Kamu: Nia, sorry ya hari ini aku ga enak badan. Jadi nggak bisa nganter kamu ngampus. Mau dipesenin ojek lewat aplikasi hape?

Gebetan: Eh, nggak usah! Ngapain, aku kan ada motor yang biasa kuparkir di depan itu. Istirahat aja.

Kamu: …… Jadi Tiger yang di parkiran itu punya kamu?!

Aku bisa sendiri, mas!

Aku bisa sendiri, mas! via hipwee.com

Zaman sekarang wanita sudah mengalami banyak kemajuan dalam kesetaraan hak. Mulai dari bidang pendidikan, karir dan keahlian dalam masyarakat kita sudah mulai setara antara pria dan wanita. Pemandangan cewek naik motor mungkin sudah gak terlalu asing lagi. Meskipun masih banyak banget pihak yang merasa was-was kalau melihat cewek mengendarai sepeda bermotor sendiri.

Advertisement

“Nanti kalau nggak kuat atau jatuh di jalan gimana?”

“Nanti kalau dijambret gimana?”

“Udah dianter aja, kalau bawa motor sendiri nanti kelayapan!”

Ya, tanpa bisa tutup mata masih banyak pandangan yang meragukan kemampuan cewek dalam mengemudi. Padahal meskipun nampak sepele dan sederhana, keahlian mereka ini memberikan beragam kualitas keren yang membuat mereka pantas jadi gadis idaman lho! Nggak percaya?

1. Dengan mengendarai motor sendiri artinya dia pribadi yang punya visi dan misi yang jelas. Mandiri dalam menjalani hidup, tanpa terlalu tergantung pada siapapun.

graphic3

Dia tidak tergantung orang lain, banyak kegiatan yang mampu dituntaskan sendirian. via mudagrafika.wordpress.com

Cewek pengendara motor tahu jelas arah dan tujuan hidupnya. Dia nggak bergantung atau selalu mengekor pada orang lain. Perhatiin deh, kalau dia perlu ke suatu tempat ya dia akan berangkat dengan niat dan kesadarannya sendiri, nggak perlu nunggu ada atau nggaknya tumpangan kesana dulu. Dia juga udah terbiasa untuk melakoni banyak kegiatan dengan kekuatannya sendiri. Belanja ke pasar, shopping, ketemuan sama teman, ngantor atau ngampus… semua bisa mandiri gak perlu dituntun melulu.

2. Cewek yang mengemudikan motor sendiri juga pemberani. Gak takut ambil resiko dan tantangan demi mencapai tujuan!

cewek lucu balapan

Ilustrasi jenaka: cewek pengendara motor berani dan bernyali! via moregismylife.blogspot.com

Advertisement

Cewek yang kerap naik motor punya mental pemberani dan nggak parnoan. Ya namanya juga jalan raya, yang make nggak cuma kamu saja. Pasti ada waktunya di mana pengguna harus berhadapan dengan resiko jatuh atau kemungkinan kecelakaan (amit-amit semoga nggak kejadian ya!) Tapi alih-alih paranoid dan memilih untuk nggak kemana-mana demi melindungi diri, cewek pengendara motor menghadapi resiko itu dengan besar hati. Selama menuruti aturan lalu lintas dan nggak sembarangan, keselamatan bisa dijamin kok.

3. Dia adalah perempuan yang bisa diandalkan, menjadi pendamping yang nggak hanya melengkapi tapi juga selalu sedia jadi back-up bagi cowok.

Megan_Fox_79

Nggak hanya mendampingi, dia juga bisa menyokongmu saat kamu butuh via jalopnik.com

Si dia yang biasa naik sepeda motor adalah wanita yang gak hanya mampu mendampingi dan melengkapi tapi juga menyokong kamu. Dia mampu diandalkan, nggak cuma bisa meminta perhatian. Dia bisa membantu kamu untuk mempermudah pekerjaanmu. Mengantarkan barangmu yang ketinggalan, membawa titipan, membelikan makan atau obat jika kamu sakit… dia bisa!

4. Biasanya dia juga bukan cewek yang selalu perlu dilayani dan merepotkan. Kamu nggak perlu sering ngeluh karena harus jadi ojek dadakan.

jokis

Kamu mau jadi tukang ojek atau pacar? via kartunmania.com

“Kamu di mana? Katanya mau jemput aku? Cepetan, udah mau hujan nih…” kamu anter sampe rumah tapi nggak pernah disuruh masuk. #eaaaa

Menunjukkan rasa sayang dengan menawarkan tumpangan pada cewek yang kamu sukai itu sah-sah aja. Tapi kalau dia sampai menuntut dan merongrong kamu, pasti jengah juga rasanya. Cewek yang bisa naik motor mengurangi resiko akan ketidaknyamanan tersebut. Dia tidak perlu selalu minta diantar kamu kalau mau mencapai tempat tujuannya. Dia malah bisa ngapelin kamu gantian kalau lagi pengen.

5. Sering menerjang udara terbuka dalam suhu apapun menjadikannya cewek yang tangguh dan kuat. Panas terik, sikat! Dingin hujan, hajar!

funny-cool-girl-riding-motorcycle-helmexggxt

Tangguh, kuat, hebat! via www.riding-motorcycles.com

Panas mentari atau hembusan udara dingin nggak akan menghentikannya begitu saja. Cewek pengendara motor sudah biasa mengarungi kejamnya udara jalanan. Dia sudah digembleng agar kuat menerjang udara terbuka. Semoga dia juga sudah tertempa untuk melalui badai kehidupan bersama kamu ya.

6. Nggak gampang risih dan manja juga merupakan salah satu kelebihannya. Maka nggak salah kalau dia mau prihatin demi kebahagiaan kalian berdua.

Tetep kece

Tetep kece via instagram.com

“Iyuwh, iyuuuwh kalau naik motor kena polusi, asap, debu… Nanti hitam, nanti rambut aku kusam iyuuuwh!” kata siapapun cewek yang bukan lady bikers.

Mereka mengerti bahwa jadi cantik tidak sama dengan jadi rapuh dan manja. Bahwa anggun bukan berarti harus selalu dikurung bagaikan boneka keramik dalam gelas kaca. Perempuan pengendara motor tidak mudah jijik hanya karena alasan yang sepele dan dangkal.

7. Kalian bisa menjadi pasangan yang adil dan seimbang: kamu bisa antar jemput dia, dan dia juga bisa antar jemput kamu. Sungguh simbiosis mutualisme yang indah.

naikxvespa

“Gantian boncengin aku ya beb, aku habis masuk angin…” via www.scootercentral.com.au

Ini kan sudah eranya emansipasi wanita, di mana perempuan mendapatkan hak dan kewajiban yang adil seimbang dengan kaum pria. Ide ini tertuang dalam hubungan kamu dengan cewek yang jago naik motor. Kalau biasanya selama ini dia yang dijemput, diantar atau dibonceng; kamu juga bisa gantian diboncengin sama dia kalau sedang sakit, capek atau nggak bawa motor. Sip! Serasi saling menggenapi!

9. Cewek pengendara motor sering kali sangat gesit. Nggak mau mengalah sama kemacetan jalanan, pintar ambil strategi untuk mencapai sasaran.

6fc5a4ad7114868fceeb245f64228485

Dia adalah tipe wanita yang gesit, cakap dan tangkas! via www.pinterest.com

Dia: Aku sampai sana 20 menit lagi deh.

Kamu: Serius? Ini jam 4, jam pulang kantor lho!

Dia: Ah, kan naik motor sendiri. Percaya deh sama aku…

Meskipun jalanan lagi ramai dan kalau naik kendaraan roda empat bakal makan waktu banyak, cewek yang  naik motor bakal bisa sampai di tempat janjiian relatif tepat waktu. Ya gimana ya, berkendara dengan motor memang membuat mereka jadi lebih gesit dan cepat saat berpergian. Mereka juga jadi lebih cekatan karena mengendarai motor memang butuh koordinasi tubuh yang bagus.

10. Lady bikers rata-rata adalah wanita yang easy going. Gampang diajak jalan-jalan dan menjelajah, senang berkeliling dan berpetualang.

Jiwa petualang via www.socialphy.com

Nggak sedikit dari cewek-cewek yang suka motoran juga senang berkendara dan jalan-jalan. Dia menghargai makna yang bisa diambil dari setiap penjelajahan. Nilai yang bisa dipetik dari setiap petualangan. Dan bisa menikmati keindahan dari sebuah usaha setelah menempuh perjalanan. Buat kamu yang hobi mengeksplor ‘permukaan bumi’, cewek seperti ini adalah pasangan yang serasi.

11. Cewek pengendara motor adalah pribadi yang gak gengsian dalam pergaulan, dia pasti juga kerap berinteraksi dengan tukang tambal ban, tukang bensin, montir… Kadang malah mau belajar sedikit-sedikit lho!

sddefault

Bripda Eka salah satu cewek cantik yang juga bisa tambah ban. via regional.kompas.com

Gak ada yang namanya gengsi berlebih, dia bakal jadi cewek yang membumi. Soalnya dia bakal terlatih berinteraksi dengan orang-orang yang terdiri dari berbagai macam profesi yang berkenaan dengan perawatan kendaraannya. Contohnya montir, tukang bensin, cuci motor, tukang tambal ban… Nggak jarang mereka sedikit-sedikit belajar tentang perawatan kendaraan juga, sehingga bisa nyambung kalau diajak ngobrol buat kamu yang suka sama dunia otomotif.

12. Dia——si Srikandi pengendara motor, bukanlah cewek cemen yang gampang takut tersesat. Beberapa malah udah kenyang kesasar jadi tidak gampang panikan.

sufahira-gadis-penakluk-motor-trail-ke-sekolah-qk8yKVwAqb

Siapa takut kesasar? Setiap jalan yang salah pasti membawa makna dalam perjalanan hidup #tsah via news.okezone.com

Kalau takut kesasar melulu nggak bakal sampai kemana-mana.

Cewek pengendara motor paham akan hal itu; bahwa ketakutan dan kegelisahaan tidak akan menghasilkan apa-apa. Mereka siap mengembara mencari jalan yang benar—jalan yang benar untuk mencapai tempat tujuan mereka maksudnya. Kalaupun masih suka tersesat mereka nggak gampang panik, karena sudah biasa dan toh mereka ditemani sepeda motor yang selalu bisa membawa mereka kembali ke ‘jalan yang benar’.

Oh iya, nggak sedikit juga cewek pengendara motor yang jadi terlatih dalam menentukan orientasi arah karena sering berkendara sendiri. Mereka jadi lebih jago soal navigasi dibanding cewek biasanya.

13. Kalau cewek kamu bisa naik motor, kamu bakal terbebas dari jawaban “terserah” yang suka bikin keki kalau lagi mau jalan berdua!

Makan di rumah aku gimana?”

“Mau ngedate di mana kita malam ini, Beb?”

“Terserah.”

“Mau ke tempat makan dulu atau kafe dulu?”

“Terserah.”

“… Jadi pergi gak sih kita?”

“Terserah.”

Kamu kesel nggak diginiin? Kalau iya, ketika posisimu ditukar jadi dia yang di depan dan kamu yang dibonceng pasti cewekmu juga bakal sama kesalnya. Akhirnya cewek yang biasa mengemudikan sepeda motornya sendiri bakal mengerti betapa menyebalkannya pilihan ‘terserah’ dan sebagian besar bakal menghindari jawaban ‘nggantung seperti itu. Dia bakal punya pilihan dan tujuan yang jelas mau dibawa kemana hubungan rencana kalian berdua.

14. Jujur saja, cewek yang jago mengemudikan sepeda bermotor sendiri kelihatan cool dan keren ‘kan?

yzr-r15

Iya kan? Lady bikers emang cool! via www.yamaha-motor-india.com

Satu lagi yang nggak bisa dipungkiri, cewek yang jago mengendarai motor memang terlihat lebih keren. Cool and chic istilahnya. Mungkin karena gabungan sekian kualitas yang sudah disebutkan di atas tadi. Mereka menguarkan aura mandiri, tangguh dan percaya diri sehingga nampak keren. Apalagi kalau motor yang dia naiki tipe yang cukup jarang dipilih oleh cewek kebanyakan. Semakin mentereng!

Gimana, bener kan kalau cewek yang mahir mengendarai motor itu bukan berarti nggak ada apa-apanya? Berjibun keunggulan ini membuat dia pantas kamu perjuangkan. Jangan sepelekan dia yang jago motoran, bersama dia kalian bisa beriringan menyongsong masa depan yang indah dengan kecepatan tinggi. Semoga dia bisa berboncengan dengan kamu menuju kebahagiaan yang hakiki. Amin.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya