Hong Kong merupakan satu destinasi wisata luar negeri yang cukup hits bagi masyarakat Indonesia. Bukan cuma lokasinya yang nggak terlalu jauh, banyak juga spot-spot wisata keren yang ditawarkan. Terutama untuk orang yang ingin belanja-belanji seru atau sekadar foto-foto lucu di Disneyland.

Tapi di bulan Maret 2019 ada yang berbeda. Dengan Hong Kong Arts Month 2019, para wisatawan akan melihat Hong Kong dari sisi yang berbeda, yaitu kota yang artsy dan menjadi kiblat karya seni. Pada bulan tersebut akan ada perhelatan seni terkenal dunia yang dihadiri oleh seniman-seniman dari seluruh penjuru dunia. Nggak cuma menikmati karya seni, para pengunjung juga bisa bertemu langsung dengan para glitterati, yaitu sosok-sosok yang selalu terdepan di dunia fesyen. Oh ya, promosi dari kampanye Arts Month 2019 di Indonesia turut didukung oleh Hong Kong Economic and Trade Office (HKETO) Jakarta yang sekaligus dianggap sebagai langkah untuk membantu para penikmat seni Indonesia. Seperti apa keseruannya? Yuk, simak selengkapnya~

1. Ada dua acara seni yang digelar di bulan Maret yaitu Art Basel Hong Kong dan Art Central. Banyak seniman Indonesia yang berpartisipasi lo

Acara media gathering Hong Kong Art Month

Advertisement

Art Basel Hong Kong diadakan di Hong Kong Convention and Exhibition Centre pada tanggal 29-31 Maret 2019. Tahun ini merupakan tahun ketujuh dari Art Basel Hong Kong dan akan menampilkan 242 galeri dari 36 negara, yang mana 21 galer di antaranya merupakan pendatang baru. Sementara untuk Art Central yang merupakan Pameran Seni Internasional akan diadakan pada tanggal 27-31 Maret 2019 dengan menampilkan lebih dari 100 galeri dengan karya seni dari seluruh dunia. Pada Art Central edisi kelima ini akan menampilkan pertunjukkan yang disusun secara detail, instalasi seni berukuran besar, serta media dan perbincangan tentang seni.

Kabar baiknya, banyak seniman Indonesia yang berpartisipasi di acara ini lho. Misalnya Agus Suwage, Eddie Hara, Jamaldi Alfi, Bagus Pandega, Uji ‘Hahan’ Handoko, dan Kei Imazu. Lalu ada juga dua lifestyle influencer Indonesia yaitu Olivia Lazuardy dan Nicoline Patricia juga akan berpartisipasi dalam penjelajahan Hong Kong Arts Month 2019 ini. Selain menikmati seni, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan Victoria Harbour dan signature skyline kota Hong Kong di Central Harbourfront.

2. Tak hanya pameran seni bertaraf internasional, ada juga destinasi kebudayaan baru yang nggak kalah seru

Xiqu CenterSelain Art Basel Hong Kong dan Art Central, apa lagi ya yang bisa dilakukan di Hong Kong bulan Maret ini? Tenang, ada deretan destinasi kebudayaan yang baru berdiri selama 10 bulan belakangan. Misalnya Xiqu Centre yang resmi dibuka pada Januari tahun ini untuk mempertahankan dan mempromosikan teater Kanton. Dalam bangunan yang didesain dengan arsitektur yang menjukstaposisikan unsur tradisional dna modern ini, pengunjung diajak untuk menyaksikan opera kanton dengan hidangan teh tradisional dan dim sum di Tea House Theater.

The Mills

Advertisement

Lalu ada juga The Mills, pusat inovasi budaya  yang sedang naik daun. Bertempat di Tsuen Wan dalam Centre for Heritage and Textile (CHAT), pengunjung bisa mempelajari industri tekstil di Hong Kong. Tempat ini baru dibuka bulan Maret mendatang lo. Berikutnya kamu bisa mengunjungi Tai Kwun yang dinobatkan sebagai salah satu proyek revitalisasi terbesar kota Hong Kong. Ada monumen ikonik, restoran berkualitas tinggi, dan beberapa butik yang bisa kamu kunjungi. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan gratis di lokasi terpilih, kontes tari urban, komunitas tari dan tari kontemporer, lokakarya dan pemutaran film di program [email protected] selama 2-10 Maret 2019. Wah, banyak juga yaa lokasi barunya.

Tai Kwun

3. Siap-siap foto keren di berbagai spot instagrammable dan juga pertunjukan seni yang bakal menghibur sepanjang Maret di Hong Kong

ARTLANE

Soal foto buat IG, kamu nggak perlu khawatir kok. Pasalnya karya-karya seni juga akan menghiasi setiap sudut kota termasuk di area-area terbuka. Kamu bisa mengunjungi “Street Museum Art” di daerah-daerah seperti Central, Sheung Wan, dan “ARTLANE”. Ingin tahu mural hasil karya seniman lokal dan internasional di dinding bangunan tua? Datang saja ke area hipster Sai Ying Pun. Jangan lupa juga untuk berburu shutter art yang dilukis oleh seniman lokal dalam inisiatif “HK Urban Canvas” yang menggambarkan karakteristik dan cerita di balik toko-toko lokal. Pastinya kamu nggak akan kekurangan materi untuk diunggah di Instagram.

HK Urban Canvas

Terakhir, kamu bisa datang ke Hong Kong Arts Festival, yaitu acara popular yang dibuat khusus bagi pengunjung yang menyukai pertunjukan seni. Selama 31 hari, pengunjung dapat menyaksikan 166 pertunjukan dan lebih dari 300 kegiatan menarik dari 1,799 seniman dari seluruh dunia selama tanggal 21 Februari – 23 Maret 2019. Wah, kapan lagi kira bisa mengikuti teater, opera, musik, tari dan beragam pertunjukan seni lainnya yang menjadi urat nadi kebudayaan Hong Kong?

Nah, menarik kan? Kamu bisa dapat pengalaman dan foto-foto yang berbeda dengan Hong Kong Arts Month 2019 ini. Tertarik ke Hong Kong bulan Maret ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya