.

3. Tim snowboarding Amerika Serikat punya kostum mirip banget astronot yang sekaligus bisa memantulkan cahaya dan suara

Bisa buat penyamaran di tengah salju juga nih via www.prnewswire.com

Brand snowboarding terkenal yaitu Burton merancang kostum canggih untuk tim Amerika Serikat dan terinspirasi dari astronot yang mengeksplorasi alam semesta. Kostum ini meliputi jaket dan celana yang dibuat dari kain berlapis aluminium. Aluminium yang digunakan adalah jenis yang biasa dipakai untuk peralatan sound, jelas saja karena kostum ini punya kemampuan memantulkan cahaya dan suara lho. Selain itu ada bordiran unik di dalam jaket yang berbentuk tulisan korea dan artinya,”Apakah kamu bisa Bahasa Inggris?” dan “Doakan aku berhasil!“. Ini penting banget nih buat atlet yang lagi jalan-jalan dan pengen ngegombal ke cewek Korea. 😀

4. Spandeks aerodinamik dari Under Armour memungkinkan atlet ice skating melesat bagai peluru

Mirip spandeksnya Spiderman nih via www.smithsonianmag.com

Advertisement

Under Armour mengklaim rancangannya untuk Olimpiade Musim Dingin kali ini memungkinkan atlet ice skating untuk berlari lebih cepat. Teknologi aerodinamik dalam kostum tersebut muncul berkat tekstur spandeks yang berpasir dan degan menekan vakum di lengan dan kaki atlet. Makanya atlet bisa melesat secepat peluru.

5. Desain khusus kostum untuk penyamaran selagi bertanding. Nggak kelihatan, eh tiba-tiba udah deket garis finish aja!

Kostum ski Columbia via gearjunkie.com

Kostum atlet ski dari Columbia dirancang khusus untuk berkamuflase di tengah salju. Pemain ski memang nggak boleh sembarangan menyentuh tanah saat pertandingan berlangsung. Dengan kostum ini atlet bisa menggoyangkan lutut untuk menyamarkan gerakan.

6. Kostum yang bisa langsung mendeteksi bahaya dengan sensor dan meluncurkan bantalan udara saat diperlukan

Keamanan super! via www.cnet.com

Jadi atlet memang harus siap menerima segala resiko. Termasuk segala kondisi yang memungkinkannya menemui situasi bahaya kecelakaan yang mengintai. Nah Dainese merancang kostum yang bisa mengantisipasi itu semua. Selain diberi helm yang super aman, pakaian juga dilengkapi sensor otomatis. Ketika pemakai dalam keadaan bahaya, pelampung atau bantalan udara langsung mengembang dan menahan atlet dari benturan. Tingkat kewaspadaan luar biasa!

Kecanggihan teknologi ternyata nggak hanya digunakan untuk bisnis dan memenuhi gaya hidup. Ternyata bisa untuk strategi pertandingan olahraga juga nih. Mulai dari mempercepat pergerakan atlet, hingga keamanan, semua bisa tercover dengan teknologi super. Wah kalau pakai kostum-kostum ini sih pantes saja para superhero bisa menyelamatkan dunia ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya