Semua orangtua pasti setuju kalau memiliki anak adalah anugerah yang tak ada tandingannya. Bagi pasangan yang sudah menikah, dikaruniai anak itu titik paling bahagia dalam hidup mereka. Melahirkan, mengasuh, mendidik hingga melihat anak menjadi sosok yang baik adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. Karenanya butuh perencanaan matang agar semuanya berjalan sesuai rencana. Baik dari segi mental sampai masalah finansial.

Pemilihan alat kontrasepsi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam membangun keluarga berencana. Dari pemakaian kondom sederhana, pil KB, atau cara-cara yang lebih permanen seperti pemasangan KB spiral. Tiap keluarga sebaiknya tahu apa alat kontrasepsi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Nah bicara soal alat kontrasepsi, baru-baru ini ada penelitian yang mengungkap bahwa buah mangga ternyata bisa jadi alat kontrasepsi.“Kok bisa?”

Advertisement

Nah kalau kamu penasaran, hih Hipwee News & Feature punya ceritanya…

Para peneliti dari University of California menemukan senyawa yang bisa menutup jalan sperma. Secara alami, senyawa ini bisa didapatkan dari buah mangga

Mangga punya manfaat tersembunyi via pinterest.com

Selama ini mangga dianggap sebagai buah yang khasiatnya biasa saja. Selain rasanya yang enak, manfaat buah mangga yang diketahui masih terbatas pada vitaminnya saja. Namun penelitian dari University of California, Berkeley, ini mengubah segalanya. Dari hasil penelitian mereka diketahui bahwa mangga punya manfaat tersembunyi sebagai alat kontrasepsi.

Ada dua senyawa bernama Pristimerin dan Lupeol yang kalau digabungkan bisa menjadi senyawa ampuh untuk menutup jalan sperma ke arah sel telur. Kedua senyawa yang terkandung dalam mangga tersebut ampuh mencegah kehiperaktifan sperma. Hasilnya sperma akan susah menemukan jalannya ke arah sel telur.

Tidak perlu diproses sedemikian rupa atau diotak-atik di lab, senyawa itu bisa didapatkan hanya dengan mengonsumsi mangga. Baik bagi pria maupun wanita, efeknya sama!

Apalagi mangga manalagi, tinggal dimakan via www.wikihow.com

Advertisement

Jika biasanya alat kontrasepsi cara penggunaannya ribet, cara kontrasepsi yang satu cara penggunaannya cukup mudah. Ya cukup dimakan saja buah mangganya, secara alami senyawa yang bersifat kontraseptif itu bisa mengalir di dalam tubuh. Uniknya lagi, berbeda dengan kebanyakan alat kontrasepsi yang biasanya dibuat khusus untuk pria atau wanita, efek mangga itu universal.

Penemuan senyawa universal ini merupakan terobosan tersendiri dalam dunia kontrasepsi. Masalahnya selama ini, sepertinya lebih banyak alat kontrasepsi ditujukan atau dibebankan pada wanita. Nah kalau bisa sekarang sih perkembangan inovasi kontrasepsi itu lebih berimbang, ya seperti mangga ini.

Lagian kalau ternyata ada senyawa kontrasepsi alami yang bebas hormon atau efek samping, kenapa tidak dicoba saja?! Masih perlu riset tambahan sih, tapi penelitian ini sudah menggebrak dunia

Alat-alat kontrasepsi yang selama ini dikenal, masih banyak efek sampingnya via www.bbc.com

“Jika bisa memilih untuk menggunakan senyawa yang berbasis herbal, tak mengandung racun, dan tanpa efek yang mengganggu sistem hormonal untuk mencegah kehamilan, kenapa tidak?” – Polina Lishko, Asisten Profesor untuk Department of Molecular and Cell Biology, University of California, Berkeley.

Memang dampak kontraseptif mangga ini masih harus dibuktikan kembali lewat penelitian lanjutan, tapi hasilnya selama ini sudah cukup memuaskan. Tidak seperti pil KB yang harus dikonsumsi sesuai jadwal dan berjangka, senyawa Pristimerin dan Lupeol ini bisa dimakan sewaktu-waktu. Konsumsi paling efektif adalah 6 jam sebelum dan sesudah aktivitas seksual.

Sebagaimana dilansir BBC, selain dari mangga, Lupeol juga ditemukan dalam berbagai dosis di lidah buaya dan akar dandelion. Senyawa kontraseptif alami ini disebut sebagai ‘kondom molekuler’ karena bekerja di level molekul dalam tubuh. Wah nggak nyangka banget ya ternyata mangga punya khasiat begini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya