Selain nunggu jodoh, gajian adalah hal lain yang kamu nantikan setiap bulan sekali. Apalagi kalau kamu belum lama bekerja, gajian masih dua minggu lagi pun sudah nggak sabar menunggu. Makanya, saat gaji sudah turun kamu nggak sabar mau makan-makan enak, nongkrong sama teman-teman, atau beli ini-itu yang sudah diinginkan sejak lama. Sayangnya, gara-gara ada teman yang belum gajian kamu harus jaga hati mereka biar nggak iri atau sedih.

Demi pertemananmu yang tetap harmonis dan rukun selalu, adanya keinginan untuk foya-foya sejenak harus kamu tahan. Paling nggak, cobalah bayangkan jika kamu ada di posisi mereka, tentu hati teriris perih melihat teman ada yang sudah gajian. Biar kamu nggak salah bersikap, simak enam cara berikut ini kalau sudah gajian, tapi temanmu masih gadoin mi instan. Cekidot!

1. Kamu bisa pamer secara halus, kayak jajanin jus atau makan siang di kantin. Lumayan bikin teman senang~

jajanin jus via unsplash.com

Advertisement

Menahan nafsu makan-makan enak memang nggak gampang, apalagi kalau sudah gajian. Saat mau makan enak, tapi teman ada yang belum gajian. Gatel juga sih pengen pamer secara halus ke mereka, namun nggak tahu caranya. Padahal, gampang banget caranya, yaitu kamu bisa jajanin jus atau makan siang di kantin. Tanpa disadari kamu sudah pamer secara halus ke mereka sambil bikin mereka senang. šŸ˜€

2. Daripada bete nggak ada yang menemani belanja, beli barang via onlineĀ Ā saja. Lebih sopan, transaksinya gampang, dan nggak akan ketahuan oleh teman

belanja via online saja via unsplash.com

Biasanya, hari-hari yang lagi bete sebelum gajian yaitu mencatat apa saja yang pengen kamu beli nanti. Karena teman belum gajian, lebih baik kamu pergi belanja sendiri biar teman nggak bete saat menemani belanja. Atau kamu bisa beli barang yang diinginkan lewatĀ online shopĀ yang jauh lebih sopan karena nggak ketahuan bagi teman yang belum gajian, dan transaksinya pun gampang.

3.Ā Mentang-mentang sudah gajian kamu dilarang kalap! Makanya, sering-sering kumpul sama teman yang belum gajian biar kamu bisa hemat

sering kumpul sama mereka via unsplash.com

Salah satu hal yang dikhawatirkan terjadi kalau baru terima gaji yaitu kamu kalap mau beli ini dan itu. Baru lihat baju-baju lucu atau aksesori motor terbaru saja kamu sudah pengen beli, meski sebulan lalu sudah punya yang baru. Biar keuanganmu terjaga dengan baik, coba sering-sering kumpul sama teman yang belum gajian. Dengan kumpul bareng mereka, kamu jadi bisa lebih hemat karena nongkrongnya di tempat murah dan mengenyangkan. Hehe.

4. Coba jangan memaksa teman untuk menemani kamu jalan. Ngertiin mereka, ya, plis! šŸ™

jalan-jalan sendiri dulu saja, ya via unsplash.com

Advertisement

Sebagai bagian dari generasiĀ millenials, hampir setiap hari kamu bakal buka media sosial. Melihat teman-temanĀ atau paraĀ influencerĀ yang asyik banget jalan-jalan ke sana-sini bikin kamu pengen keliling tempat keren kayak mereka. Kalau sudah begini, kamu secara tiba-tiba memaksa teman agar mereka mau menemani kamu jalan-jalan. Padahal, gaji belum mereka terima. Untuk itu, coba jangan memaksa mereka, ya, dan ngertiin mereka. šŸ™‚

5. Tahan dulu nonton bioskopnya. Isi hobi nonton filmnya lewat streaming dulu, ya!

streaming film via unsplash.com

Punya hobi nonton? Apapun film yang sedang diputar di bioskop pasti pengen kamu tonton, meski bukan jenis film yang kamu suka sekalipun. Karena nonton sendirian nggak enak, lalu mau ajak teman pun mereka belum gajian, ujung-ujungnya kamu bete seharian. Untuk itu kamu bisa isi hobi nonton filmnya lewatĀ streamingĀ dulu saja, ya. Cuma modal cariĀ wi-fiĀ gratis, film apapun yang kamu suka bisa kamu nonton sampai puas dan berkali-kali. Camilannya pun bisa beli gorengan murah, benar nggak? šŸ˜€

6. Gatel pengenĀ update stories seru-seruan sama pacar? Daripada ke kencan di tempat fancy yang mahal, mending main ke rumahnya terus masak bareng

update stories ini saja via relationships.femalefirst.co.uk

Nggak cuma menjaga hati teman yang belum gajian di dunia nyata, tapi dunia maya juga. Semisal kamu coba cari kegiatan lain yang nggak memperlihatkan kayak gimana makmurnya kamu kalau sudah gajian lewat medsos. Kamu bisa mengalihkan kencan mahal di tempatĀ fancyĀ bareng pacar dengan masak-masak bareng. Selain bikin keuangan kamu lebih hemat, hati teman yang lihatĀ update storiesĀ kamu meski mereka belum gajian pun nggak merasa ngenes banget.

Bercengkrama bareng teman itu memang salah satu keseruan yang bikin kamu senang seketika. Makanya, kamu harus bisa menjaga hati mereka supaya nggak iri atau sedih karena belum gajian. Yang belum gajian, mana suaranyaaaa?? šŸ˜€

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya