Di era akses informasi yang mudah seperti sekarang ini. Cara menjadi terkenal seperti memiliki alternatif. Kalau tadinya pengen terkenal harus masuk TV, sekarang kita sama-sama tahu ada jalur lain, yaitu memanfaatkan internet, melalui YouTube.

Dari platform ini, kesempatan siapapun yang pengen jadi terkenal semakin terbuka lebar karena lebih mudah dan murah. Namun, ada satu yang patut kita resahkan. Obsesi pengen jadi terkenal yang dilakukan orang-orang sekarang justru menjurus pada hal-hal yang membahayakan dirinya sendiri, seperti beberapa orang berikut ini. Semoga kisah ini bisa menjadi pelajaran buat kita, ya!

1. Meskipun tujuannya sebagai edukasi sejauh mana dosis sianida yang membahayakan, namun tetap saja minum sianida membahayakan kesehatan diri sendiri

Advertisement

Seorang YouTuber bernama Cody Don nekat membahayakan diri sendiri dengan cara meminum gelas yang penuh dengan sianida. Video berdurasi 5 menit 47 detik yang memperlihatkan adegan dirinya meminum segelas air yang sudah ditaburkan 16 mg sianida. Setelah meminum gelas yang sudah di isi sianida tersebut, yang dirasakan Cody adalah tubuhnya mulai merasa nggak enak, khususnya di bagian kedua tangan dan napasnya yang mulai nggak teratur. Meskipun pada akhirnya Cody nggak meninggal dunia karena dosis sianida yang diminum sangat kecil, namun tetap saja tindakan konyol ini nggak bisa dibenarkan.

2. Demi sebuah tayangan vlognya, pria asal Inggris ini rela menyemen kepalanya sediri dalam sebuah microwave

Seorang YouTuber bernama Jimmy Swingler (22) memasukan kepalanya ke dalam sebuah microwave. yang penuh dengan cairan polyfilla—perekat yang digunakan untuk menambal retakan pada tembok.

“Ini sangat serius, ini bukan lelucon. Jangan coba di rumah,”

Advertisement

Sebelum kepala dimasukan dalam microwave, Swingler mengenakan kantung plastik yang dilengkapi pipa untuk bernapas. Namun tiba-tiba, pipa terhalang dan Swingler pun panik dan berteriak, “Saya akan mati.” Melihat aksi Swingler nggak berjalan sesuai rencana, teman-temannya mencoba menyelamatkannya hingga selama 90 menit, dan itu pun nggak berhasil. Sampai pada akhirnya lima petugas pemadam kebakaran datang dan akhirnya berhasil mengeluarkan kepala Swingler dalam waktu satu jam.

3. Orang ini membahayakan dirinya dengan berendam dalam bak mandi dengan cairan gelatin

Dalam sebuah video dari akun YouTube TGFbro, seorang cowok melakukan aksi gila bersama teman-temannya. Demi sebuah video yang viral, cowok itu rela merendam tubuhnya dengan cairan gelatin yang mampu membuat tubuhnya tertutupi oleh jeli. Nggak hanya itu, berbekal alat bantu pernapasan yang biasa dipakai untuk berenang, ia membuarkan kepalanya terendam berjam-jam di dalam cairan tersebut. Mulai dari cairan itu encer seperti air hingga cairan berubah menjadi kenyal, ia terendam. Anehnya ia dan teman-temannya justru malah tertawa-tawa dengan aksi konyolnya ini. Padahal kesehatannya bisa saja memburuk karena sesak napas atau kedinginan karena berendam selama berjam-jam.

4. Mandi di bak penuh sambal pedas, YouTuber ini kepanasan nggak karuan. Potensi kebutaan juga bisa menyerang loh!

Seorang YouTuber asal Inggris, Cemre Candar, pada 3 Agustus 2016 silam mengunggah video aksi gilanya ‘mandi sambal’. Secara perlahan, ia menuangkan 1250 botol sambal ke dalam bathub. Nggak lama setelah berendam dengan tubuh telanjang dalam bathub, Candar mulai berteriak kepanasan.

”Ya Tuhan, ini sangat menyakitkan!”

Setelah keluar dari bak mandi dan membilas diri, Ia masih merasakan kesakitan di hampir seluruh tubuhnya. Kulit memerah, serasa terbakar dan berdenyut-denyut disertai mati rasa dari sentuhan. Namun, ia tetap enggan ke dokter karena malu menceritakan kelakuan bodohnya ini.

5. Nggak dinyana, aksi YouTuber yang satu ini justru menewaskan pacarnya sendiri. Miris, cuma gara-gara konten sampai kehilangan nyawa

tewas karena konten videonya sendiri via www.facebook.com

Demi mendapat viewers yang banyak di YouTube, Monalisa Perez bersama pacarnya, Pedro Ruiz III membuat video adegan Ruiz ditembak dari jarak dekat dengan penghalang buku tebal di dadanya. Buku tersebut tadinya dikira bakal bisa menghentikan peluru. Namun dugaan mereka meleset. Peluru kaliber 0,5 inci yang dimuntahkan pistol jenis Desert Eagle itu menembus buku dan dada Ruiz sekaligus. Perez kemudian menelepon 911 untuk meminta bantuan. Namun, Ruiz dinyatakan meninggal dunia seketika di lokasi kejadian. Sebelumnya, Perez mengunggah kicauan di Twitter mengatakan keduanya bakal membuat video yang paling berbahaya yang pernah dilakukanya. Ide tersebut dikatakan Perez berasal dari Ruiz sendiri.

Ya, menjadi terkenal rupanya menjadi dambaan bagi semua orang. Aksi-aksi gila kerap kali dicari sebagai ajang sensasi untuk memperoleh banyak subscriber atau yang menyukai. Sungguh dilema, kasus-kasus orang yang pengen terkenal kian hari kian menjurus ke hal-hal yang berujung pada kematian. Mereka justru lebih memilih jalan mencari sensasi untuk terkenal dibanding mengejar prestasi. Yang menjadi pertanyaan adalah, memang harus sampai segitunya, ya,untuk mendapat predikat YouTuber terkenal?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya