Agus: Eh, kamu pernah makan di sini nggak? Kalo dilihat dari instagram-nya kayaknya sih enak.

Budi: Belum pernah. Iya, enak kayaknya.

*lalu, percakapan berakhir.*

Obrolan yang selalu diselingi dengan kata “kayaknya” pasti sudah sering kita dengar. Atau mungkin kamu salah satu orang yang hobi pakai kata “kayaknya”. Nggak jarang gara-gara sering pakai kata “kayaknya”, pembicaraan harus berakhir dengan nggak mulus.

Advertisement

Kata ini menyiratkan banyak makna, tapi entah kenapa kadang kalo kata ini udah terlontar, pembicaraan akan terhenti dengan perlahan. Untuk membongkar misteri dari kata ini, Hipwee sudah merangkum beberapa makna tersirat yang kerap kali terjadi dalam keseharianmu dan kamu perlu tau, guys.

1. Mungkin aja dia emang pernah tau berita itu, tapi nggak yakin juga sih. No comment deh, kayak selebritis.

Kayaknya...

Kayaknya… via twitter.com

Eh tau nggak, katanya Adit sama Putri udah pacaran?

Serius? Hmm.. Kayaknya sih ya.

Waktu kamu lagi ngobrol sama temanmu dan dia menjawab dengan kata kayaknya, mungkin kamu akan dibuat males buat membuka obrolan baru dengannya. Jangan buru-buru, mending kamu perhatikan dari nadanya. Kalau
dia membubuhkan beberapa patah kata sebelum kayaknya, itu artinya dia emang tertarik sama obrolanmu.

Advertisement

Tapi, nggak semua orang serba tau tentang info terbaru di sekitarnya, kan. Mungkin saja dia pernah denger kabar tentang itu, tapi dia nggak tau tentang info jelasnya gimana. Jadi, daripada salah ngomong, mending ngomong ‘kayaknya’ aja.

2. Sebenernya dia nggak tau. Biar keliatan kayak tau aja, makanya dia bilang cuma kayaknya.

Sok yes!

Sok yes! via tumblr.com

Kamu sama temenmu mau makan dan cari referensi dari media sosial dan blog. Lalu kamu menanyakan pendapat padanya….

Eh, pernah makan di kafe A itu nggak? Makanannya enak nggak?

Oh iya, kayaknya enak tuh! *nada sok tahu*

Dari percakapan di atas, bisa kamu bayangin kalo dia yang bilang ‘kayaknya’ ini keliatan antusias. Tapi, bisa jadi dia itu nggak tau apa-apa, pingin dikira tau kali ya. Bahkan, dia nggak penasaran tentang makanan apa yang enak dan lokasi kafenya. Dia mah nggak tau apa-apa, cuma ‘iya iya’ aja biar keliatan update aja.

3. Aku nggak tau, tapi lagi males ngomong aja. Sekali-sekali pake ‘kayaknya’ aja deh biar bervariasi.

Saya tidak tau

Saya tidak tau via buzzfeed.com

Ada juga orang yang nggak tau tentang topik, tapi lagi males ngomong aja. Jadi dia cari kosa kata lain, yaitu ‘mungkin’ atau ‘kayaknya’, biar diksimu lebih berwarna. Padahal kalo dinalar,  nggak tau dan kayaknya sebenernya artinya berseberangan ya, guys.

4. Atau sebaliknya, aku tau sih sebenernya tapi biar keliatan nggak ngerti aja. Kayak orang innocent gitu

Ho'oh.

iya aja deh via www.upsocl.com

Ya ampun, Dion cakep banget ya.

Hmmm. Kayaknya sih. Dari jauh

*itu tetangga gue keleus*

Tipikal orang yang sebenernya serba tau tentang apa aja tapi males berbagi ke orang lain? Ada, dan akan selalu hadir eksistensinya di sekitar kamu. Tapi, dia lagi nggak mood buat ngobrol dan berbagi cerita aja kali ya. Mungkin aja menurutnya ada informasi yang nggak terlalu penting buat dibahas.

5. “Berisik deh tanya-tanya terus. Tugas segunung belum kelar. Please, sudahi perbincangan ini.”

Eh, kamu bukannya tinggal di Bali ya? Aku pernah ke pantai keren itu tau. Ya ampun tempatnya bagus banget. OMG. Kamu udah pernah makan di sana? Katanya enak lho, aku belum coba kemaren nggak sempet.

Kayaknya bagus tuh.

Dalam bati bergumam, “Gila, nih anak ngajak omong mulu, nggak liat apa tugas sama kerjaan lagi numpuk gini. Biar dia nggak tersinggung, bilang kayaknya aja deh,”

Jika respon temenmu saat diajak ngobrol adalah singkat, padat, dan mengandung ‘kayaknya’, kemungkinan besar dia lagi ga mau diganggu aja. Dia cuma pingin tugas dan kerjaannya selesai.  Dia ingin segera mengakhiri pembicaraan tanpa menyinggung perasaanmu.

6. Dia lagi me time dan nggak pingin diganggu . ‘Kayaknya’-in aja deh, biar cepet.

Saat dia lagi enak-enak tidur dan di tengah kesibukan me time, eh dibangunin sama temen kosan.

Eh, di sini mati lampu? Di kampus tadi mati soalnya

Iya kayaknya.

*Padahal lampu kosan kamu lagi nyala*

Memang ada orang yang tanya pada di saat yang nggak tepat. Nggak usah jauh-jauh, biasanya sih orang yang ada di sekitar kamu. Kamu pingin istirahat dan me time, selalu ada aja yang gangguin. Salah satu cara tercepatnya adalah…. pakai jurus ‘kayaknya’.

7. Terkadang, ‘kayaknya’ adalah kata yang pas buat mendiskripsikan kalo dia lagi mempertimbangkan sesuatu, bisa jadi bener atau salah.

Akhirnya jadi diskusi

Akhirnya jadi diskusi via jcrew.tumblr.com

Mendingan ke sini atau situ?

Hmmm…. kayaknya, mending ke sini aja deh. Lebih oke aja keliatannya.

Nah, ada juga nih orang yang bilang ‘mungkin’ atau ‘kayaknya’ yang sebenernya nggak ingin buat mengakhiri perbincangan denganmu. Sebenernya dia sedang berpikir dan mempertimbangkan untuk dapet hasil yang memuaskan. Dia pun nantinya akan menanyakan tentang opinimu. Berbahagialah kalo ‘ternyata’-nya dia adalah bertujuan baik.

Jadi kayaknya kamu sering ngalamin yang mana, guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya