Ketika usia sudah nggak terlalu muda dan nggak begitu tua, biasanya tiap orang mulai merasakan beragam kegalauan. Salah satu yang paling sering muncul yaitu galau antara mau nikah atau lanjut kuliah. Cita-cita bisa menempuh pendidikan tinggi menjadi angan yang harus terealisasi. Tapi kalau kuliah terus, nikahnya kapan dong?

Problematika seperti itu memang ada di mana-mana, begitu pun dengan cerita dalam sebuah film. Kisah yang diangkat ke layar lebar juga banyak mengambil tema tentang kerisauan kamu yang pengen nikah atau lanjut kuliah. Setelah menontonnya, kamu akan berpikir untuk pertimbangkan baik-baik karena nikah dan lanjut kuliah nggak segampang kayak saat cari jalan lewat aplikasi maps

1. Film biopik Habibie & Ainun bercerita mengenai kisah mantan Presiden Indonesia sewaktu muda saat pengen lanjut kuliah dan memulai hidup baru dengan seorang pendamping

Habibie & Ainun via id.bookmyshow.com

Advertisement

Buat kamu yang suka nonton film biopik, nggak ada salahnya Habibie & Ainun menjadi tontonan wajib di akhir pekan. Film ini bukan hanya menarik dari para pemain, tapi juga kisahnya karena ada berbagai hal yang bisa kamu petik. Semisal bagaimana cara Habibie memutuskan pilihannya untuk menikahi Ainun ketika masih harus lanjut kuliah di Jerman.

Selama menonton, kamu akan diperlihatkan beragam pandangan tentang pernikahan dan kuliah. Terutama kalau kamu berniat kuliah dan kerja di luar negeri bareng pasangan. Ada beragam hal yang perlu dipertimbangkan—nggak sekadar berkas-berkas lengkap yang diperlukan, tapi juga kesiapan mental hidup bersama pasangan baru dan di tempat yang baru pula.

2. Melihat serunya kuliah di luar negeri ditemani pasangan hidup bikin kamu pengen segera nikah dan sambil kuliah, seperti yang terlihat dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa

99 Cahaya di Langit Eropa via www.muvila.com

Film dengan berlatar belakang keindahan negeri di Eropa selalu sukses bikin betah para penonton. Kamu akan dimanjakan berbagai arsitektur bangunan Eropa yang begitu indah dan megah. Ditambah lagi, kisahnya yang menarik seperti dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa. Film ini bercerita tentang pasangan suami (Rangga Almahendra) dan istri (Hanum Rais) menemukan perjalanan agama Islam di Eropa. Hubungan mereka pun kerap kali disertai berbagai ujian, semisal dari teman kuliah Rangga yang bikin cemburu Hanum. Selain itu, cobaan pun muncul dari lingkungan sekitar mereka, berupa orang-orang yang sulit menerima kehadiran pasangan ini sebagai orang Muslim.

Advertisement

Melihat keseruan Rangga saat menjalani hari-harinya sebagai mahasiswa bikin kamu gregetan pengen segera kuliah lagi. Di sisi lain, kamu juga pengen nikah agar saat pusing kuliah ada yang menenangkan. Kalau pengen disegerakan keduanya nggak masalah, namun kamu harus pikirkan secara matang. Karena menjalani hidup kuliah dan nikah bersamaan sesungguhnya banyak cobaan seperti yang dialami Rangga dan Hanum. Kamu harus persiapkan banyak hal sebelum memutuskan.

3. Bulan Terbelah di Langit Amerika merupakan lanjutan dari kisah Rangga dan Hanum hidup di luar negeri. Tekanan pekerjaan dan kuliah di luar negeri menjadi salah satu penyebab hadirnya masalah baru

Bulan Terbelah di Langit Amerika via www.muvila.com

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika mengisahkan perjalanan Rangga dan Hanum selama hidup di luar negeri. Selama menonton kamu akan diperlihatkan bagaimana emosi yang begitu kuat dari pasangan ini. Salah satunya saat mereka kerap berseteru tentang tugas kuliah dan pekerjaan yang harus diselesaikan masing-masing. Meski sama-sama berada di Amerika Serikat, mereka disibukkan dengan kegiatan sendiri. Saat Rangga ikut sebuah konferensi, sedangkan sang istri sebagai jurnalis yang sibuk mencari narasumber untuk diwawancarai.

Well, film Bulan Terbelah di Langit Amerika membuatmu punya gambaran jika saat menikah nanti kamu dan pasangan akan punya kesibukan masing-masing. Keharmonisan seakan-akan berkurang dan cukup menjadi polemik besar dalam perjalanan hidup nanti. Sudah punya solusinya?

4. Nggak cuma Eropa dan Amerika, tapi latar belakang cerita dalam film Ayat-ayat Cinta tentang mahasiswa kuliah di Mesir cukup berkesan. Apalagi saat tokoh utamanya menikah dan menghadapi banyak cobaan

Ayat-ayat Cinta via beritapetang.com

Selain Eropa dan Amerika Serikat, negara yang sering menjadi latar belakang cerita film yaitu Mesir. Seperti dalam film Ayat-Ayat Cinta yang mengisahkan tentang seorang mahasiswa Al-Azhar Kairo asal Indonesia bernama Fahri. Dalam film tersebut diceritakan tentang kehidupan Fahri yang begitu sederhana sambil berjualan agar mencukupi kebutuhannya di Mesir sehari-hari. Menjadi seorang mahasiswa di Mesir ternyata nggak semudah dibayangkan. Fahri pun menjadi mahasiswa angkatan tua dan mendapat tekanan dari pihak keluarga yang pengen dirinya cepat lulus dan kembali ke Indonesia. Masalah pun muncul lagi saat dirinya menikah dan menghadapi berbagai persoalan dengan lingkungannya di Mesir.

5. Punya cita-cita menempuh pendidikan tinggi, walau uang pas-pasan, bukan halangan bagi Merry Riana. Cerita hidupnya dalam menjalani hari menjelajah Singapura seorang diri tergambar dalam Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar via www.dictio.id

Kisah nyata penuh inspiratif yang diangkat ke layar lebar yaitu Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar sukses membuatmu semangat untuk lanjut kuliah. Perjuangan Merry Riana yang mencoba peruntungan seorang diri di Singapura dengan peraturan yang begitu ketat dan uang pas-pasan, bikin kamu merasakan perjuangan kerasnya. Semisal cara yang dilakukan Merry Riana dalam berusaha bisa diterima kuliah di universitas bergengsi dan mencari kontak kenalannya. Kamu juga bisa melihat bagaimana kerja keras Merry Riana dalam membiayai hidup sehari-hari lewat kerja serabutan.

6. Film The Theory of Everything membuatmu belajar banyak dari kisahnya. Nggak cuma soal pernikahan, tapi juga bagaimana tetap semangat untuk hidup dan merealisasikan cita-cita

The Theory of Everything via sanfrancisco.cbslocal.com

The Theory of Everything bercerita tentang kisah perjalanan kehidupan fisikawan terkenal dunia—Stephen Hawking sejak kuliah di Cambridge hingga menderita penyakit yang melumpuhkan anggota tubuhnya. Di sisi lain, terdapat juga kisah perjuangan cinta dengan istrinya bernama Jane Wilde, yang cintanya bersemi sejak masih kuliah di Cambridge. Wilde tetap setia mendampingi Hawking dengan segala kekurangan yang dimiliki. Hingga suatu saat dirinya dianggap berselingkuh dan Hawking pun kesehatannya makin menurun. Meski begitu, saat bercerai pun Hawking tetap memilihnya untuk menjadi sosok yang menemaninya saat menerima penghargaan dari Ratu Elizabeth II.

Padahal saat itu Wilde sudah menikah dengan Jonathan yang dulu dianggap sebagai selingkuhannya. Dari kisah ini kamu bisa memahami kalau pernikahan yang semula berisi kesetiaan dengan segala kekurangan yang pasangan miliki, ternyata bisa pupus juga.

7. Peliknya dunia kampus dan bagaimana cara mengatasinya, bisa kamu rasakan lewat film 3 IdiotsUsaha keras yang dilakukan 3 mahasiswa dalam mengubah sistem dan peraturan kampus bikin kamu semangat kuliah lagi

3 Idiots via www.pinterest.com

Kisah dunia perkuliahan yang penuh kerja keras tergambar dalam film India berjudul 3 Idiots. Dengan sistem dan peraturan kampus yang begitu keras, ketat, dan kaku yang dibawahi oleh seorang rektor killer. Selama menontonnya, kamu bisa lihat seperti apa kegigihan tiga mahasiwa yang secara bersama mengubah peraturan kampus seperti itu. Jiwamu untuk kuliah lagi pun menjadi menggebu-gebu seketika.

Ketujuh film tersebut membuatmu punya gambaran seperti apa pernikahan kelak. Karena menikah nggak selamanya penuh hal-hal menyenangkan dan nggak jarang banyak kepiluan. Berbagai hal perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah. Begitu pun dengan pilihan untuk lanjut kuliah—yang nggak hanya diisi keseruan bersama teman-teman kampus. Tapi, peraturan kampus, kesiapan biaya, dan cara mengatur waktu pun perlu kamu pikirkan secara matang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya