Drama Korea Makin Sukses Mendunia, Ternyata Ini 5 Rahasia dari Balik Layar!

tren drama korea

Gelombang drama Korea kini semakin masif dan mendunia. Walau mungkin banyak yang belum menyelam ke lautan hiburan menyenangkan dengan berbagai pilihan genre ini, paling tidak orang-orang pasti sudah mendengar judul-judul populer semacam Squid Games.

Drama Korea untuk saat ini bisa dikatakan bukan sekadar hiburan semata, tapi sudah membentuk sebuah tren. Bahkan, saking populernya, anak-anak saja sampai tahu permainan tradisional red ligt green light dari Korea walau dengan lirik yang salah, Aqua, kucing, tiang bendera.”

Jika sebelumnnya film asal Bollywood juga sempat mendunia, kini tren tontonan dari Korea ini rasanya mampu menggeser dan sejajar dengan tontonan asal Hollywood yang selalu merajai. Padahal, kalau dipikir-pikir bahasa yang digunakan ya bahasa masing-masing, bukan Bahasa Inggris yang digunakan secara internasional.

Fenomena drama Korea yang mendunia akhir-akhir ini bukan tanpa alasan. Kualitasnya memang bagus, tapi ada faktor lain yang membuatnya semakin dikenal, bahkan memiliki basis penggemarnya sendiri di seluruh dunia. Yuk, kita intip apa-apa saja sih alasan dibalik booming-nya drama Korea!

1.Tayang di berbagai aplikasi streaming yang mudah diakses tentu memudahkan drama Korea dikenal di seluruh penjuru dunia

Nonton Drakor dari rumah / Illustration by Hipwee

Kita bisa melihat berbagai serial Korea dengan judul-judul populer seperti Squid Game, Hellbound, hingga Kingdom melalui Netflix, salah satu aplikasi streaming. Ada juga platform lain seperti Viu, iQiyi, dan aplikasi sejenisnya yang menyediakan makin banyak pilihan. Hal ini sangat mudah diakses bagi sebagian besar orang karena hanya perlu mengunduh aplikasi dari rumah dan membayar biaya berlangganan yang dirasa lebih terjangkau daripada harus berulang kali ke bioskop. Setelahnya, kita bisa melihat berbagai drama Korea yang ada di aplikasi streaming tanpa perlu usaha yang berlebihan.

Kemudahan akses ini sangat membantu banyak orang untuk mendapat hiburan, apalagi saat masa pandemi seperti ini. Dilansir dari katadata.co.id, keadaan pandemi membuat durasi streaming terus meningkat, seperti yang terjadi di iQiyi, weTV, Netflix, Viu dan lain sebagainya. Mudahnya mengakses serial drama Korea tersebut tentunya jadi salah satu alasan kenapa kini semua orang bisa tahu berbagai judul drama Korea.

2. Tiap drama biasanya digarap dengan serius, dana yang besar rela dikeluarkan demi sinematografi yang ciamik. Berapa sih memangnya?

Serial drama Korea dikenal dengan sinematografi yang indah dan enak dipandang mata. Tentu ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk menebus semua itu. Apalagi, sekarang drama Korea bukan cuma diproduksi oleh televisi lokal saja, tapi juga produser lain, salah satunya Netflix yang terkenal jor-joran masalah biaya. Seperti contohnya, serial Squid Game yang mendunia semenjak penayangannya September lalu. Dikutip dari Bloomberg, dana yang dikeluarkan mencapai USD21,4 juta (Rp304,4 miliar) untuk sembilan episode. Artinya, per episode dikeluarkan dana hingga USD2,4 juta atau Rp34 miliar.

Tim Dalam Artikel Ini