Tujuh puluh dua tahun sudah Indonesia merdeka. Mungkin bagi kebanyakan dari kita, umur bangsa ini hanyalah sebuah angka. Tetapi pada masa pergelutan kemerdekaan dulu, semua warga harus ‘angkat’ senjata dan rela mengorbankan nyawa. Ada ribuan nyawa yang harus dikorbankan demi kemerdekaan yang kita miliki hari ini.

Hari ini, 10 November 2017 merupakan Hari Pahlawan. Saat yang tepat untuk ‘menyampaikan’ terima kasih dan rasa syukur kita terhadap para pejuang yang berkorban demi bersatunya Indonesia. Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa bahkan menyerukan beberapa imbauan yang setidaknya bisa kita lakukan buat memperingati Hari Pahlawan. Yang paling mudah, Ibu Menteri mengajak kita semua untuk memviralkan trending topic Hari Pahlawan dan melakukan hening cipta sejenak. Yuk simak uraian Hipwee News and Feature berikut ini ya!

Warganet bisa ikut memperingati Hari Pahlawan dengan cara yang paling sederhana, yaitu bikin tagar dan trending topic Hari Pahlawan

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa via Tribunnews.com

Advertisement

Peringatan Hari Pahlawan adalah suatu bentuk penghormatan kita terhadap perjuangan para pahlawan. Sebenernya nggak perlu muluk-muluk buat mengungkapkan penghormatan kita. Mesos bahkan mengajak warganet melakukan tindakan yang paling mudah dan sederhana; yaitu bikin trending topic Hari Pahlawan dan memviralkannya. Gunakan tagar #pahlawanku atau #haripahlawan, dan bisa juga bagikan foto dan video saat kalian upacara Hari Pahlawan, mengheningkan cipta, dan berkunjung ke makam pahlawan.

Bersyukur, warganet Indonesia memang kompak-kompak. Pada pagi ini, Hari Pahlawan sudah nangkring di trending topic teratas lho, tapi jangan kasih kendor guys, terus viralkan

Terus unggah konten tentang Hari Pahlawan ya! via twitter.com

Pada pagi ini topik soal Hari Pahlawan sudah menempati urutan pertama loh di Twitter. Banyak warganet yang membagikan karikatur-karikatur tentang perjuangan pahlawan, video-video refleksi buat mengenang pejuang kemerdekaan, hingga kegiatan mereka memperingati Hari Pahlawan. Upaya Menteri Sosial untuk memviralkan Hari Pahlawan nampaknya berhasil ya guys.

Good job! Tapi jangan kasih kendor, terus unggah konten soal Hari Pahlawan biar trending topic ini bisa bertahan seharian. Makin banyak unggahan dan diskusi soal tentang para pejuang kemerdekaan, makin nggak sia-sia perjuangan para pahlawan dulu.

Selain bikin trending, Ibu Menteri juga ajak kita mengheningkan cipta dan membersihkan makam pahlawan lho

Menteri Sosial melakukan pembersihan makam pahlawan dan doa bersama dengan santri di Sidoarjo via republika.co.id

Advertisement

Mensos mengajak masyarakat ntuk sejenak mengheningkan cipta buat mengenang jasa para pahlawan. Nggak lama kok hanya 1 menit saja di Hari Pahlawan pada 10 November. Kamu juga nggak perlu melakukannya ketika upacara bendera melainkan dimana saja kamu berada. Yuk hening cipta!

Nah selain mengheningkan cipta mensos juga ajak karang taruna di berbagai daerah untuk melakukan bakti sosial dengan membersihkan makam pahlawan. Hal ini juga bisa dikoordinasikan oleh kepala daerah masing-masing lho. Kalau kamu sudah berkontribusi apa nih guys?!

Meski begitu, perjuangan para pahlawan nggak hanya perlu dikenang tapi juga perlu diteruskan. Setidaknya jangan biarkan negara kita terpecah belah

Veteran perang ketika hormat bendera via www.lintasntt.com

Mengenang jasa pahlawan memang adakalanya perlu dilakukan. Tapi jika hanya mengenang saja dan kemudian melupakannya, bukankah sama saja sia-sia? Seharusnya kita bisa meneruskan perjuangan mereka untuk mempertahankan NKRI. Dari praktik yang paling sederhana saja, saling menghormati perbedaan satu sama lain dan tidak mudah terpancing masalah yang menimbulkan perpecahan rasanya memang sedang dibutuhkan untuk saat ini. Yuk bareng-bareng kita menghayati lagi nilai-nilai proklamasi, nilai-nilai perjuanagn bangsa, dan nilai-nilai Bendera Merah Putih kita. Bersatulah Indonesia!

Sebagai warganet yang budiman, yuk buru-buru viralkan Hari Pahlawan. Meski hanya tindakan kecil, tapi sarat makna. Sekecil apa pun kontribusi kita pasti akan bermakna kok. Selamat Hari Pahlawan, teruskan perjuangan mereka dan teruslah berkarya untuk bangsa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya