Seperti yang banyak diberitakan media beberapa hari ini, Indonesia sedang dihebohkan dengan pengakuan seorang remaja asal Gowa, Sulawesi Selatan, soal kemampuannya mengeluarkan telur layaknya ayam. Ya gimana nggak heboh, setelah dirontgen, dua butir telur seukuran telur ayam memang kelihatan bersarang di rektum atau usus besarnya! Saat ini remaja bernama Akmal itu masih dirawat di Rumah Sakit Syekh Yusuf, Gowa, untuk mendapat perawatan intensif.

Logikanya sih manusia memang nggak mungkin bisa bertelur kayak binatang unggas gitu ya. Tapi kasus Akmal ini ramai banget dibahas. Nggak cuma kita orang biasa aja yang terheran-heran, bahkan ahli medis pun juga dibuat keheranan. Yang lebih mencengangkan lagi, ternyata Akmal udah pernah ‘bertelur’ sebelumnya, yakni sekitar dua tahun silam! Jumlahnya pun katanya mencapai 18 butir lho! Duh, coba yuk kita simak penjelasan kasus ini bersama-sama…

Kisah seorang pemuda di Gowa, baru-baru ini membuat heboh seluruh Indonesia. Setelah sakit perut, ia mengaku mengeluarkan telur dari badannya

Hasil rontgen Akmal via www.tribunnews.com

Advertisement

Indonesia raya sedang gempar dengan pengakuan Akmal, remaja berusia 15 tahun asal Desa Mangempang, Gowa, Sulsel. Pasalnya Akmal mengaku bisa bertelur. Awalnya ia mengeluh sakit perut. Oleh kedua orang tuanya, Akmal dibawa ke puskesmas, yang kemudian dirujuk ke RS Syekh Yusuf. Saat masih mendapat perawatan intensif, Akmal tiba-tiba aja mengeluarkan dua butir telur dari anusnya. Yang mengejutkan, dilihat dari hasil rontgen, memang terlihat dua telur bersarang di rektum atau usus besarnya!

Jelas pengakuan itu bikin semua orang keherananan. Manusia ‘kan bukan petelur! Ahli medis pun akhirnya ikut angkat bicara

Menurut keterangan medis, bisa jadi ia mengalami corpus alienum via www.dream.co.id

Menurut dr. Ratnah Hafied yang merawat Akmal, seperti dilansir Detik, kemungkinan ia mengalami apa yang dinamakan ‘foreign body‘ atau istilah latinnya ‘corpus alienum‘. Fenomena ini terjadi saat ada benda asing bersarang di tubuh manusia. Dilansir dari Healthline, benda itu ‘nyasar’ bisa karena termakan atau memang nggak sengaja masuk ke mata, hidung, telinga, atau saluran pernafasan manusia. Corpus alienum juga lebih sering dialami anak-anak. Soalnya naluri keingintahuannya masih sangat besar, padahal mereka belum bisa bedakan mana yang bahaya dan nggak.

Kejadian seperti ini ternyata bukan pertama kalinya di Indonesia. Beberapa tahun silam ada seorang kakek yang mengaku bisa bertelur juga! Tapi akhirnya dikonfirmasi, kakek ini nyatanya hanya berhalusinasi

Telah dikonfirmasi pakar medis, Kong Naim hanya berhalusinasi dirinya bertelur via megapolitan.kompas.com

Wah, ternyata Akmal ini bukan orang Indonesia pertama yang pernah ‘bertelur’ lho. Tahun 2014 lalu, ada seorang kakek bernama Kong Naim yang juga mengaku bisa keluarkan telur dari tubuhnya. Tapi setelah diidentifikasi ternyata telur yang katanya keluar dari duburnya itu telur ayam, bukan bagian telur manusia. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, seperti dilansir Kompas, juga mengatakan kalau Kong Naim cuma berhalusinasi. Makanya, setelah kejadian itu, ahli medis malah mengupayakan pemeriksaan kejiwaan Kong Naim.

Waduh apakah Akmal ternyata juga berhalusinasi kayak Kong Naim? Atau memang dia mengalami corpus alienum tadi? Atau kenapa ya??

Kita kayaknya masih harus menunggu keterangan lebih lanjut via news.okezone.com

Advertisement

Sebenarnya menurut dr. Ratnah, manusia jelas nggak mungkin bisa bertelur, kayak yang diklaim Akmal. Dilansir CNN, saat melihat catatan medis Akmal 2015 silam, ia membaca ada bagian anusnya yang robek. Ia pun menyimpulkan bahwa mungkin saja ada unsur kesengajaan dalam kasusnya dulu. Dan bisa jadi kasus yang sekarang inipun juga begitu.

Yang jelas hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan. Kalau memang terbukti ada kesengajaan, harus diusut juga siapa yang memasukkannya dengan sengaja. Apakah Akmal sendiri, atau orang lain. Kalau Akmal sendiri, ya dia harus diperiksa kejiwaannya. Tapi kalau orang lain, kasus ini justru bisa berbuntut ke kasus penganiayaan. Meskipun jelas manusia nggak bisa menghasilkan telur seperti ayam, tapi kita tunggu aja ya konfirmasi selanjutnya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya