Berdasarkan Cara Menggunakan Media Sosial, Begini Kategori Seseorang dalam Menjaga Privasi

privasi di medsos

Belakangan publik diramaikan dengan fitur baru di media sosial yang berisiko menjadi celah cyber crime. Hal yang semestinya digunakan untuk membagikan kesenangan berubah menjadi pertanyaan menyangkut data pribadi yang dibagikan melalui laman Instagram Story.

Padahal, hal semacam ini bisa dikatakan terkait dengan social engineering alias teknik rekayasa sosial yang memanipulasi psikologi agar seseorang atau grup mau melakukan sesuatu yang sebenarnya menyerahkan informasi tertentu. Beberapa contohnya adalah menyebarkan identitas, KTP, tanda tangan, hingga nama lengkap ibu kandung yang mana sangat berbahaya untuk diketahui banyak orang.

Layaknya puncak gunung es, kejadian semacam ini bukannya tak pernah dialami. Tanpa sadar, dalam menggunakan media sosial kita sering kali menganggap simpel pemberian informasi yang diminta. Nah, dari kasus tersebut Hipwee Premium telah membuat kuis perihal cara bermedia sosial untuk mengukur seberapa aware-nya seseorang akan data privasi. Kalau belum mencoba, silakan coba dulu di sini ya!

Untuk jawaban lengkapnya, langsung simak uraian di bawah ini, yuk!

Selamat bagi yang mendapatkan hasil “protektif,” hal ini menandakan bahwa kamu sangat aware dengan data pribadi di media sosial!

Tim Dalam Artikel Ini