Mengenal Danny Kurnia, Sosok Penting Dibalik Platform Carisayur

SVP of Commercial and Retail Carisayur ini punya segudang pengalaman di dunia sales dan logistik

Kamu yang berdomisili di Jabodetabek, Surabaya atau Gresik, yang senang belanja kebutuhan dapur secara online, pastinya sudah nggak asing dengan platform Carisayur. Yup, platform satu ini memang menarik karena tidak hanya memudahkan, tetapi juga memastikan kamu mendapatkan kebutuhan dapur yang berkualitas dengan harga terbaik.

Adalah Danny Kurnia, salah satu sosok penting yang akan ikut memajukan platform Carisayur ke depannya. Danny dipercaya mengisi bangku Senior Vice President (SVP) of Commercial and Retail berkat sederet pengalaman serta pencapaiannya dalam bidang sales dan logistik. 

Bersama Danny, Carisayur akan fokus mengembangkan bisnis baik dari segi resources maupun customer service, serta berupaya memangkas rantai distribusi bahan pangan yang saat ini dinilai masih memiliki alur cukup panjang.

Di luar posisi dan rencana kerjanya di Carisayur, sebenarnya siapa sosok Danny Kurnia? Yuk, kenalan.

Danny Kurnia, sosok yang passionate dalam bidang sales dan logistik

Dipercaya untuk mengisi posisi Senior Vice President of Commercial and Retail di Carisayur, Danny adalah sosok yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia sales dan logistik. Danny memulai perjalanan kariernya di sebuah perusahaan kontraktor selama kurang lebih 2,5 tahun. Meski bidang tersebut linier dengan latar belakang pendidikannya, tetapi ia merasa bahwa engineering bukanlah passion-nya.

Oleh karena itu Danny pun memutuskan untuk menemukan passion-nya dengan bergabung ke salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia bidang logistik, sembari memulai bisnisnya di bidang pembuatan boneka. Yup, Danny sempat memproduksi boneka untuk dijual ke kawasan Cikampek yang sering dilintasi bus antar kota antar provinsi.

Tak berpuas dengan karier yang tengah ia jalani, Danny pun memutuskan untuk melebarkan sayap dengan bergabung sebagai Warehouse and Distribution Manager di sebuah perusahaan distribusi makanan dan minuman. Danny juga sempat bekerja di perusahaan pengemasan untuk FMCG dan industri selama satu tahun, sebelum akhirnya bergabung ke salah satu raksasa e-commerce Tanah Air sebagai Group Operation Manager.

Berkarier di dunia e-commerce bisa dibilang menjadi titik balik karier Danny. Meminjam bahasa Danny, ia merasa cocok dan excited bekerja di masa depan. Di dunia baru e-commerce ini Danny pernah terlibat dalam salah satu program yang berkaitan dengan komoditi sayur dan buah. Dari sinilah awal ketertarikannya terhadap dua komoditi tersebut.

Nggak langsung berlabuh ke Carisayur, Danny kembali terjun ke bidang logistik di sebuah perusahaan aplikasi belanja berbasis komunitas sebagai General Manager. Setelah itu, Danny sempat menjajal pengalaman di industri baking yang menjadi salah satu impiannya, sebelum akhirnya bergabung dengan Carisayur pada awal tahun 2022.

Melihat kembali ke belakang, Danny mengungkapkan bahwa pencapaian terbesarnya sepanjang karier adalah ketika melihat tim yang pernah ia bentuk, saat ini telah memiliki jenjang karier yang sangat baik dan bisa dibilang sukses.

Bersama Carisayur menyediakan komoditi dengan kualitas terbaik dan harga yang stabil

Platform belanja online Carisayur | Credit via carisayur.official on Facebook

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2017, platform belanja online Carisayur terus berupaya melakukan pengembangan baik dari sisi customer service dan resources. Sedangkan dari sisi produk, Carisayur didukung penuh oleh Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) yang bergerak di bidang pengembangan jaringan Pasar Induk. Saat ini, Paskomnas memasarkan produknya secara daring melalui Carisayur.

Carisayur masih berfokus memasarkan produknya di area Jabodetabek. Area ini dipilih karena menurut Danny Jabodetabek masih menjadi area yang paling potensial bagi Carisayur untuk berkembang. Meski demikian, Danny dan tim juga tengah menyiapkan perluasan bisnis Carisayur untuk kota-kota lain di Indonesia.

Tak hanya itu, Danny mengatakan juga akan melakukan sejumlah perbaikan pada laman website Carisayur agar nantinya dapat memberikan kemudahan bagi konsumen saat berbelanja. Dengan begitu, konsumen akan merasa nyaman dan percaya untuk berbelanja melalui platform Carisayur.

Upaya lain dari Carisayur untuk mendapatkan customer loyalty adalah dengan menghadirkan program referral. Bagi konsumen yang menggunakan program tersebut, Carisayur akan menyediakan komisi yang cukup menjanjikan. 

Komisi tersebut dinilai dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi para konsumen yang umumnya merupakan seorang ibu rumah tangga. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, penghasilan sampingan juga dapat membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Kami ingin para konsumen yang berbelanja di platform Carisayur nggak hanya mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang cenderung stabil, tetapi juga bisa mendapatkan benefit lainnya,” terang Danny kepada Hipwee, Selasa (22/3).

Lebih lanjut Danny menjelaskan bahwa salah satu tantangan dunia pangan Indonesia adalah rantai pendistribusian komoditi khususnya sayur dan buah yang masih cukup panjang. Komoditi segar seperti sayur dan buah harus melewati proses distribusi tersebut sebelum akhirnya bisa sampai ke tangan konsumen.

Hal tersebut menurut Danny harus diselesaikan, karena dapat memengaruhi kualitas dan harga produk. Ketika harus melewati proses panjang, komoditi tersebut sampai ke tangan konsumen dengan kualitas yang telah menurun dengan harga yang justru lebih tinggi.

Tantangan inilah yang ingin dijawab oleh Danny melalui Carisayur sebagai salah satu platform belanja online untuk komoditi sayur dan buah. Carisayur berupaya untuk dapat memangkas rantai pendistribusian agar komoditi bisa sampai ke tangan konsumen dengan kualitas yang baik dan harga yang relatif stabil.

Danny ingin Carisayur terus tumbuh dan berperan aktif untuk kesejahteraan para petani di Indonesia

Danny Kurnia

Senior Vice President of Commercial and Retail di Carisayur Danny Kurnia | dok. Pribadi

Memiliki harapan agar Carisayur terus tumbuh dan berkembang, Danny mengatakan supplier menjadi salah satu kunci penting. Di sini ia mengungkap sederet kriteria Carisayur dalam memilih supplier sebagai pemasok komoditi. Baginya, penting untuk memilih supplier dengan kondisi perusahaan yang stabil dari segi harga dan kualitas.

Selain itu, untuk perkembangan Carisayur ke depannya, saat ini Danny bersama tim sedang memetakan data komoditi sayur dan buah dari berbagai provinsi di Indonesia. Danny menjelaskan saat ini data komoditas masih belum tersebar secara rapi, ditambah para petani masih banyak yang belum teredukasi dengan baik dalam hal menanam komoditas.

“Salah satu permasalahan pangan di Indonesia adalah data komoditas yang masih belum tersebar secara rapi. Terlebih, petani di Indonesia masih memegang kebiasaan menanam komoditas yang sama sehingga hasil panen melimpah, tetapi demand di pasar tak sebesar hasil panen, sehingga harga pun anjlok,” tutur Danny.

Oleh karena itu, ke depannya Danny ingin Carisayur bisa memberikan edukasi kepada para petani mengenai pentingnya mengenali potensi komoditas daerah serta peran supply dan demand di pasar. Hal ini penting untuk menghindari hasil panen menjadi product waste yang membuat para petani merugi. 

Ketika para petani sudah mulai bisa mengenali komoditas apa yang dibutuhkan dan dapat memperkirakan besaran yang diperlukan, Danny yakin bahwa hasil panen petani dapat terjual secara maksimal dengan harga yang sesuai.

Mendedikasikan diri di Carisayur bagi Danny bukan semata untuk karier maupun bisnis. Lebih jauh, Danny mengaku ingin terus mengembangkan Carisayur karena konsumsi buah dan sayur di kalangan masyarakat Indonesia saat ini masih terbilang rendah. Danny berharap ke depannya mayarakat dapat lebih sering mengonsumsi buah dan sayur dengan kemudahan, kualitas dan harga yang stabil melalui platform Carisayur.

Nah, itu dia Danny Kurnia, SVP of Commercial and Retail Carisayur. Para SoHip pengguna platform Carisayur paling sering belanja apa nih?

Tim Dalam Artikel Ini

Editor