Galaxy Movie Studio 2022 Rilis Film Pendek “Seperti Sediakala”

Diproduksi oleh Serangkai Films dan direkam menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G

Makin ke sini, fungsi smartphone berkembang jauh dari sekadar alat komunikasi. Kini, apa saja bisa dilakukan melalui smartphone, termasuk bikin film dengan kualitas perekaman yang tak kalah bagus dari hasil kamera profesional para sineas kawakan.

Advertisement

Hal ini nggak lepas dari inovasi teknologi yang terus diupayakan produsen smartphone, seperti Samsung melalui perangkat anyar Galaxy S22 Ultra 5G yang mengusung sejumlah fitur untuk mendukung aktivitas perekaman video agar lebih memukau.

Kemampuan perangkat Galaxy S22 Ultra 5G dalam menghasilkan video dengan kualitas yang tak kalah bagus dari kamera video profesional ini pun telah terbuktikan dalam ajang Galaxy Movie Studio (GMS) 2022 inisiatif Samsung Electronics Indonesia.

Galaxy Movie Studio 2022 luncurkan film pendek “Seperti Sediakala” yang direkam menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G

Poster film “Seperti Sediakala” | dok. Samsung Indonesia

Dalam ajang GMS 2022, Samsung Indonesia melalui perangkat Galaxy S22 Ultra 5G menantang sejumlah komunitas film terpilih di Indonesia, untuk mengikuti kompetisi film pendek dengan menggunakan perangkat anyar tersebut sebagai alat rekam videonya.

Advertisement

Dari lima komunitas film yang dipilih untuk mengikuti kompetisi sepanjang 4-11 April 2022 ini, Serangkai Films dengan karya berjudul “Soulmate is a Strange Concept” keluar sebagai pemenang kategori Director’s Choice.

Sebagai pemenang, Serangkai Films mendapat kesempatan untuk kembali menggarap sebuah film pendek berjudul “Seperti Sediakala” dengan tetap merekam menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G, bersama sutradara Angga Dwimas Sasongko sebagai mentor.

Advertisement

Film “Seperti Sediakala” menjadi pembuktian lebih lanjut dari kecanggihan inovasi Galaxy S22 Ultra 5G. Dalam film yang bercerita tentang seorang calon pengantin dan seorang pengrajin perhiasan ini, Nightography menjadi salah satu fitur yang menonjol.

“Mengingat banyak sekali adegan dalam film pendek ‘Seperti Sediakala’ yang direkam dalam kondisi minim cahaya, ini membuktikan kecanggihan inovasi Galaxy S22 Ultra 5G khususnya kemampuan Nightography,” kata Head of Marketing Samsung Mobile Experience, Samsung Electronic Indonesia Andi Airin pada peluncuran film pendek “Seperti Sediakala”, Jakarta, Senin (13/06).

Selain menjadi pembuktian akan kecanggihan inovasi Samsung, film “Seperti Sediakala” juga jadi pembuktian bahwa siapa saja bisa membuat movie-like video menggunakan smartphone, dan menjadi inspirasi untuk talenta muda Indonesia agar berani berkarya.

“Kami berharap kontribusi Samsung melalui kegiatan Galaxy Movie Studio dapat melahirkan talenta baru di perfilman yang lebih kreatif dan mampu memaksimalkan teknologi yang mereka gunakan setiap hari seperti smartphone,” lanjut Airin.

Sutradara “Seperti Sediakala” sekaligus co-founder Serangkai Films Anggita Puri| dok. Luthfi/Hipwee

Nggak hanya fitur Nightography seperti disampaikan Airin, sutradara “Seperti Sediakala” sekaligus co-founder Serangkai Films Anggita Puri mengaku juga sangat terbantu dengan fitur Pro Mode dan Cinematic Camera Movement pada Galaxy S22 Ultra 5G.

Beauty shot yang ingin kita capai juga lebih bisa dilakukan dengan fitur Cinematic Camera Movement yang bikin video jadi begitu smooth saat moving scene,” ujar Puri.

Inovasi teknologi lain yang sangat membantu proses syuting film “Seperti Sediakala” menurut Puri adalah Pro Mode untuk menyesuaikan mood pada scene tertentu, serta daya tahan baterai yang membuat mereka nggak harus bolak-balik nge-charge. 

Pendapat senada juga disampaikan oleh Angga Dwimas Sasongko. Sutradara yang merekam film “Konfabulasi” menggunakan Galaxy S21 Ultra 5G untuk GMS tahun 2021 lalu ini menilai smartphone sebagai “an active point of view“.

Smartphone dari Samsung sudah punya segala fitur dan kemampuan yang bisa membantu menghasilkan video dengan kualitas profesional. So, it’s matter of how kita sebagai sineas bisa memaksimalkan dan menempatkan smartphone tersebut mulai dari pemilihan angle, sampai penentuan mode kamera, to serve the story,” terang Angga.

Reza Rahadian dan Pevita Pearce beradu peran yang emosional dalam “Seperti Sediakala”

Ki-Ka: Andi Airin, Pevita Pearce, Anggita Puri, Reza Rahadian, Angga Dwimas Sasongko

Film “Seperti Sediakala” melibatkan dua aktor kenamaan Indonesia, Reza Rahadian dan Pevita Pearce. Jika bagi Reza “Seperti Sediakala” menjadi pengalaman kedua syuting bersama GMS menggunakan smartphone, bagi Pevita ini adalah pengalaman pertama.

“Ini kali pertama aku syuting menggunakan smartphone. Awalnya penasaran, dan pas menonton hasilnya aku sampai lupa bahwa kita syuting menggunakan smartphone,” ujar Pevita.

Reza yang berperan sebagai Kala dan Pevita sebagai Intan sama-sama antusias dengan produksi “Seperti Sediakala”. Keduanya juga sepakat bahwa perkembangan teknologi seperti pada Galaxy S22 Ultra 5G dapat membuka peluang bagi talenta muda Indonesia.

“Galaxy Movie Studio telah berkembang sedemikian rupa menjadi wadah bagi mereka yang bertalenta dalam mengasah kreativitas. Saya harap ini akan mendorong lebih banyak sineas untuk berkarya dengan lebih autentik dan apik, karena semuanya bisa dimulai dari smartphone seperti Galaxy S22 Ultra 5G,” kata Reza.

Film pendek “Seperti Sediakala” bercerita tentang Intan (Pevita Pearce) yang ingin membuat cincin pernikahan, dan Kala (Reza Rahadian) seorang pengrajin perhiasan yang bertingkah dan berpakaian layaknya pria yang hidup di tahun 1960-an.

Suatu malam, Intan mengunjungi toko perhiasan Kala untuk membuat cincin pernikahannya. Sembari Kala membuatkan cincin pesanan Intan mereka berdua berbincang tentang banyak hal, mulai dari bagaimana perasaan Intan menjelang pernikahan hingga mempertanyakan konsep jodoh.

Dari obrolan yang dilakukan, keduanya merasakan koneksi mendalam seakan telah mengenali satu sama lain sebelumnya. Setelah cincin selesai dibuat, Kala memakaikan cincin tersebut ke jari manis tangan kanan Intan, di mana Kala terlihat sangat emosional dan ekspresi Intan tampak campur aduk. Dari situ, muncul pengalaman magis tak terduga yang melibatkan keduanya.

Nah, buat kamu yang penasaran sama jalan cerita film “Seperti Sediakala” maupun kemampuan Galaxy S22 Ultra 5G yang menjadi alat perekaman gambarnya, film ini akan tayang perdana pada tanggal 13 Juni 2022 di YouTube Channel Samsung Indonesia.

Selain itu, film ini juga akan tayang di sejumlah bioskop XXI, meliputi Summarecon Serpong, Aeon Mall Sentul City, Kota Kasablanka, Ambarukmo Yogya, Plaza Senayan, dan Lenmarc mulai tanggal 14 Juni sampai 13 Juli 2022.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE