Menjadi orang populer saat ini bisa dibilang mudah diwujudkan. Apalagi di era media sosial seperti sekarang ini. Cukup lakukan hal-hal menarik, unik, aneh, atau nekat, lalu unggah ke media sosial, maka kamu berkesempatan untuk jadi terkenal. Meskipun mungkin hanya sesaat.

Tapi itu juga hitungannya untung-untungan. Ada yang sudah sengaja bikin dan mengunggah video atau foto biar viral, tapi gagal. Namun nggak sedikit yang mungkin awalnya hanya untuk lucu-lucuan, tapi respons warganet malah luar biasa hingga dirinya menjadi viral dan terkenal. Seperti bocah yang satu ini.

Sebuah video yang memperlihatkan seorang gadis kecil menirukan percakapan sinetron viral di media sosial

aku tu ya sumpah demi holoh bukan musuh kamu tapi musuh kamu itulah dia akibat kamu . . . . . #kebanyakansinetron #jodohwasiatbapak @dagelan @dagelan_jowo @dagelanjowo @tribunnews @indozone.id @indovidgram @lambe_turah @minang.kocak @9gag @video_bayilucu @viral_spot @viral.banget #dyoerlangga #devianggita #marshabengek #viral #viralvideo @guyonankekinian @jodoh_wasiat_bapak_antv #tribunnews #jakarta #tangerang #depok #bogor #bandung #sumedang #padang #gadihminang @viralvendors @faktanyagoogle @wowfakta @videolucu123 #wrongarea @wrongarea #bekasi #solo #ciledug #kamuharustau #cute #lucu #video #tbt #photooftheday #picoftheday #funny #cute #babyshark @kunkunvidgram @erlanggs @lucu_stress @lucu.abis @videolucu123 @babygaul @video._.lucu @lucu.lun @lucu.gilaa @vidio.lucu @vidio.lucu @thecommentnet_

A post shared by Zihan Fahira (@zihangemesh) on

Advertisement

Mungkin kamu sudah nggak asing sama wajah bocah perempuan yang lucu dan menggemaskan ini. Videonya akhir-akhir ini memang sering muncul di akun-akun humor di Instagram, Facebook, atau bahkan juga Twitter. Adalah Zihan Fahira, bocah berusia 4 tahun ini merekam sendiri aksinya yang menirukan percakapan dalam sinetron. Meski terkadang ucapannya nggak bisa dimengerti, bahkan kalimat yang ia ucapkan sama sekali nggak nyambung, tapi Zihan berhasil menghibur warganet dengan videonya tersebut.

Ternyata, nggak cuma satu video ini saja yang direkam Zihan, tapi ada beberapa. Semua video tersebut diunggah ke akun Instagramnya, @zihangemesh. Bahkan hingga saat ini akunnya sudah punya ribuan followers. Dalam sebuah video, Zihan terlihat paham dengan sinetron yang ditontonnya, dan itu adalah sinetron yang ada percintaan remajanya.

Di balik lucu dan gemasnya bocah ini, ada hal yang lebih penting yang harus kita sadari. Betapa mudahnya hiburan zaman sekarang diserap oleh anak di bawah umur

bahaya laten sinetron via www.instagram.com

Advertisement

Pertama kali melihat Zihan menirukan percakapan sinetron seperti ini memang membuat kita terhibur. Usianya yang masih sangat belia, bahkan belum terlalu fasih berbicara, ia sudah bisa menirukan apa yang dia tonton sehari-hari di rumah. Bahkan mungkin beberapa kalimat yang ia ucapkan sama sekali nggak ia pahami. Justru di sinilah sisi lain yang harus kita sadari. Bagaimana tayangan hiburan sekarang bisa dengan mudahnya ditonton oleh siapa saja.

Tayangan sinetron yang rata-rata ditujukan untuk 17 tahun ke atas karena mengandung problema percintaan juga ikut ditonton oleh anak-anak. Zihan saja contohnya. Kalau bukan dari tayangan televisi, dari mana dia bisa menirukan percakapan yang bahkan ada kalimat, “Kamu tu udah punya istri, tapi masih aja.” Dia juga mengucapkan, “Bukan aku yang cinta sama elu, tapi gue yang cinta sama elu.” Dari kalimat ini jelas saja kalau Zihan belum mengerti, tapi ia sudah bisa menirukannya. Ya, karena di rentang usianya ini, yang bisa Zihan lakukan adalah meniru, apapun yang ia lihat dan ia dengar.

Nggak cuma itu, kelucuan Zihan jadi peluang bagi yang lain untuk dimanfaatkan meski dengan embel-embel hanya untuk lucu-lucuan

Entahlah ini masih bisa disebut sebagai keluguan atau apa. Tapi yang ditakutkan nanti adalah adanya orang-orang yang memanfaatkan popularitas Zihan ini. Misalnya saja muncul video-video mash up yang membuat Zihan seolah-olah sedang berinteraksi dengan pembuat video. Meski dengan menjual embel-embel “bercanda” atau”lucu-lucuan” semata, tetap saja ada keuntungan yang diraup. Belum lagi nanti ketika akun Instagram-nya memiliki puluhan atau ratusan ribu pengikut, dan muncullah yang namanya endorse. Zihan bukan lagi membuat video yang natural dari dirinya sendiri melainkan dibuat untuk “menjual” sesuatu pada publik.

Meski hanya untuk lucu-lucuan dan nggak bisa dimungkiri kita juga terhibur, bukan berarti efek nyata dari tontonan yang nggak sesuai umur seperti ini kita abaikan. Bayangkan saja di usianya yang masih 4 tahun Zihan sudah pintar menirukan percakapan. Jika tetap dibiarkan dan malah dipuji-puji karena kelucuannya, bisa saja sebentar lagi bukan percakapan saja yang dia tiru, tapi juga adegannya. Ironisnya lagi, bisa jadi Zihan merupakan satu dari sekian banyak anak-anak di bawah umur yang telah menjadi korban keganasan sinetron yang mudah sekali terjangkau. Miris, bukan?

Maka dari itu, tetap awasi anak-anak di sekitarmu, ya! Biarkan dia tumbuh selayaknya anak-anak biasa, bukan anak-anak yang tumbuh karena tontonan yang nggak sesuai umurnya. Jauhkan anak-anak dari bahaya laten tontonan yang nggak mendidik!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya