Singapura adalah negara tetangga yang menjadi salah satu negara favorit orang Indonesia buat liburan. Tanpa harus jauh-jauh pergi ke Eropa untuk merasakan tata kota modern, cuma ke negara sebelah saja kamu sudah dapat menikmati fasilitas publik yang serba keren. Apalagi dengan kebudayaan, kuliner, dan tempat wisatanya yang seru banget pasti bikin jalan-jalanmu terasa menyenangkan.

Oleh karena itu, nggak heran kalau penerimaan pariwisata dan kedatangan pengunjung ke Singapura pada 2017 mencapai rekor tertinggi untuk kedua kalinya dalam dua tahun. Penerimaan pariwisata meningkat sebesar 3,9 persen menjadi 26,8 miliar dolar Singapura, terutama karena pertumbuhan jumlah pengunjung dari 10 pasar sumber wisatawan utama dan jumlah kedatangan pengunjung ke Singapura yang semakin meningkat. Yuk, ketahui informasi selengkapnya dan terobosan apalagi yang dilakukan pihak Singapore Tourism Board (STB) pada 2018 dalam ulasan berikut ini.

Upaya bersama dari STB dan mitra industri membuahkan hasil yang kuat dan hal ini tidak terlepas dari meningkatkan warga Indonesia yang berkunjung ke Singapura

pengunjungnya bertambah via www.instagram.com

“Bersama dengan beberapa inisiatif yang signifikan untuk mendukung inovasi dan daya saing industri, kami membuat kemajuan yang sangat baik di tahun 2017 menuju visi kami tentang pertumbuhan pariwisata yang berkualitas,” – ujar Chief Executive STB, Lionel Yeo.

Advertisement

Kedatangan pengunjung dari Indonesia tumbuh sebesar 2 persen menjadi 2.954.000 pada 2017. Pertumbuhan ini sejalan dengan positifnya outbond travel dari Indonesia secara keseluruhan. Pada Desember 2017 mencatat kedatangan pengunjung dari Indonesia yang tertinggi dalam sebulan yang mencapai 330.081 pengunjung. Jakarta masih terus menjadi sumber kedatangan pengunjung terbanyak meskipun sebagian besar kota-kota di luar Jakarta mengalami pertumbuhan yang lebih besar pada 2017.

Hal tersebut juga didukung dengan meningkatnya wisata melalui pelayaran (cruising) dari Singapura pada 2017 dengan lebih banyak ship call yang mencapai 421. Selain itu, rekor bertambahnya jumlah pengunjung tahun lalu juga ditunjang dengan perjalanan grup untuk Meeting dan Incentive (M&I) yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Indonesia ke Singapura karena mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Advertisement

“Tren berlayar dari Singapura di antara orang-orang Indonesia dan pasar sumber wisatawan utama lainnya akan berlanjut sampai 2018. Berdasarkan hal inilah, sebuah skema Cruise Development Fund yang baru diluncurkan untuk mendorong pemasaran paket pelayaran dan mendorong wisatawan untuk singgah di Singapura sebelum dan sesudah berlayar,” – ungkap Area Director Indonesia, Raymond Lim, pada Selasa (13/2/2018) di Jakarta.

Brand Destinasi yang Baru “Passion Made Possible” Memperoleh Daya Tarik di Luar
Singapura

Passion Made Possible via www.instagram.com

STB dan Economic Development Board (EDB) memperkenalkan new destinantion brand yaitu “Passion Made Possible”. Passion Made Possible (Saatnya Impian Menjadi Nyata) ini menceritakan hubungan antara Singapura dengan warga dunia melalui kisah dan representasi otentik tentang Singapura. Brand destinasi yang baru ini diluncurkan di Singapura pada Agustus 2017, diikuti dengan peluncuran di lebih dari 17 negara lainnya melalui kegiatan bersama konsumen, acara trade, kemitraan industri, dan kampanye pemasaran global yang menampilkan film dan visual kampanye.

Strategi acara liburan dan bisnis yang tepat, serta pengalaman baru atau yang disempurnakan telah menjadikan Singapura sebuah destinasi yang dinamis dan menarik

ada banyak strategi yang dipersiapkan via www.instagram.com

Tahun lalu, STB mengumumkan serangkaian acara baru seperti Disney Star Wars (di bawah kemitraan dengan Disney selama tiga tahun), Ultimate Fighting Championship (UFC) Fight Night Singapore dan International Champions Cup Singapore (ICC). STB juga memperpanjang kontrak Formula One Singapore Grand Prix untuk empat tahun lagi. Peningkatan acara-acara kelas dunia ini merupakan bagian dari strategi STB untuk menambah daya tarik destinasi bagi Singapura. STB juga terus meningkatkan acara lokal seperti Christmas on A Great Street di Orchard Road dan Anime Festival Asia, serta menghadirkan yang baru seperti Michelin Street Food Festival dan Singapore Festival of Fun.

Untuk mempertahankan status Singapura sebagai kota MICE terbaik, STB mendukung beragam acara bisnis terkemuka misalnya, Singapore Fintech Festival dan VitaFoods Asia. STB juga memperkuat acara-acara bisnis di Singapura melalui acara-acara penting seperti Money20/20 Asia dan Rotary International Convention. Lanskap pariwisata Singapura yang semarak semakin dihiasi oleh penawaran atraksi dan gaya hidup baru seperti Digital Light Canvas di Marina Bay Sands, Dover Street Market di Dempsey dan AJ Hackett bungy jump di Sentosa, serta penawaran wisata yang ditingkatkan seperti Maritime Experiential Museum di Resorts World Sentosa dan Madame Tussauds di Sentosa.

Masih ragu untuk jalan-jalan ke Singapura dalam waktu dekat? Yuk, buruan jadikan Singapura sebagai destinasi wisata kamu tahun ini bersama orang tersayang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya