“Eh orang itu kok mirip Oji ya?”
“Hah? Mana?”
“Itu yang pake baju merah. Mukanya mirip”
“Lah iya. Mirip banget. Hahaha”
“Iya juga ya. Mukanya mirip Oji. Hahaha”
Pernah nggak sih teman-temanmu bilang kalau ada orang lain yang wajahnya mirip kamu? Saking miripnya, mereka sampai kaget sekaligus heboh sendirinya.

Sebenarnya, kasus-kasus orang berwajah mirip kaya gini sih sebenarnya sering terjadi. Bahkan sampai ada yang bilang bahwa manusia memang punya 7 kembaran di dunia ini. Meskipun kelihatannya cuma guyonan, tapi melihat banyaknya kasus orang-orang berwajah mirip sepertinya omongan itu nggak mengada-ada deh. Penasaran gimana faktanya, nih Hipwee News & Feature sudah kumpulkan.

Tak bisa dipungkiri bahwa kasus orang berwajah mirip sudah sering terjadi. Mulai dari artis hingga orang biasa, kasusnya memang ada

Buktinya banyak banget… via thedailybeast.com

Advertisement

Boleh saja kalau kamu nggak percaya manusia punya kembaran. Namun kamu tetap tak bisa menampik fakta yang ada. Sudah banyak bukti bahwa manusia punya kembaran yang hidup di dunia ini. Mulai dari cerita orang-orang yang nggak sengaja ketemu kembarannya hingga foto-foto yang ada di internet soal artis terkenal yang ternyata punya kembaran.

Bahkan seorang fotografer bernama Francois Brunelle berhasil menjepret 200 orang lebih yang tak punya ikatan darah tapi memiliki bentuk fisik yang miripnya kebangetan! Dengan melihat banyaknya bukti tersebut, omongan soal manusia ternyata punya kembaran itu bukan cuma mitos belaka.

Kalau menurut penelitian dari Teghan Lucas dan koleganya di University of Adelaide, memang benar ada kemungkinan manusia punya ‘kembaran’ yang tidak berhubungan darah

Tapi masih susah menghitung kemungkinannya via nbcnews.com

Untuk membuktikannya, mari kita lihat penelitian yang dilakukan oleh Teghan Lucas dan rekan-rekannya dari University of Adelaide. Dengan menggunakan kumpulan foto anggota militer Amerika, Teghan menganalisis 4000 wajah mereka dan akhirnya sampai pada satu kesimpulan.

Advertisement

“Dari 7,4 miliar penduduk bumi, hanya 1 dari 135 orang yang memiliki doppelganger atau kembaran yang tak terikat hubungan darah”

Meskipun terlihat seakan kemungkinannya kecil, namun penelitian ini tidak menampik bahwa manusia memang punya kembaran yang memiliki ciri fisik mirip dengan dirinya.

Nah menurut The American Society of Human Genetics, yang jadi penyebabnya adalah gen kita. Semakin mirip gen-nya, makin mirip kamu sama orang lain

Duh, sama-sama cakep… via businessinsider.com

“Ada potensi 0,5% pola genetik yang kamu miliki sama dengan milik orang lain. Semakin besar persamaannya, semakin mirip pula kamu dan orang tersebut,” wakil presiden The American Society of Human Genetics, Joseph McInerney.

Potensi adanya orang yang punya karakter fisik mirip tersebut dijelaskan oleh The American Society of Human Genetics. Seperti yang bisa kamu baca dari penjelasan di atas, kemiripan tersebut disebabkan oleh semakin banyaknya presentase kemiripan gen kalian. Biar tidak sedarah, memang ada orang yang kombinasi gen-nya bisa mirip. Karena itu pula ketika kamu bertemu dengan orang yang mirip sama kamu, biasanya kalian akan langsung cocok meski belum pernah bertemu sebelumnya. Unik, ya….

Dengan bantuan sosial media, sekarang lebih mudah mencari kembaranmu. Keren nggak kalau misal kamu ketemu beneran sama kembaranmu?

Kamu tertarik buat menemukan kembaranmu? Dengan adanya bantuan sosial media dan dunia internet, kamu bisa mencoba untuk menemukan kembaranmu. Kamu pun bisa mengunjungi situs Twin Strangers yang akan membantumu menemukan kembaranmu di bumi ini. Sebagai contoh adalah kisah gadis bernama Niamh ini. Dengan bantuan dunia internet, ia berhasil menemukan dua orang kembarannya yang berasal dari negara berbeda. Meski begitu dia tidak berhenti. Sampai detik ini, Niamh masih optimis bisa menemukan 5 orang kembarannya yang tersebar seantero bumi. Semoga beneran ketemu, ya…

Berdasarkan fakta-fakta yang ada, memang sih ada kemungkinan kamu memiliki sosok lain yang mirip dengan kamu. Yah, bisa lah dibilang kembaranmu. Cuma ya gitu, kalau satu atau dua orang sih masih mungkin kamu temukan. Nah kalau 7 sekaligus, kayaknya susah deh membuktikannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya