Bintang SMA 2022 Digelar, Pocari Sweat Kembali Ajak Anak Muda Unjuk Bakat

Ajang ini ingin kembangkan potensi generasi muda, bukan sekadar mencetak juara

Jika ditanya kapan sebuah mimpi dapat terwujud, jawabanya adalah entah. Namun, jika usaha untuk mewujudkannya terus dilakukan, maka jawaban atas pertanyaan tersebut akan bisa kita bayangkan.

Advertisement

Nah, menekuni bakat yang dimiliki bisa jadi salah satu jalan mewujudkan mimpi. Terlebih jika bakat tersebut dapat diapresiasi oleh orang-orang atau lingkungan yang tepat, maka mimpi bisa seketika jadi nyata.

Hal tersebut bukan klise semata. Para pemenang Pocari Sweat Bintang SMA, sebuah ajang pencarian bakat online satu-satunya untuk siswa SMA dan sederajat di Indonesia, telah membuktikan hal yang mungkin terdengar klise itu.

Kini, kamu pun bisa ikut membuktikannya. Sebab, Pocari Sweat Bintang SMA 2022 sudah resmi digelar. Melalui ajang ini, kamu bisa unjuk bakat apa saja yang akan menjadi jalan mewujudkan mimpi.

Advertisement

Bintang SMA 2022 ingin kembangkan potensi generasi muda, bukan sekadar mencetak juara

Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati dalam konferensi pers launching Pocari Sweat Bintang SMA 2022, Jakarta, Selasa (6/9) | Foto oleh Luthfi/Hipwee

Tahun ini merupakan kali keempat Bintang SMA digelar. Sejak tahun 2019, sudah ada total 22.000 partisipan yang unjuk beragam bakat, dan sudah ada tiga orang anak muda Indonesia yang berhasil menjadi juara melalui talentanya.

Mereka adalah Nada Shakira Aisya yang menjadi juara tahun 2019 lewat kepiawaiannya bermain biola, Pramudya Azriel di tahun 2020 lewat keahliannya di olahraga wushu, dan Pudak Wangi yang menjadi juara tahun 2021 dengan bakat sebagai animator.

Advertisement

Nggak hanya berhasil menjadi juara di ajang Bintang SMA, ketiga anak muda tersebut kini bahkan sudah menjadi profesional di bidang bakat mereka masing-masing, yang nggak dimungkiri dimungkinkan oleh ajang tersebut.

Diketahui bahwa Nada kini aktif sebagai content creator di YouTube, Azriel yang terjun ke dunia hiburan Tanah Air, dan Pudak Wangi yang telah mendapat kontrak menggarap video musik salah satu musisi kenamaan Indonesia.

Disampaikan oleh Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati, jalan yang kini ditempuh ketiga juara Bintang SMA sejak tahun 2019 itu, adalah hal penting yang menjadi fokus Pocari Sweat dalam menggelar ajang tersebut.

“Kami (Bintang SMA) melihat  potensi dari peserta. Potensi untuk dikembangkan lagi. Jadi nggak berhenti di ajang ini saja. Kami ingin bakat yang diproses dalam ajang ini, ke depannya masih bisa dikembangkan agar mereka bisa punya jalur yang lebih baik,” kata Wina dalam konferensi pers launching Pocari Sweat Bintang SMA 2022, Jakarta, Selasa (6/9).

Lebih lanjut, Wina mengaku bahwa bakat yang dimiliki dan ditunjukkan anak muda Indonesia semakin beragam setiap tahunnya. Hal ini pula yang membuat Bintang SMA 2022 digelar, dengan harapan dapat menemukan hidden gem dan mewadahinya.

“Bakat yang masuk semakin variatif setiap tahunnya, dan kami merasa perlu untuk mencari hidden gem dan menghadirkan wadah bagi bakat tersebut,” lanjut Wina.

Masih mengusung semangat yang sama yaitu ‘sweat for dream’, setiap anak muda di bangku SMA dan sederajat tahun ini diajak untuk mewujudkan mimpi melalui bakat apapun, dengan usaha yang terkadang harus menguras keringat. Siap buat ikutan?

Juara Bintang SMA 2022 nantinya akan diberangkatkan ke Jepang untuk proyek kolaborasi bersama salah satu juri

Ki-ka: Host Daniel Mananta, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati, Juara Bintang SMA 2021 Pudak Wangi, Juri Eka Gustiwana dan Reza Rahadian | Foto oleh Luthfi/Hipwee

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Bintang SMA 2022 sudah menyiapkan benefit menarik bagi sang juara nantinya, seperti menjadi brand ambassador Pocari Sweat selama satu tahun.

Selain itu, sang juara juga akan mendapatkan berbagai mentorship selama setahun, dibuatkan konten eksklusif di Narasi, dan akan terlibat proyek kolaborasi digital bersama salah satu juri Bintang SMA 2022 di Jepang.

“Bentuk kolaborasi dan siapa juri yang akan terlibat kolaborasi (dengan sang juara) nanti, akan disesuaikan dengan bakat dari sang juara,” kata Wina.

Sebagai informasi, Pudak Wangi yang menjadi juara Bintang SMA tahun lalu mendapat kesempatan terbang ke Los Angeles untuk berkolaborasi bersama Niki Zefanya. Ia juga berkesempatan membuat film pendek animasi bersama Reza Rahadian.

Nah, adapun mereka yang akan bertugas sebagai juri di Bintang SMA 2022 adalah pendiri Narasi Najwa Shihab, Aktor Cinta Laura dan Reza Rahadian serta musisi Eka Gustiwana.

Reza Rahadian ingin para juara Bintang SMA dapat mewakilkan beragam bakat generasi muda Indonesia

Ki-ka: Host Daniel Mananta, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati, Juri Reza Rahadian dan Eka Gustiwana| Foto oleh Luthfi/Hipwee

Kembali menjadi juri untuk Bintang SMA, Reza Rahadian berharap ajang ini dapat melahirkan juara dengan bakat yang baru dan berbeda. Bagi Reza hal ini penting untuk mewakili beragam ketertarikan generasi muda Indonesia.

“Harapan saya, mudah-mudahan banyak hal (bakat) yang baru. Karena tiga pemenang sebelumnya sangat variatif, semoga kita bisa temukan bakat yang berbeda untuk represent anak-anak muda Indonesia,” ujar Reza.

Bicara bakat yang “berbeda”, Reza mengimbau anak-anak muda yang akan mengikuti ajang ini agar bisa mengeksplorasi banyak hal. Dengan itu, ia menilai potensi diri bisa ditemukan.

“Jangan nge-set satu bakat tertentu, karena masa SMA itu adalah masa mencoba banyak hal. (Dan) nggak perlu pedulikan apa kata orang tentang bakat kamu. Terpenting adalah kamu percaya dengan bakat yang dimiliki,” lanjut Reza.

Senada dengan Reza, Eka Gustiwana mengingatkan para generasi muda agar jangan menjadikan kesempurnaan sebagai alasan tunggal untuk mulai berkarya dan menunjukkan bakat yang dimiliki.

“Kalau merasa punya bakat, jangan merasa harus sempurna dulu baru kamu ikutan (ajang pencarian bakat) atau menunjukkannya. Bikin dan kumpulkan karya, lalu tunjukkan. Nanti akan ada momentum (yang mengapresiasi karya tersebut),” kata Eka.

Sejalan dengan itu, Eka juga menilai penting kehadiran ajang pencarian bakat seperti Bintang SMA. Menurutnya dengan ini generasi muda punya alasan untuk berkarya, dan punya wadah untuk diapresiasi serta merasa bakatnya berharga.

“Anak SMA itu gampang terdistorsi. Ketika dia punya bakat tetapi tidak ada wadah apresiasi, mereka bisa jadi menganggap bakatnya tidak penting. Itu lah mengapa ajang pencarian bakat itu menurut saya penting,” lanjutnya.

Pendaftaran dan proses yang akan dilewati peserta hingga Grand Final di Tennis Indoor Senayan Jakarta

| dok. Tangkapan layar/pocarisweat.id/bintangsma

Nah, buat para siswa SMA dan sederajat, pendaftaran dan submisi online Pocari Sweat Bintang SMA 2022 sudah resmi dibuka sejak tanggal 1 September hingga 12 Oktober 2022. Pendaftaran ajang ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Untuk mengikuti ajang ini, kamu hanya perlu merekam bakatmu sekreatif mungkin baik secara individu maupun grup dengan maksimal lima orang, lalu unggah ke media sosial dengan tagar #BintangSMA2022 dan tag @pocariid, atau submit video bakatmu melalui website Bintang SMA. Kamu juga boleh mengunggah lebih dari satu video, loh.

Setelah fase submisi, akan ada pengumuman Top 50 pada 14 Oktober, dilanjutkan dengan pengumuman Top 7 pada 26 Oktober. Bagi yang lolos tahap ini akan mengikuti workshop pada tanggal 2-6 November, sebelum Grand Final tanggal 19 November 2022.

“Acara Grand Final tahun ini akan diselenggarakan secara offline di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, dengan sejumlah kegiatan dan kolaborasi menarik,” kata Wina.

Nah, melalui ajang yang digelar dengan kolaborasi bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud), Ruangguru, dan Narasi ini, Pocari Sweat ingin terus mendukung generasi muda mewujudkan mimpi, melalui wadah yang disediakan.

So, buat kamu yang saat ini masih duduk di bangku SMA dan sederajat, atau yang tahun lalu sudah ikutan tapi belum berhasil, kesempatan tahun ini adalah momentum yang tepat buat mewujudkan mimpimu.

Juara yang dicari ajang ini bukan cuma buat kategori Pemenang Utama, loh. Bintang SMA 2022 juga punya kategori Pemenang Favorit yang ditentukan dari online votes dan tagar terbanyak, serta kategori Weekly Winner yang akan dipilih selama proses submisi.

Bagaimana, siap untuk submit video bakatmu? Kalau butuh informasi lebih lanjut mengenai Pocari Sweat Bintang SMA 2022, bisa mengunjungi Instagram @pocariid atau pocarisweat.id/bintangsma. Good luck, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE