Dari Wajah Manusia sampai Tupai yang Lagi Rebahan, ini 7 Foto Aneh dan Unik dari Planet Mars

Foto dari planet Mars

Dari sekian banyak planet di antariksa, planet Mars kayaknya jadi yang paling sering disebut dan dibahas. Dari obrolan serius ala ilmuwan yang mengatakan kalau Mars bakal bisa dihuni, sampai obrolan canda kayak “hari ini panas banget kayak di Mars” (padahal ke sana saja belum). Sederhananya, Mars akrab dibahas karena punya siklus musim yang mirip Bumi dengan lingkungan yang cukup bersahabat ketimbang planet lain.

Advertisement

Oleh karena itu, para ilmuwan luar angkasa pun terus memantau planet yang digadang-gadang bisa menunjang kehidupan manusia ini. Mulai dari memanfaatkan teleskop, pencitraan satelit, hingga mengirim robot penjelajah seperti yang dilakukan lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA. Nah, selama pemantauan itu mereka banyak menemukan hal menarik, salah duanya periode rotasi dan siklus musim yang ternyata mirip Bumi. Tapi nggak jarang pula peneliti malah nemu penampakan atau benda aneh di sana. Dilansir dari situs multimedia NASA yang juga dirangkum Gizmodo, berikut 7 di antaranya.

1. Penampakan objek seperti wajah manusia

Objek menyerupai wajah di Mars (Foto: NASA) via mars.nasa.gov

Pada tahun 1976, wahana antariksa Viking 1 milik NASA ditugaskan menjepret daratan Mars, tepatnya di wilayah Cydonia. Hasil jepretan itu menampilkan sebuah objek mirip wajah manusia, yang oleh NASA disebut sebagai sebuah formasi batuan besar. Mereka menjelaskan kemunculan objek tersebut hanya karena bayangan yang menampilkan ilusi di formasi batu, sehingga terlihat seperti wajah manusia lengkap dengan mata, hidung, dan mulut.

Tapi penggemar alien berasumsi kalau “wajah” tersebut adalah bekas monumen peradaban Martian. Terlepas dari asumsi liar itu, penjelasan psikologi mengatakan kalau penampakan tersebut terbentuk karena fenomena pareidolia, yakni fenomena psikologis ketika kita melihat benda atau objek acak menyerupai sesuatu yang familiar.

Advertisement

2. Patung zaman Mesopotamia kuno di daratan Mars

Objek menyerupai patung dari zaman Mesopotamia (Foto: kolase NASA/British Museum) via mars.nasa.gov

Seperti yang diketahui, Mesopotamia kuno sangat terkenal dengan seni patungnya. Bahkan negeri itu punya julukan ‘peradaban seribu berhala’. Nah, pada tahun 2010 robot Opportunity merekam sebuah foto di daerah Concepcion Crater, Mars. Dalam foto itu terdapat objek yang sangat mencolok dan mirip dengan patung dari zaman Mesopotamia kuno, tepatnya patung dewa pembantu Neo-Asyur. Penggemar alien tentu memercayai hal tersebut. Tapi kalau emang beneran, gimana cara bawa patung segede itu sampai ke Mars, ya?

3. Sosok misterius seperti perempuan yang sedang duduk

Penampakan objek seperti seorang perempuan (Foto: NASA/JPL-Caltech/Cornell University) via mars.nasa.gov

Meski terlihat seram, sosok yang dijepret robot penjelajah bernama Spirit pada tahun 2007 ini bukan hantu kok. NASA menjelaskan sosok seperti perempuan yang terekam dalam lanskap kawah Gusev Mars ini adalah ilusi yang diciptakan bayangan pada bebatuan. Penjelasan tersebut kemudian diperkuat temuan robot Curiosity yang pada 2015 lalu merekam objek serupa.

4. Objek menyerupai sendok yang diasumsikan sebagai bekas peradaban bangsa Martian

Objek menyerupai sendok (Foto: NASA/JPL-Caltech) via mars.nasa.gov

Objek menyerupai sendok sudah beberapa kali ditemukan robot Curiosity sejak mendarat di Mars tahun 2012. Penjelasan NASA tetap sama. Objek tersebut adalah formasi batu yang kebetulan saja menyerupai sendok. Namun pemburu alien nggak cukup puas dengan penjelasan NASA. Mereka mengaitkan objek tersebut dengan bekas peradaban bangsa Martian. Ya, mungkin saja buat menyiduk kuah bakso ketika cuaca mulai dingin~

Advertisement

5. Penemuan objek mirip fosil tulang paha alien

Objek menyerupai fosil tulang paha (Foto: NASA/JPL-Caltech) via mars.nasa.gov

Pada Agustus 2014, foto dari robot Curiosity kembali bikin ramai warganet dan pemburu alien. Foto tersebut merekam objek yang kemudian diklaim menyerupai tulang paha manusia. Namun seperti yang sudah-sudah, pihak ilmuwan NASA mengatakan objek tersebut hanyalah bebatuan Mars yang terkikis erosi dari angin dan air, sehingga menyerupai tulang paha. Jadi bukan sisa fosil alien, ya.

6. Tupai yang sedang rebahan di antara bebatuan

Objek menyerupai tupai (Foto: NASA/JPL-Caltech) via mars.nasa.gov

Pada September 2012 lalu, NASA merilis foto sekelompok batu gelap bernama Rocknest. Nggak butuh waktu lama, ketajaman mata warganet dan pemburu alien menemukan objek yang mirip seekor tupai dalam foto yang diambil robot Curiosity ini. Scott C. Waring seorang yang gandrung akan UFO, adalah orang pertama yang menyadari objek itu dan menyebutnya sebagai ‘tupai lucu di Mars’. Namun sekali lagi, objek tersebut hanyalah satu batu di antara hamparan bebatuan.

7. Sekumpulan batu unik yang mirip tanaman bluberry

Objek bebatuan yang mirip bluberry (Foto: NASA/JPL-Caltech/Cornell/USGS) via mars.nasa.gov

Selain penampakan aneh dan membingungkan, robot Opportunity pada 2004 menemukan dan memotret permukaan yang dipenuhi kerikil-kerikil bulat dengan variasi ukuran dari 100 mikrometer hingga 602 milimeter, di area Meridiani Planum. Oleh salah satu anggota tim ilmuwan NASA bernama Steve Squyres, kerikil bulat itu disebut mirip bluberry yang biasa ada di kue muffin. Wah, jadi laper!

Sebenarnya masih banyak lagi objek aneh dan unik yang pernah terekam robot penjelajah di daratan Mars. Namun  7 di atas adalah yang paling unik dan sempat mengundang perbincangan bagi ilmuwan dan penggemar alien. Nah, kamu tim yang percaya ilmuwan atau penggemar alien, nih?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

An amateur writer.

CLOSE