Pengusaha Muda BRILian 2022 Lahirkan 3 Pemenang dengan Bisnis Inovatif

Tiga pemenang ini terpilih dari 1.330 UMKM pendaftar

Sebagai tulang punggung perekonomian negara, para pelaku UMKM sudah selayaknya mendapat dukungan agar bisa naik kelas dan punya daya saing yang tinggi. Dukungan itu lah yang diberikan Bank BRI melalui program Pengusaha Muda BRILiaN (PMB).

Advertisement

PMB merupakan wadah akselerasi bisnis bagi para pengusaha muda di Indonesia, yang hadir sejalan dengan visi Bank BRI dalam mendukung kemajuan UMKM di Indonesia melalui program pengembangan sumber daya manusia unggul lewat inovasi dan pemanfaatan kemajuan teknologi.

Tiga pemenang terpilih setelah bersaing dengan 1.330 UMKM pendaftar PMB 2022

Kembali digelar pada tahun 2022, PMB telah melahirkan tiga pemenang yang terpilih usai menjalani proses seleksi dan inkubasi bisnis sejak Mei 2022 bersama dengan 1.330 UMKM pendaftar, yang kemudian disaring menjadi 21 finalis untuk berangkat ke Jakarta dan presentasi di depan para juri.

Para juri yang dipercaya untuk menilai gagasan dan performa para finalis tersebut adalah Senior Vice President BRI Arie Sus Miyanti, Presiden Komisaris PT Bluebird Tbk. Noni Purnomo, Managing Partner MD Capital Merry Riana, Founder Young on Top Billy Boen dan Vice Principal PMB 2022 Richie Wirjan.

Advertisement

Tiga pemenang PMB 2022 tersebut adalah KaIND yang didirikan oleh Melie Indarto, Nana Baby Carrier yang didirikan oleh Henti Nikimawati dan Ppuff! yang didirikan oleh Erwin Jogisaputra. Para pemenang ini berhasil memikat hati dewan juri lewat inovasi dan keunggulan bisnis yang dijalankan.

Masing-masing pemenang dan keunikan bisnis yang dijalankan

KaIND sebagai juara pertama menjalankan bisnis busana ready to wear sejak tahun 2014 dengan prinsip zero-waste. KaIND memiliki semangat memberdayakan komunitas lokal seperti para Petani Ulat Sutera Eri dalam membuat sebuah produk fashion yang tidak hanya nyaman dikenakan tetapi juga nyaman bagi lingkungan.

Advertisement

“Saya ingin memperluas pandangan dan mengatur ulang pola pikir saya untuk menemukan ekosistem baru yang kreatif sehingga KaIND dapat tumbuh sebagai merek fashion berkelanjutan yang semakin diketahui oleh banyak orang di Indonesia. Terima kasih Bank BRI atas kesempatan mentoring dengan para pengusaha inspiratif dari seluruh Indonesia, (juga) atas tugas-tugas menantang yang sangat applicable sehingga mendorong kami semua untuk menjadi versi lebih baik,” ungkap Founder KaIND Melie Indarto.

Selanjutnya, Nana Baby Carrier yang dinobatkan sebagai runner up PMB 2022 merupakan produsen produk gendongan bayi inovatif dengan omzet Rp.3,4 miliar per tahun. Produk yang ditawarakan Henti Nikimawati ini didesain khusus oleh seorang baby wearing consultant certified dari School of Babywearing UK 2017, untuk dapat mencegah terjadinya hip dysplasia pada bayi.

“Saya sangat senang bisa mendapat kesempatan untuk belajar mengembangkan bisnis melalui program mentoring 2,5 bulan bersama PMB. Wawasan kami sebagai pengusaha semakin terbuka bersama dengan terbukanya chanel relasi dari mentor dan super mentor. PMB adalah wujud nyata yang mengantarkan UMKM go export! go digital! go global!” Kata Henti

Diposisi ketiga, Ppuff! yang merupakan produsen healthy snack menyediakan alternatif kudapan yang tidak hanya enak rasanya, tetapi juga sehat untuk para masyarakat yang sibuk bekerja dan tidak punya banyak waktu dalam mencari makanan. Omzet Ppuff! sekarang mencapai Rp 200 juta per bulan, dan sudah melakukan ekspor hingga Korea Selatan dan Australia.

“Terpilih (dalam) program PMB selama 4 bulan ini sangatlah berpengaruh. Dengan mengikuti kelas intensif banyak hal sudah diperbaiki di bisnis ppuff!. Dari production flow chart sampai cara pitching yang baik, semuanya diajarkan. Mentornya juga sangat kritis sehingga membawa perubahan besar di bisnis kami, dan tentunya yang terpenting omset ppuff! naik 57 persen sejak ikut PMB 2022,” ucapnya.

21 finalis PMB 2022 akan showcase dalam ajang BRILIANPRENEUR 2023

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto pada Closing Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Sabtu 17 Desember 2022 lalu | dok. BRI

Penyerahan apresiasi bagi para pemenang PMB 2022 dilakukan langsung oleh Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto pada Closing Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Sabtu 17 Desember 2022 lalu.

Amam menyampaikan bahwa Bank BRI akan senantiasa mendorong pemberdayaan untuk membantu pelaku UMKM naik kelas, dan berharap agar para peserta dapat mengikuti jejak para peserta PMB 2022 yang beberapa di antaranya telah mencicipi persaingan pasar mancanegara.

“Kami juga melihat bahwa terdapat beberapa peserta yang sebenarnya telah mencicipi persaingan pasar mancanegara, seperti rendang, batik tulis, ataupun kain songket yang tentunya ini akan membawa citra positif produk Indonesia di mata dunia. Melalui Program ini, kami dorong peserta lain untuk juga mengikuti jejak tersebut dengan memasuki persaingan pasar global yang tentunya akan lebih kompetitif. Namun saya percaya seluruh produk dari Finalist PMB layak ekspor dan mampu bersaing dengan produk – produk negara lain,” ujar Amam.

Dalam kesempatan ini Amam juga menyampaikan bahwa ke-21 finalis PMB 2022 akan diberi kesempatan untuk melakukan showcase bisnis mereka pada ajang BRILIANPRENEUR 2023.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE