Kisah Mistis di Gunung Gede Pangrango: Bertemunya 5 Sosok Penunggu Misterius

misteri penunggu Gunung Gede

*Kamis Mistis kembali menyapamu dengan ulasan-ulasan menarik. Cerita sosok misterius di gunung selalu berhasil membuat bulu kuduk berdiri. Di Indonesia, setiap gunung menyimpan cerita mistis tersendiri. Kali ini menceritakan tentang lima sosok penunggu di Gunung Gede yang hehadirannya kerap dirasakan oleh para pendaki. Demi kenyamanan, nama disamarkan. 

Cerita pengalaman berbau mistis saat pendakian bukan hal baru lagi bagi seorang anggota mahasiswa pecinta alam sepertiku. Dulu, beberapa bulan sekali aku dan teman-teman selalu mendaki satu demi satu gunung di Indonesia. Mulai dari yang mudah, seperti Gunung Andong, Gunung Prau, hingga Gunung Lawu yang menyimpan banyak misteri. Tak heran kalau kami memiliki segudang cerita tentang hal ganjil sampai sosok misterius yang konon menjadi ‘penunggu’ gunung-gunung di Indonesia.

Kalian boleh percaya ataupun tidak, tetapi bagi kami setiap gunung memang menyimpan kisah misteri sendiri. Semua itu tak lantas membuat kami mengurungkan niat untuk kembali mendaki. Pasalnya, ketakutan saat merasakan pengalaman mistis itu akan terbayarkan saat kita melihat keindahan semesta di puncaknya.

Kali ini, aku akan menceritakan tentang misteri kisah penunggu di Gunung Gede Pangrango yang letaknya ada di Jawa Barat. Konon katanya, ada lima sosok misterius yang menunggu Gunung Gede. Seperti apa kenampakannya? Siapkan dirimu untuk mendengar kisah pertemuan para pendaki dengan sosok misterius ini!

1. Sosok setan berkepala dua sering tiba-tiba menyamar menjadi warga setempat, namanya… Aul

Setan berkepala dua | Credit: Pxhere

Di suatu malam, seorang pria paruh baya tengah mendaki ke Gunung Gede bersama beberapa kerabatnya.  Saat sedang dalam perjalanan, tiba-tiba mereka diganggu oleh sesosok mengerikan yang berjalan sempoyongan layaknya orang mabuk. Sosok itu berambut panjang menjuntai ke tanah dan berjalan membungkuk. Awalnya, mereka mengira sosok itu adalah pendaki lain.

Namun, tiba-tiba sosok itu menampakkan 2 wajah di kepalanya yang sontak membuat para pendaki ketakutan.  Merasakan hal itu, mereka tetap menyimpan ketakutannya sendiri sampai akhirnya sampai akhirnya pendakian berakhir. Mereka kemudian bertanya kepada warga sekitar, rupanya sosok itu disebut sebagai Aul. Dia sering kali menampakkan diri sebagai sosok yang mengerikan, tetapi terkadang menyamar sebagai warga setempat yang mengajak ngobrol para pendaki.

2. Monster berbulu hitam memperhatikan pendaki wanita dari kejauhan, Vita jadi salah satu pendaki yang melihatnya

Monster berbulu hitam | Photo by Alexandro David from Pexels

Mendaki gunung dalam keadaan sedang menstruasi bisa dikatakan berbahaya. Namun, saat itu Vita nekat untuk tetap mendaki bersama teman-temannya. Melewati jalur via Gunung Putri, mereka mulai naik pada pukul delapan pagi. Sampai di pos ketiga bertepatan dengan adzan magrib, Vita merasa sangat kelelahan karena sempat melewati hujan lebat.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis