Gallup adalah lembaga survei internasional yang sudah berdiri sejak tahun 1947. Tiap tahunnya, lembaga ini menerbitkan laporan yang berjudul “Global Law and Order” untuk mengetahui seberapa banyak orang di dunia ini yang merasa aman di negaranya masing-masing. Jika melihat laporan “2018 Global Law and Order” yang dikeluarkan oleh  Gallup tahun ini, masyarakat Indonesia mungkin akan bangga. Pasalnya, pada tahun 2018 ini, negara kita masuk 10 besar negara teraman sedunia. Di atas banyak negara-negara Eropa dan Asia lainnya lho…

Walaupun jelas sangat membanggakan, banyak juga orang yang sangat realistis dan mungkin sedikit pesimis bertanya-tanya kok bisa ya Indonesia termasuk salah satu negara paling aman di dunia? Apa ukurannya dan siapa juga yang disurvei dalam laporan tersebut? Yang penasaran, yuk baca selengkapnya di ulasan Hipwee News & Feature kali ini!

Begini nih hasil survei Gallup tentang negara-negara teraman di dunia tahun 2018. Dari 142 negara yang disurvei, Singapura bertengger di puncak, sementara Indonesia ada di posisi ke-9

Negara-negara Asia Tenggara mendapat skor tinggi via seasia.co

Advertisement

Tahun 2018 ini, menurut survei Gallup, Indonesia masuk salah satu dari 10 negara teraman di dunia. Tepatnya di posisi ke-9, di bawah Kanada dan di atas Denmark. Negara Asia Tenggara lainnya yaitu Singapura justru berhasil memuncaki survei ini sebagai negara paling aman di dunia, mengulangi peringkat 2017 sebelumnya. Hebat juga ya ada dua negara Asia Tenggara di 10 posisi teratas. Begini nih posisi selengkapnya dari 10 negara paling aman di dunia tahun 2018 versi Gallup.

  1. Singapura (Skor tertinggi : 97)
  2. Norwegia (93)
  3. Islandia (93)
  4. Finlandia (93)
  5. Uzbekistan (91)
  6. Hong Kong (91)
  7. Switzerland (90)
  8. Kanada (90)
  9. Indonesia (89)
  10. Denmark (88)

Sementara di urutan terbawah, negara yang masuk kategori paling tidak aman di dunia adalah negara-negara yang tengah mengalami krisis ekonomi berat atau konflik militer. Dengan skor 44, Venezuela yang beberapa tahun belakangan ini sedang dilanda krisis ekonomi dan sosial berkepanjangan menempati posisi terbawah atau jadi negara paling tidak aman pada tahun 2018 menurut survei Gallup. Lalu ada Afghanistan ( 45 ), South Sudan ( 54 ), Gabon ( 55 ) and Liberia ( 56 ).

Katanya melibatkan 148 ribu orang dari seluruh dunia, skor-skor dalam survei global 2018 ini tersebut dinilai dari empat pertanyaan utama

Salah satunya adalah apakah kamu mempercayai kemampuan polisi lokal?  via www.thejakartapost.com

Advertisement

Dalam survei tahun 2018 ini, Gallup menggunakan empat pertanyaan utama untuk mengukur indeks ‘Global Law and Order‘. Empat pertanyaan itu adalah :

  1. Apakah kamu percaya dengan kemampuan polisi setempat melindungi warga?
  2. Apakah kamu merasa aman berpergian sendiri atau berjalan pada malam hari di kota tempatmu tinggal?
  3. Dalam 12 bulan terakhir, apakah ada diantara kamu atau anggota keluargamu yang pernah mengalami pencurian?
  4. Dalam 12 bulan terakhir, apakah ada diantara kamu atau anggota keluargamu yang pernah jadi korban penyerangan atau perampokan?

Secara keseluruhan, Indonesia mencetak skor tinggi hingga mampu menembus peringkat 9. Tapi ternyata khusus untuk pertanyaan kedua yakni apakah orang merasa aman berjalan sendirian atau pada malam hari, Indonesia tidak masuk 10 besar. Ya mungkin tingkat kepercayaan rakyat Indonesia terhadap Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) sedang meningkat atau kriminalitas dalam 12 bulan terakhir turun.

Cuma sebenarnya hasil survei seperti ini memang tergantung siapa yang disurvei atau ditanya. Nah kalau menurut pengalaman kalian sendiri gimana guys? Apakah pada tahun 2018 ini, kalian merasa lebih aman sebagai warga Indonesia?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya