Hantu-Hantu Jepang Paling Menyeramkan, Kisah di Baliknya Membuat Kehadiran Mereka Makin Nyata

hantu jepang

*Kamis Mistis akan menyapa kamu seminggu sekali. Kamu akan ditemani ulasan-ulasan menarik yang membuat bulu kuduk berdiri. Kali ini menceritakan hantu-hantu paling menyeramkan di Jepang. Konon, hantu-hantu ini tak muncul begitu saja, tapi punya cerita yang melegenda di baliknya.

Cerita tentang hantu di Indonesia mungkin sudah sangat sering kamu dengar. Bukan hanya sebagai cerita saja, hantu-hantu di Indonesia juga masih dipercaya keberadaannya bagi kebanyakan orang. Mulai dari lampor, kuyang, hingga begu ganjang, ada banyak sekali wujud hantu yang digambarkan dalam legenda-legenda urban. Namun, bagaimana dengan hantu di luar negeri, ya?

Salah satu negara yang terkenal banyak memiliki cerita hantu yang menyeramkan adalah Jepang. Kamu mungkin sudah mengenal hantu Jepang bernama Onryo yang pernah dimunculkan dalam film horor Sadako. Namun, masih banyak hantu Jepang lainnya yang tak kalah mengerikan, lo. Sebut saja Kuchisake Onna, hantu wanita dengan mulut robek, Teke-Teke, hantu wanita merangkak, dan Yuki Onna, hantu wanita salju.  Semua hantu itu bukan hanya rekaan semata, mereka merupakan legenda yang punya cerita misterius di baliknya!

1. Hantu mulut robek Kuchisake Onna berawal dari cerita seorang istri samurai yang selingkuh dengan pria lain

Wa tashi ki rei? | Ilustrasi: Hipwee

Dahulu kala, pada masa feodal Jepang sekitar 800 tahun lalu, hidup seorang wanita muda yang cantik rupanya bernama Kuchisake. Dia adalah seorang istri yang hidup bersama suaminya yang luar biasa angkuh.  Suami itu merupakan seorang samurai, bangsawan Jepang dari golongan prajurit.

Suatu hari, sang suami mencurigai Kuchisake telah jatuh cinta kepada pria lain dan berencana untuk meninggalkannya. Terbukti, suami Kuchisake akhirnya memergoki istrinya benar-benar selingkuh. Dengan diliputi rasa marah dan cemburu, suami Kuchisake kemudian membuatnya pingsan sambil mengikatnya.

Saat terbangun, suaminya mengancam akan membunuh dengan menggorok mulutnya dari telinga ke telinga. Samurai itu akhirnya benar-benar menggorok mulut Kuchisake dan memberinya glasgow smile, senyum yang disebabkan oleh luka potong dari telinga ke telinga. Setelah tindakan keji yang dilakukannya, sang suami kemudian bertanya.

“Siapa yang akan berpikir kamu cantik sekarang?”

Kuchisake pun meninggal entah karena luka-lukanya atau sengaja mati setelah perlakuan kejam suaminya itu. Dia kemudian menjadi roh gentayangan yang ditakdirkan untuk berkeliaran di bumi untuk selamanya karena dendam yang dimiliki. Dia bersembunyi di semak-semak dan membuntuti orang-orang yang berkeliaran sendirian di malam hari.

Kisah itu berubah menjadi menyeramkan saat hantu Kuchisake Onna mulai muncul di Jepang pada 1970-an. Menurut berbagai keterangan, seorang hantu wanita akan muncul dan menampakkan diri kepada orang-orang yang bepergian sendirian di malam hari. Hantu wanita itu mengenakan masker bedah dan membawa alat tajam, seperti gunting besar atau pisau. Dia menyelinap dalam kegelapan dan akan bertanya kepada orang yang ditemuinya apakah dirinya cantik.

Wa tashi ki rei? (Apakah aku cantik?)”

Jika korban menjawab tidak atau berteriak ketakutan, Kuchisake Onna akan menebas korban dari telinga ke telinga. Jika korban menjawab “Ya,” dia akan melepas topeng atau maskernya dan bertanya “Kore demo?” (Bagaimana kalau sekarang?) sambil memperlihatkan luka di mulutnya yang berdarah dan menganga. Jika korban mengatakan “Tidak,” maka Kuchisake Onna akan kembali membunuh mereka. Jika mereka berbohong dan menjawab “Ya” untuk kedua kalinya, Kuchisake Onna akan pergi dan mengikuti korbannya pulang baru akhirnya akan membantainya secara brutal.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis