Menilik Kisah Asli Bulgasari, Monster Abadi Pemakan Logam dalam Drama Korea Bulgasal

monster bulgasal

*Kamis Mistis kembali menyapa kamu. Kalau sebelumnya Hipwee Premium sempat menceritakan hantu-hantu paling menyeramkan di Jepang, edisi kali ini menceritakan salah satu monster menakutkan yang menjadi legenda di Semenanjung Korea. Sosok monster itu bernama Bulgasari, penampakannya menyeramkan dengan bagian tubuh menyerupai berbagai jenis hewan. 

Film dan drama bertema monster mungkin sudah banyak kita temui. Kebanyakan film dan drama jenis ini menggambarkan monster sebagai sosok makhluk yang mengerikan dan menyeramkan. Hanya dengan melihatnya saja, kita sudah dibuat deg-degan dengan sosok yang sering tiba-tiba muncul itu. Baru-baru ini, industri hiburan Korea Selatan juga  menayangkan  drama berjudul Bulgasal: Immortal Souls yang menceritakan sesosok manusia yang dikutuk oleh monster bernama Bulgasal.

Drama ini mendapatkan ulasan bagus sejak pertama kali penayangannya. Bukan hanya cerita fiksi biasa, drama ini ternyata diangkat dari makhluk mitologi Korea Selatan bernama Bulgasari. Sebelumnya, film Korea Utara berjudul “Pulgasari” juga merujuk pada legenda yang sama.

Bulgasari, monster menakutkan itu diyakini hidup pada masa Dinasti Goryeo berwujud makhluk berkepala gajah dan berbadan beruang yang  tumbuh dengan memakan logam di sekitarnya. Orang-orang berusaha membunuh makhluk itu berkali-kali, tapi ia tak juga mati.

Pada abad ke 19 di Songdo, hiduplah monster menakutkan yang memakan logam di sekitarnya

Kisah berawal dari kaburnya seorang biksu | Photo by THÁI NHÀN from Pexels

Pada tahun 918 Masehi, berdiri sebuah dinasti bernama Goryeo yang didirikan oleh Wang-geon di wilayah Songdo. Mereka memegang teguh nilai-nilai religi Konfusianisme, Buddhisme, dan Taoisme. Berbagai ritual mereka laksanakan, mulai dari penghormatan kepada leluhur, menolak bala, sampai ritual memohon kesejahteraan. Suatu hari, pemerintah Goryeo mengeluarkan perintah untuk menangkap semua biksu Buddha yang melarikan diri dari kuil. Salah seorang biksu pergi ke rumah saudara perempuannya untuk meminta perlindungan.

Saudara perempuan biksu itu menawarkan kepadanya untuk menyembunyikan diri di lemari. Dia menyarankan kepada suaminya untuk melaporkan keberadaan saudara laki-lakinya supaya mendapat imbalan kekayaan. Mendengar rencana istrinya, sang suami justru marah hingga membunuh istrinya dan membebaskan biksu itu. Namun, saat terkunci di dalam lemari, biksu itu telah membuat benda berbentuk binatang aneh dari butiran nasi dan jarum. Anehnya, makhluk aneh itu kemudian memakan lebih banyak jarum dan tumbuh menjadi moster menakutkan pemakan logam di sekitarnya.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis