Ini Alasan Kenapa Orang India Sering Menggerakkan Kepalanya Saat Berbicara. Artinya Macam-macam Lo

Indian nods

Selain aksen unik, ada hal lain yang seringkali kita perhatikan ketika mengamati orang India yang sedang berbicara. Orang India tampaknya hampir otomatis selalu menggeleng-gelengkan, mengangguk, atau menggerakkan kepala mereka ketika sedang berbicara. Baik yang suka mengamati dari nonton film-film India atau memang kenal beneran sama orang India, semua orang pastinya tahu karakteristik unik ini cuma dilakukan oleh orang-orang India.

Advertisement

Tapi sebenarnya kenapa ya orang-orang India harus menggerak-gerakan kepalanya seperti itu ketika berbicara? Diajari dari kecil atau gimana ya? Nah bahkan sebagaimana dilaporkan BBC di lamannya ini, gelengan orang India itu sebenarnya memiliki makna atau arti yang berbeda-beda lo. Lah gimana cara membedakannya ya, padahal kayaknya geleng-gelengnya sama aja. Bagi yang penasaran, yuk simak deh ulasan Hipwee News & Feature kali ini!

Meski aneh bagi orang luar seperti kita, tapi kalau kamu lahir dan besar di India, menggerakkan kepala adalah bahasa tubuh yang dipakai tiap harinya dan dipahami secara luas

Kayak bahasa tersendiri yang dipraktikkan secara turun menurun. Photo by Annie Spratt on Unsplash via unsplash.com

Sama seperti bahasa lain, gerakan kepala yang disebut sebagai Indian BobbleheadIndian headshakes, atau Indian nods ini juga sedikit bervariasi di tiap daerah. Cuma umumnya, semua orang India mempraktikannya

Orang yang berkunjung ke India pasti menyadari kebiasaan unik ini

Indian nods ini juga bukan cuma anggukan sederhana dari atas ke bawah, atau gelengan dari samping ke samping. Ada yang bilang gerakannya semacam membentuk angka 8 yang ditidurkan atau tanda infinity

Bukan hanya mengangguk untuk bilang ‘iya’ dan geleng untuk ‘tidak’, seperti yang kita semua kenal via www.youtube.com

Makanya, makna gerakan kepala orang India ketika berbicara pun tidak sesederhana ‘ya’ atau ‘tidak’. Ada banyak yang artinya ambigu, di tengah-tengah antara ya atau tidak, dan atau bahkan ‘halo’

Gerakan kepala ini membuat orang India terlihat sangat ekspresif via www.tripsavvy.com

“Ya”. Gerakan kepala seperti ini diartikan sebagai ekspresi persetujuan di India. Tapi menganggukkan kepala seperti yang kita biasa lakukan juga dikenal sebagai ‘Ya’ di India

Bisa juga mengangguk biasa atau menggerakkan kepala seperti ini via gfycat.com

“Tidak”. Gerakan dasar geleng-geleng kepala ini juga berlaku di India. Asal gerakan kepalanya dari samping ke samping seperti ini, orang India biasanya bilang ‘tidak’

Sama kayak cara orang seluruh dunia bilang ‘tidak’ via gfycat.com

“Mungkin”. Nah ekspresi di antara ‘ya’ dan ‘tidak’ inilah yang bikin gelengan kepala orang India sangat sulit dipahami. Mirip-mirip gelengan ‘ya’ sih, cuma biasanya raut mukanya kurang antusias

Ekspresinya tidak yakin via gfycat.com

Makanya membaca makna gelengan kepala orang India juga harus dibarengi dengan pengamatan alis mereka. Kalau semakin naik biasanya artinya makin positif, kalau alisnya turun berarti semakin tidak yakin

Geleng begini bisa ‘ya’, ‘mungkin’, sampai ‘tidak yakin’ tergantung alisnya via gfycat.com

Advertisement

“Halo” dan ‘ke sini dong”. Gerakan kepala single (tidak berulang-ulang) pun artinya beda-beda. Kalau sekali ke atas untuk seakan-akan bilang halo, hi, atau what’s up. Kalau sekali ke bawah untuk memanggil orang supaya mendekat

Gerakan sekali ke atas atau ke bawah. Ingat ya yang sekali doang via www.youtube.com

Meski sering dilakukan tanpa sadar, gerakan kepala ini punya akar sejarah yang rumit. Dilansir dari BBC, gestur ini berakar dari sistem masyarakat India yang sangat menghormati hierarki. Sampai-sampai kesulitan secara tegas bilang ya atau tidak kepada orang di atas’-nya

Tidak bisa gamblang bilang ‘ya’ atau ‘tidak’, jadi muncul ekspresi ambigu lewat gelengan kepala. Photo by nik radzi on Unsplash via www.bbc.com

Daripada mengucapkan ‘ya’ atau ‘tidak’ secara langsung, mereka jadi lebih sering menggunakan ekspresi kepala yang ambigu itu. Gerakan kepala saat berbicara itu dinilai lebih sopan juga

Berkembang jadi bagian dari bahasa sehari-hari mereka. Photo by Theodore Goutas on Unsplash via unsplash.com

Uniknya, orang-orang asing yang belajar Hindi atau bahasa India lainnya juga mengaku sering tanpa sadar mengikuti gerakan kepala khas ini. Sudah sepaket gitu kali ya

Kalau belajar Hindi, mungkin kita juga jadi mulai geleng-geleng via www.so-many-places.com

Ternyata menarik banget ya membedah perkara geleng-geleng ala India ini. Arti dan makna pun nyatanya berbeda-beda. Channel Youtube Meenfriedchickencurry ini bahkan membuat tutorial lengkap untuk memahami gestur kepala, kalau masih bingung bisa lihat aja video ini

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE