Dari Thor hingga Black Widow, ini 5 Jenis Lalat Ganas Mirip Superhero Marvel yang Baru Ditemukan di Australia

Lalat mirip superhero

Sebagai salah satu makhluk bersayap yang sering ditemui sehari-hari, lalat kerap dicirikan dengan lingkungan kotor seperti tempat pembuangan sampah atau selokan. Selain nyamuk, serangga yang berkembang biak di tempat kotor ini nggak jarang bikin risih manusia, karena berpotensi hinggap di makanan membawa berbagai bakteri sumber penyakit.

Advertisement

Tapi selain bikin risih manusia, ternyata ada juga jenis lalat yang bikin risih sesamanya. Lalat jenis tersebut diklasifikasikan para ilmuwan ke dalam kelompok “assassin flies”, karena sifatnya yang agresif dan menjadikan serangga lain sebagai mangsa. Nah, belakangan para ilmuwan di lembaga Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) Australia menemukan lima jenis lalat ganas baru, dan menamainya dengan nama superhero Marvel karena karakteristik warnanya serupa. Melansir Live Science, berikut 5 di antaranya.

1. Lalat Daptolestes feminategus dinamakan Black Widow karena mirip Scarlett Johansson dengan kostum kulitnya

Lalat Black Widow via www.csiro.au

Mengacu pada karakteristik lalat Daptolestes feminategus yang sesuai dengan kostum Scarlett Johansson di film Black Widow, ilmuwan CSIRO sepakat menamai lalat ini sesuai dengan judul film ke-24 Marvel Cinematic Universe tersebut. Lalat yang artinya perempuan yang memakai bahan dari kulit dalam nama latinnya ini berwarna hitam kepirangan, yang sekilas mirip dengan Scarlett Johansson.

2. Tanpa palu untuk menyelamatkan bumi, lalat Daptolestes bronte flavus diberi nama Thor

Lalat Thor via www.csiro.au

Sama seperti lalat Black Widow, lalat Daptolestes bronte flavus yang artinya petir perang ini diberi nama Thor karena punya karakteristik yang bisa mengingatkanmu pada Chris Hemsworth pemeran Thor. Lalat ini punya ciri bintik-bintik emas dan cokelat muda pada tubuh, antena, dan wajahnya. Fitur tersebut mengingatkan para ilmuwan CSIRO pada rambut pirang dan warna emas pada pakaian Thor. Jadi penamaan ini bukan karena si lalat bawa-bawa palu, ya~

Advertisement

3. Lalat spesies Humorolethalis sergius diberi nama Deadpool karena corak di punggungnya mirip kostum superhero tersebut

Lalat Deadpool via www.csiro.au

Pahlawan yang mematikan adalah istilah tepat buat karakter Deadpool besutan Marvel. Meski nggak konyol seperti yang diperankan Ryan Renolds, lalat spesies Humorolethalis sergius ini nggak kalah mematikan buat sebangsanya. Selain punya sifat agresif yang ganas, ilmuwan memberi nama Deadpool untuk spesies lalat ini karena warna dan corak di punggungnya mirip dengan kostum sang pahlawan Marvel tersebut.

4. Lalat Daptolestes illusiolautus yang artinya penipu elegan dinamakan Loki

Lalat Loki via www.csiro.au

Kalau kamu akrab dengan karakter bikinan Marvel, pasti tau dengan tokoh Loki, saudara adopsi yang sering jadi musuh Thor. Seperti Loki yang diperankan Tom Hiddleston memalsukan kematiannya sendiri, lalat Daptolestes illusiolautus ini juga menggunakan trik tipu-tipu untuk mendapatkan mangsanya. Selain itu lalat ini punya karakteristik warna yang mirip dengan kostum Loki.

5. Nama pencipta karakter superhero Marvel, Stan Lee digunakan untuk lalat Daptolestes leei

Advertisement

Lalat Stan Lee via www.csiro.au

Kayaknya para ilmuwan CSIRO ini memang penggemar Marvel deh. Sebagai penghormatan kepada mendiang Stan Lee, nama kreator Marvel tersebut juga mereka ambil untuk menamai lalat Daptolestes leei. Tapi selain bentuk penghormatan, lalat ini memang punya fitur muka yang mirip dengan Stan Lee berkumis putih yang menggunakan kacamata hitam.

Peneliti Juanita Rodriguez, seperti dikutip BBC mengatakan penamaan lalat tersebut bukan hanya untuk kebutuhan sains, tapi juga untuk memudahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara ahli etimologi CSIRO Bryan Lessard, mengatakan baru seperempat serangga Australia yang dikenal dalam sains. Menurutnya, tanpa pemberian nama, spesies-spesies tersebut nggak bisa dikenal. Nah, menurutmu lalat mana yang paling mirip dengan superhero yang diambil namanya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE