Mengintip Perjalanan Shopee Sepanjang 2020 yang Berhasil Torehkan Berbagai Pencapaian

Pencapaian Shopee tahun 2020

Kehadiran e-commerce yang memicu tren belanja online memang sudah berlangsung sejak beberapa tahun belakangan. Tapi tahun 2020 tampaknya jadi momen penting e-commerce, karena pandemi Covid-19 telah menciptakan peralihan gaya belanja besar-besaran. Orang yang selama ini menjadikan belanja online sebagai pilihan kedua, sejak pandemi menjadikannya pilihan utama.

Advertisement

Kondisi ini tentunya membuat pelaku e-commerce harus menyesuaikan diri. Tujuannya agar pembeli, penjual, dan seluruh pihak yang terkait di dalamnya dapat bertahan dan terlayani dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menggencarkan inovasi seperti yang dilakukan Shopee sepanjang tahun 2020 ini. Memang apa saja, sih, yang telah dilakukan Shopee sebagai salah satu e-commerce terdepan sepanjang tahun yang lebih separuhnya kita jalani di tengah pandemi ini?

Tahun 2020 menciptakan momen membanggakan untuk Shopee Indonesia

(dok. Shopee) via shopee.co.id

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, mengatakan tahun 2020 merupakan momen membanggakan bukan hanya karena e-commerce ini memasuki tahun kelima beroperasi di Indonesia, tapi juga karena bisa melewati rintangan dalam upaya menjadi e-commerce yang dapat diandalkan. Ia menjelaskan, di awal tahun 2020, tepatnya sejak pandemi Covid-19 merebak, Shopee telah melakukan berbagai adaptasi mengikuti pola perilaku masyarakat, dan menorehkan prestasi berkat dukungan para pengguna setia Shopee.

“Kami sangat bangga dengan perjalanan yang luar biasa sepanjang tahun 2020 melewati berbagai rintangan untuk menghadirkan platform e-commerce yang dapat diandalkan masyarakat. Perjuangan dan pencapaian Shopee selama setahun terakhir juga merupakan wujud dukungan tiada henti dari para pengguna setia Shopee di seluruh Indonesia,” kata Handhika dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima, Jumat (27/11/2020).

Advertisement

Peta perjalanan dan pencapaian Shopee sepanjang tahun 2020

(dok. Shopee) via shopee.co.id

Januari – Februari

Shopee memulai awal tahun dengan mencatat pencapaian transaksi melalui tiga kategori favorit yakni kecantikan, pakaian wanita, dan perlengkapan rumah.

Maret – April

Memasuki masa awal pandemi Covid menjelang bulan Ramadhan, Shopee menghadirkan Big Ramadhan Sale dengan kampanye #ShopeeDariRumah. Melalui aktivasi ini Shopee mencatat masker dan hand sanitizer sebagai produk paling banyak terjual. Sementara untuk kategori favorit yakni perlengkapan rumah, makanan & minuman, kebutuhan ibu & bayi, serta pakaian muslim mengalami kenaikan hingga empat kali lipat.

Mei – Juni

Advertisement

Melalui kampanye Kreasi Nusantara – Dari Shopee untuk Negeri, Shopee sukses mengekspor lebih dari 5.000 produk lokal ke Malaysia dan Singapura dan memperluas jangkauan lebih 20.000 UMKM ke pasar global.

Juli – Agustus

Pada periode ini Shopee mencatat peningkatan jumlah penjual sebanyak 60% dari tahun ke tahun di tujuh negara tempat Shopee beroperasi. Shopee Live juga menoreh prestasi dengan rata-rata total 120.000 jam ditonton dalam sehari sejak diluncurkan pada 2019. Selain itu, ShopeePay juga mengalami peningkatan di transaksi offline sebanyak enam kali lipat.

September

Pada bulan ini Shopee menggelar 9.9 Super Shopping Day yang mencatatkan lebih dari 1 milyar kali Shopee Games dimainkan dalam kampanye tersebut. Selain itu, e-commerce ini juga memboyong GFriend untuk tampil di TV Show 9.9 Super Shopping Day.

Oktober

Di bulan Oktober Shopee melalui 10.10 Brands Festival berkolaborasi dengan mitra brand ternama untuk menghadirkan 600 Super Brand Day secara regional.

November

Selain mencatat peningkatan transaksi sebanyak enam kali lipat dalam 11.11 Big Sale, Shoppe dalam momentum ini mengumumkan Stray Kids sebagai brand ambassador terbaru mereka.

Desember

Seperti telah disinggung di atas, Shopee akan memasuki tahun kelima beroperasi di Indonesia pada bulan Desember 2020. Untuk merayakannya, Shopee akan menggelar festival belanja terbesar akhir tahun bertajuk 12.12 Birthday Sale, tentunya dengan beragam penawaran menarik untuk para pengguna di seluruh Indonesia.

Dengan berbagai pencapaian di sepanjang tahun yang sulit ini, Handhika menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengguna di Indonesia, dan mengatakan Shopee akan terus berupaya menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif untuk menciptakan pengalaman belanja yang nyaman, aman dan menyenangkan bagi para penggunanya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE