Miris, Prank Ulang Tahun Kembali Berujung Maut; 2 Remaja di Underpass Kulon Progo Tewas Tenggelam

prank ulang tahun meninggal

Saat ada teman yang berulang tahun, wajar kalau kita ingin merayakannya. Bisa dengan cara makan kue bersama atau memberi hadiah istimewa. Namun, ada juga orang-orang yang justru memilih untuk melakukan keisengan atau prank. Aksi ini bisa berujung pada maut kalau tidak berhati-hati. Salah satu contohnya adalah peristiwa tragis yang baru-baru ini terjadi, yaitu tenggelamnya seorang remaja akibat didorong oleh temannya yang ingin memberikan prank ulang tahun, di area underpass Kulon Progo.

Advertisement

Walaupun hanya berniat iseng, aksi prank berbahaya tersebut bisa berdampak sangat fatal lo. Bahkan sampai menyebabkan orang lain meninggal! Mari simak berita selengkapnya supaya kita semua bisa lebih berhati-hati.

Akibat prank ulang tahun, seorang remaja dikabarkan tewas tenggelam di underpass Kulon Progo. Salah seorang yang berusaha menyelamatkannya juga ikut meninggal

Proses evakuasi korban / Credit: Kuntadi via makassar.sindonews.com

Dilansir dari laman Kompas, kejadian nahas ini berawal dari kejutan untuk Riyan Hariyanto (15) yang berulang tahun pada Sabtu (22/2). Riyan berkumpul dengan enam temannya di tepi underpass Kulur, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Underpass itu selalu tergenang air saat musim hujan, bahkan kedalaman airnya bisa mencapai 4 meter.

Awalnya para remaja ini hanya duduk-duduk di tepian underpass. Lalu sebagai prank ulang tahun, Riyan didorong sampai tercebur ke air. Mereka tak tahu kalau Riyan tidak bisa berenang. Lantas mereka pun berusaha menyelamatkannya. Tegar Kurohman (15) dan Ramli Saparudin (15) terjun langsung ke underpass. Sedangkan yang lainnya mencari ban di bengkel terdekat untuk dilempar ke air dan juga meminta tolong pada warga sekitar.

Advertisement

Namun sayangnya, nyawa Riyan dan Tegar tidak bisa diselamatkan. Mereka berdua meninggal akibat tenggelam di underpass tersebut, sedangkan Ramli sempat kritis dan tengah dirawat di rumah sakit.

Kematian Riyan membuat keluarganya sangat sedih. Padahal, mereka berencana merayakan ulang tahunnya dalam suasana yang gembira

Warga berkerumun di sekitar underpass / Credit: Kuntadi via jateng.sindonews.com

Keluarganya sama sekali tak menyangka kalau Riyan bakal meninggal di hari ulang tahunnya sendiri. Salah satu kerabat berkata kalau kabar tersebut membuat keluarganya sangat sedih. Padahal mereka sudah menyiapkan berbagai hal untuk perayaan ulang tahun Riyan, mulai dari tumpeng sampai kuliner bakar. Mereka berharap agar perayaan dilakukan di rumah saja. Namun Riyan tetap ikut teman-temannya pergi ke underpass dan tragedi memilukan pun justru terjadi.

Peristiwa semacam ini juga pernah terjadi pada akhir 2019. Akibat keisengan ulang tahun, dua mahasiswa tewas tenggelam di embung alias danau buatan

Evakuasi korban di embung / Credit: Tri Purna Jaya via nasional.kompas.com

Pada 7 Oktober 2019, korban bernama Azrul Amin (18) merayakan ulang tahunnya bersama empat orang teman di tepi embung UIN Radin Intan Lampung. Dengan maksud hanya bercanda, seorang temannya yang bernama Ikbal Firmansyah (18) mencopot sepatu Azrul dan melemparkannya ke tengah embung. Azrul pun berusaha mengambil sepatunya. Namun dia justru tenggelam saat berenang. Ikbal pun terjun ke embung untuk menolong Azrul, tetapi malah ikut tenggelam. Kedua mahasiswa ini pun akhirnya meninggal dunia.

Advertisement

Melihat betapa tragisnya kejadian-kejadian tersebut, seharusnya kita berhenti melakukan prank pada orang yang berulang tahun. Sebab keisengan bisa menyebabkan nyawa orang melayang. Bahaya banget!

Underpass di Kulur yang memakan nyawa / Credit: Dani Julius via regional.kompas.com

Sebetulnya boleh-boleh saja kalau kita mau merayakan ulang tahun teman. Namun lebih baik lakukan dengan cara yang aman dan nggak bikin orang lain celaka, misalnya dengan makan kue bersama dan memberi hadiah. Hindari keisengan-keisengan aneh yang bisa membahayakan orang lain. Misalnya menceburkan teman ke dalam air, mengikatnya di tiang dan melempari dengan telur busuk, serta masih banyak lagi. Duh, masih zaman ya melakukan hal-hal unfaedah begini?

Sekalipun aksi prank ini hanya karena iseng, tetapi dampaknya bisa membahayakan dan bahkan bisa merenggut nyawa orang lain sehingga baiknya dihindari saja. Kalau ada teman yang masih berencana melakukan prank semacam itu, berusahalah untuk menghentikan. Mari kita saling menjaga keamanan masing-masing agar semua selamat. Ada banyak cara seru dan bermanfaat kok, untuk merayakan dan mensyukuri pertambahan usia. Toh kalau prank kamu berhasil, kamu juga nggak bakal dapat apa-apa kecuali umpatan dan rasa marah dari yang kena prank~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE