Berkenalan Lebih Dalam dengan Spirit Doll, Boneka Arwah dengan Ragam Cerita

spirit doll

*Spirit doll atau boneka arwah ramai diperbincangkan lantaran ‘diadopsi’ oleh sejumlah artis. Kehebohan ini disertai dengan pro dan kontra sebab spirit doll diperlakukan layaknya manusia. Melihat fenomena ini, Hipwee Premium mengulas cerita-cerita spirit doll yang lekat dengan ritual pemujaan atau keagamaan. SoHip, siapkan diri membaca beragam kisah tentang spirit doll dalam edisi Kamis Mistis kali ini, ya~

Hari itu sepertinya menjadi pertemuan yang menyenangkan untuk dua orang ini. Di sebuah kawasan di Bintaro, mereka berbincang sembari memangku bayi masing-masing. Dalam rekaman berdurasi 29 menitan yang tayang di kanal Podcast Pak Gun, mereka nggak merasa canggung sama sekali saat tampil bersama sang anak, apalagi menunjukkan kasih sayang padanya.

Dekapan itu tampak hangat. Ivan Gunawan, seorang artis sekaligus desainer ternama, menggendong Baby Eqqel. Ini bukan kali pertama baginya menunjukkan Baby Eqqel atau Miracle Putra Gunawan ke publik. Sebelumnya, ia mengumumkan ‘kelahiran’ Baby Eqqel di Instagram pertengahan Desember 2020 lalu. Kemudian, ia kerap membagikan aktivitas sehari-hari bersama Baby Eqqel dan satu putranya lagi, Marvelous.

“Kalau baby ini, siapa namanya, Mbak?” tanya Ivan pad Furi Harun. Ia menatap bayi di pangkuan Furi.

“Ini baby M,” jawab Furi.

“Oh, baby M. Dia sedang bobo, ya,” tanggap Ivan.

Sekilas, tak ada yang ganjil atau aneh. Ivan dan Furi memperlakukan bayinya dengan manis. Namun, sadarkah kamu kalau Baby Eqqel maupun Baby M bukanlah bayi sungguhan? Kamu boleh percaya atau tidak, tapi Ivan merawat boneka itu seperti anaknya sendiri. Bagi orang lain, Baby Eqqel hanya boneka biasa. Sedangkan di mata Ivan, Baby Eqqel adalah anak yang dicintainya dengan sepenuh hati. Anak asuh, begitulah Ivan menyebutnya.

Ketika banyak orang menganggapnya gila, halunisasi, atau stres, Ivan tetap bergeming. Menurutnya, spirit doll lebih dari sekadar boneka. Meskipun kebanyakan orang memandangnya miring karena memperlakukan Baby Eqqel dan Marvel seperti manusia, ia memilih tak ambil pusing.

Konon, spirit doll mempunyai jiwa. Makanya, pemilik spirit doll nggak pernah menganggapnya cuma benda. Selain itu, spirit doll menyimpan beragam cerita yang tak kalah mengusik rasa penasaran. Seperti apa ceritanya? Dengarkan beberapa cerita tentang boneka arwah ini!

Merebaknya tren boneka arwah bukan hanya soal hal-hal yang menyenangkan aja, tapi katanya ada ‘sosok’ di dalamnya. Benarkah?

Konon katanya, spirit doll punya jiwa | Illustration by Hipwee

Semenjak Ivan terbuka tentang dua spirit doll miliknya, bahasan boneka arwah ini semakin ramai diperbincangkan, terutama di dunia maya. Sampai Rabu (5/1), tagar spirit doll masih jadi juara pertama di tangga trending topic, hal-hal berkaitan dengannya juga masih nangkring hingga hari ini.

Sebenarnya, Ivan hanya satu contoh figur publik aja. Selebritas lain juga mempunyai spirit doll yang diasuh layaknya manusia, seperti Soimah dan Nora Alexandra. Dalam sekejap, tren ini menyebar sehingga makin banyak orang yang mengasuh spirit doll. Semenjak itu pula, banyak orang mengaku merasakan dampak positif.

Seorang warganet, sebut saja Mita, merasa punya teman setelah mengadopsi spirit doll. Hidupnya semula sepi. Di tengah banyaknya teman dan keluarga, ia merasa asing dan seakan hidup sendiri. Tak ada tempat yang tepat untuknya berbagi kisah. Namun, kehadiran spirit doll menjadi ‘terang’ sebab ia bisa menumpahkan cerita tanpa banyak kekhawatiran.

Mita hanyalah satu dari sekian orang yang mengaku senang dengan memiliki spirit doll. Namun, beredar rumor kalau merawat spirit doll nggak selamanya menyenangkan lantaran sang pemilik nggak tahu ‘sosok’ yang ada di dalamnya. Dalam pandangan tertentu, jin atau setan bisa masuk ke dalam sesuatu yang menyerupai manusia. Apalagi, muncul video di TikTok, boneka arwah bisa mengerti maksud perkataan manusia dan menggerakkan benda. Kok bisa? 😱

Nah, walaupun sulit diterima akal dan belum tentu benar, cerita-cerita tentang spirit doll ini cukup bikin merinding. Apalagi, jika dilihat dari sejarahnya, dalam beberapa budaya, spirit doll  memang dinilai supranatural.

Tahun 2016 lalu, orang Thailand menyelenggarakan ritual doa untuk menghidupkan luk thep dan memberinya jiwa

Saat itu, Thailand memang digemparkan oleh luk thep, yang berarti malaikat anak. Boneka ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Makanya, sang pemilik memanjakan spirit doll ini seperti anaknya sendiri dengan cinta sampai memberinya barang mewah. Ia nggak segan untuk mendandani luk thep dengan pakaian atau perhiasan bermerek. Pun, luk thep kadang diajak ke restoran mahal.

Tim Dalam Artikel Ini