Era 90-an dan awal 2000-an adalah era dimana kita semua masih anak-anak dan nggak pernah mikir soal HP Android terbaru, jumlah temen di Path, atau foto apa yang mau dilempar buat #ThrowbackThursday Instagram. Ya ampun, kita bahkan nggak tahu hashtag itu sebenarnya buat apa. Yang kita pikirin cuma tuker-tukeran loose leaf gambar Westlife atau kartu Dragon Ball.

Tapi era 90-an juga punya produk teknologinya sendiri, lho. Nginget-nginget mereka apa aja mungkin bakal bikin kamu ketawa:

1. Disket

Disket via tomasfotograf.cz

Apa itu Dropbox?

2. Overhead Projector

Advertisement

Catatan guru ditulis di kertas mika, dan disorot ke layar putih khusus. Kadang-kadang ada guru yang nggak ngerti cara pakenya dan ngira layar putihnya itu papan tulis.

3. Gimbot

“BEGO LO!!” “OKE JUGA LO!!”

4. Tamagotchi

Haloooo via reddit.com

Sekarang malah udah jadi app di Google Play.

5. Windows 95

Gaul.

6. Windows 95 (#2)

“Sentuhlah monitor Anda…”

7. Laser Disc

Laser Discs via reddit.com

Sekolahan kamu kalau punya laser disc pasti pecah banget.

8. mIRC

mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Mas Khaled Mardam-Bey dari Yordania. a/s/l pls.

9. Ensiklopedia Encarta

Encarta via www.reddit.com

Sebelum ada Wikipedia, dari sinilah kita tahu banyak hal, dari fakta-fakta aneh nggak berguna sampai sejarah suku Aztec.

10. Discman

Ngedenger Oasis pasti dari sini.

11. Alfalink

Apa itu Google Translate?

12. 0809 – 89 – 4 kali (Telkomnet Instan)

Nomor dial modem Telkomnet Instan ini beredar banget di layar kaca kita gara-gara iklan ice skatingnya. Sambungan internetnya pakai line telepon rumah, jadi kalo kita internetan, rumah kita ga bakal bisa ditelepon. Iklannya sih ngepromosiin sambungan cepet, tapi kadang-kadang buat nge-load satu halaman webpage perlu waktu setengah jam.

13. Pager

Inget nggak waktu kamu naksir cewek di kelasmu dan sayang-sayangan pake bantuan operator pager? Hahaha.

14. Palm Pilot

PalmPilot via commons.wikimedia.org

Ini keren banget. Di saat HP cuma bisa SMS dan nelepon, kamu bisa punya personal digital assistant sendiri, kayak orang penting dan sukses gitu.

15. Nokia 3310

Ada yang masih punya nggak? Pinjem dong, buat main Snake sama Space Impact…….