Dunia kerja biasanya identik dengan pria. Perspektif seperti itu sudah mendarah daging dari generasi ke generasi di masyarakat dunia. Meski kini pekerja yang berjenis kelamin wanita sudah banyak, tetap saja laki-laki masih memegang kendali dalam dunia kerja. Lalu, apakah hal tersebut juga diikuti dengan nominal gaji yang diterima pekerja pria lebih besar dibanding wanita? Ah, tidak juga!

Di beberapa negara, gaji yang diterima para pekerja wanita ternyata sudah lebih tinggi dibanding pria. Fakta mengejutkan ini tentu menjadi kabar gembira bagi kamu yang bercita-cita menjadi seorang wanita karier. Untuk itu, simak dalam ulasan berikut supaya kamu tahu negara mana dan bidang pekerjaan apa saja yang gaji pekerja wanitanya lebih tinggi dibanding pria. Silakan disimak ulasa Hipwee News & Feature ini ya!

Jika dulu gaji pria lebih besar dibanding wanita, kini di Jepang hal itu telah berubah. Upah wanita lebih tinggi dan membuat mereka memegang kendali keuangan rumah tangga

Kini, di Jepang juga lebih tinggi wanita dibanding pria via unsplash.com

Advertisement

Sebagai salah satu negara maju di Asia dan dunia, bisa bekerja di Jepang tentu menjadi impian, terutama bagi kamu yang tertarik dengan dunia otomotif, teknologi, dan science. Tapi kalau kamu pria, coba deh pikir-pikir lagi karena penghasilan pekerja pria di negeri sakura sekarang menurun. Jika dulu memang lebih besar dibanding wanita, kini telah berubah karena justru upah wanita yang lebih besar. Hal ini disebabkan jumlah wanita yang bekerja telah meningkat, sehingga berpengaruh terhadap gaji pria yang cenderung stabil dan sulit mengalami peningkatan.

Berdasarkan survei yang dilakukan Hakuhodo Institute of Life and Living, terdapat sekitar 68,1 persen jumlah anak yang mengakui kalau mereka menghormati sang ibu. Hasil ini mengalami peningkatan dari survei sebelumnya dan merupakan angka tertinggi selama ini. Dengan demikian, kedudukan wanita dalam keluarga lebih dihormati di rumah.

Di Islandia, mulai 2018 terdapat peraturan baru kalau gaji pria lebih besar dari wanita berarti dianggap ilegal

Di Islandia sudah ada undang-undangnya via pixabay.com

Awal 2018 ini, Islandia memberikan pengumuman cukup mencengangkan dalam dunia kerja. Karena pemerintah Islandia membuat peraturan baru kalau gaji pria lebih besar dari wanita, maka hal itu disebut ilegal. Berdasarkan Al Jazeera, hal tersebut didukung dengan disahkannya undang-undang yang mulai berlaku mulai 1 Januari 2018. Dengan demikian, Islandia menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan kesetaraan upah antara pria dan wanita.

Di beberapa negara, kesenjangan jumlah gaji antara pria dan wanita tak terlalu jauh. Ini terdapat di negara-negara Eropa

Ada beberapa negara yang kesenjangannya tidak terlalu jauh via unsplash.com

Advertisement

Meski gaji wanita belum lebih besar, kesenjangan jumlah upah antara pria dan wanita tidak terlalu jauh. Dilansir dari laman World Economic Forum, hal ini terjadi di beberapa negara Eropa seperti Slovenia sebesar 3,2 persen, Polandia sebesar 6,4 persen, dan Italia 7,3 persen. Wah, bisa menjadi pertimbangan kamu nih kalau mau berkarier di Eropa.

Lalu, pekerjaan-pekerjaan apa saja yang memberikan gaji kepada pekerja wanita lebih tinggi?

Profesi seorang model via evoke.ie

Meski mayoritas gaji pekerja wanita masih kalah dibanding pria, kenyataannya ada beberapa bidang pekerjaan yang memberikan upah kepada kaum hawa lebih tinggi. Berdasarkan situs PayScale ada profesi model wanita dengan gaji rata-rata model wanita 148,8 persen lebih tinggi dibandingkan model pria. Bidang lainnya seperti farmasi, dokter gigi, dan dokter bedah wanita memiliki penghasilan sekitar lima persen lebih besar dari pria. Begitupun dengan profesi Make-up artist (MUA) dan HRD dengan 90 persen pekerjanya adalah wanita.

Yang mungkin nggak disangka-sangka oleh banyak orang, di Indonesia sendiri ternyata gaji pekerja perempuan itu lebih tinggi lho dibandingkan pria

Ternyata lebih besar wanita ya via betterwork.org

Berdasarkan survei yang dilakukan situs Smart-money.coJobplanet, kepada 49 persen responden pria dan 51 persen wanita terdapat fakta bahwa gaji pokok (tanpa tunjangan dan bonus) rata-rata staf wanita di Indonesia sebesar Rp 3.660.000. Angka tersebut lebih tinggi 1,1 persen dibandingkan dengan gaji staf pria, yakni Rp 3.621.000. Di sisi lain untuk posisi manajer, gaji pokok rata-rata wanita sebesar Rp 7.690.000 yang lebih tinggi 4,6 persen dibandingkan gaji pokok pria pada jabatan manajer, yakni Rp 7.356.000.

Membicarakan kesetaraan gender memang hal yang sensitif, terutama dalam pekerjaan. Untuk menyamaratakan perihal gaji antara wanita dan pria pun nggak mudah. Apalagi meningkatkan gaji wanita yang lebih besar dari pria.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya