Memangnya cuma wanita saja yang bisa punya besties?

Pria juga tak mau kalah, dong. Kendati selalu mengumbar tampang yang cool dan penuh tanggung jawab, nyatanya pria juga butuh sahabat untuk berbagi rasa dan cerita. Sensasi persahabatan yang dialami oleh pria jelas berbeda dengan persahabatan ala wanita.

Kalau kamu punya seorang sahabat pria yang akrab sekali denganmu, kemungkinan kamu dan dia sedang mengalami bromance lho, bro.

Kenali dulu apa itu bromance?

Belum “lelaki banget” kalau belum punya sahabat setia. via Premiere.fr

Bromance adalah istilah yang digunakan untuk menyebut persahabatan antara 2 lelaki. Kata bromance sendiri berasal dari kata brother dan romance. Ups, kata romance bukan berarti menggambarkan hubungan asmara antar pria lho, ya.

Advertisement

Melainkan lebih merujuk pada hubungan persahabatan yang sangat akrab, bahkan mungkin lebih akrab daripada sesama saudara kandung.

1. Awalnya, (terkadang) bromance hadir karena kedua cowok sama-sama jomblo…

Siapa sangka kesamaan nasib jadi pemersatu. via Trulyheart.com

Tidak jarang hubungan bromance itu terjalin karena kamu dan sahabatmu itu sama-sama jomblo. Tak ingin menyerahkan takdir hidup pada kesendirian yang membuatmu sepi akhirnya mendekatkan kamu dengan sahabatmu.

Mulanya biasa saja. Hanya nongkrong dan ngobrol biasa. Namun siapa sangka selanjutnya kalian makin akrab dan terbiasa untuk saling memahami satu sama lain. Ciyeh.

2. TAPI, Bromance tetap berlanjut walaupun masing-masing cowok sudah dapat pacar. Punya pasangan bukan berarti persahabatan putus ‘kan?

Berbagi waktu dengan sahabat dan pasangan sungguh menyenangkan. via Instylebuzz.com

Punya pasangan bukan berarti akhir bagi hubungan bromance. Pasanganmu juga pasti paham kok kalau kamu punya sahabat sepenanggungan yang akrabnya sudah mendarah daging. Memiliki kekasih pujaan hati sepatutnya tak lantas membuatmu lupa dengan sahabatmu yang masih jomblo, ya. Perkenalkan saja dia dengan teman-teman pacarmu. Siapa tahu ada yang nyantol di hati, kan?

Kalau kedua pria bromance sudah punya pasangan, ide untuk bikin double date juga menarik lho.

3. Sedihnya, mereka sering disangka sebagai pasangan gay…

Walau nyentrik, kalau lihat wanita tetap tertarik. via Pinterest.com

Kuliah duduk bareng-bareng, nge-gym bareng, nongkrong bareng, terus jomblo, kalian ini sebenarnya pasangan gay, ya?

Ups, bukan berarti keseringan bareng-bareng itu indikasi kalau bromance adalah pasangan gay lho. Bisa saja kalau si pasangan bromance memang sedang menikmati masa-masa jomblo sambil gila-gilaan bersama sahabatnya. Bukankah nanti kalau sudah punya pacar pasti main barengnya jadi tidak sesering dulu?

4. Hal yang bikin kagum adalah: cowok itu kelihatan cuek dan satu sama lain, namun tetap aja peduli jauh di lubuk hati.

Selalu ada hati untuk berbagi dengan sahabat sejati. via Blog.timbuk2.com

Persahabatan antar pria itu beda jauh dengan wanita. Tak ada acara beli baju bareng, menghibur salah satu yang sedang galau, atau meminjamkan uang secara sukarela. Semua mengalir begitu saja sehingga sering tak tampak seperti sahabat.

Bro 1: “Bro, gue pinjem duit, dong. Bapak blom kirim transferan,nih.”

Bro 2: “Lahh gue juga gak ada duit, Panjul. Nanti kalo lo pinjem duit gue, gue makan apaan?”

Bro 1: “Itu sih derita lo, bodo amat mau makan apa kek.”

Bro 2: “Yee nyolot nih si Panjul. Udah kalo nanti laper makan aja tuh stok mie instan gue di laci.”

5. Mereka sudah tahu kejelekan masing-masing dan sering jorok bersama…

Ada saja kelakuan aneh yang mempererat persahabatan. via Geekinsider.com

Para pria biasanya dikenal tidak seapik wanita dalam hal kebersihan. Tetapi hal ini yang justru ampuh menguatkan persahabatan di antara mereka. Hampir tak ada keraguan untuk mengenali kejelekan masing-masing. Dan tentang kelakukan jorok sehari-hari, tentu saja pasangan bromance ini ahlinya.

Bro A: “Bro, sabun mandinya tadi udah lo pake?”

Bro B: “Ya pakelah, kan gue abis mandi, nih. Emang kenapa?”

Bro A: “Kemarin sabunnya nyemplung ke dalem WC, Bo. Trus gue pungut lagi.”

Bro B: “Wahh rese lo. Tapi gak apa-apa lah. Sikat gigi lo juga kemaren gue pake buat ngebunuh kelabang yang ada di kamar mandi.”

6. Usil dan sering bolos bareng! Moto mereka: “Gak Ada Lo Gak Rame!”

Begini nih ekspresinya setelah berhasil berlaku usil. via Heart.co.uk

Ini nih yang bikin pasangan bromance makin kompak dari hari ke hari. Urusan usil dan bolos bareng pasti tidak lepas dari keseharian si bromance. Nongkrong-nongkrong iseng waktu bolos makin lengkap kalau dilakukan bersama sahabatmu. Soal keusilan-keusilan pada teman lainnya, kamu dan sahabatmu juga jagonya.

7. Ketika momen itu datang, peristiwa kehilangan itu adalah sesuatu yang amat berat

Terima kasih untuk pelajaran tentang persahabatan, Bro. via Tribunnews.com

Bromance tidak pernah mengatakan kalau hubungan itu adalah persahabatan. Namun aktivitas bersama yang sudah dilakukan bertahun-tahun tentu sudah jadi bukti sahihnya. Ketika pasangan bromance harus berpisah karena salah satunya kuliah, bekerja di luar negeri, atau bahkan meninggal, sudah pasti sahabaatnya merasa amat kehilangan.

Ungkapan kehilangan itu tidak ditampilkan secara terang-terangan. Tetapi bukan mustahil sang sahabat yang kehilangan sering merenung dan mengenang kebersamaan yang pernah dilalui. Memori akan persahabatan antar pria itu akan terus membekas dan jadi pengalaman berharga dalam menjalani hidup di masa depan.

Karena pria sejatinya diciptakan sebagai sosok yang kuat, tak berarti ia tak butuh sahabat dalam menjalani hidup. Tak ada anugerah yang lebih berharga di dunia ini selain sosok sahabat yang setia mengisi hari-harimu. Indahnya hubungan bromance telah dan akan terus mewarnai kehidupan para pria-pria hebat di dunia.

Apakah kamu salah satu di antara sekian banyak pria hebat tersebut?