Kasus korupsi e-KTP yang menyeret nama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 2014-2019 Setya Novanto (Papa) hingga kini masih hangat diperbincangkan. Respons masyarakat terhadap kasus yang sering disebut “drama politik Indonesia” ini beragam. Munculnya berbagai meme tentang peristiwa tertabraknya tiang listrik oleh mobil Fortuner yang ditumpangi Setnov, games nabrak tiang listrik, dan tagar unik yang menyinggung kejadian itu adalah beberapa di antaranya.

Nah, biasanya sebuah drama dilengkapi dengan lagu-lagu yang menjadi soundtrack-nya, kan? Begitu juga dengan drama politik Papa satu ini. Untuk itu, Hipwee Hiburan menyiapkan daftar lagu yang cocok menemani kamu mengikuti drama si Papa. Apa saja, ya? Yuk, simak ulasan berikut dengan santai dan secangkir teh hangat, biar makin asyik. Cekidot!

1. Jalan cerita drama politik yang rumit nggak lepas dari jurus jitu yang digunakan Papa maupun KPK. Tentu saja lagu Tangga berjudul Jurus Terjitu pas jadi theme song-nya

Tangga – Jurus Terjitu via www.kapanlagi.com

Advertisement

Entah harus apa lagi
Harus gimana lagi
Melarikan diri darimu
Adakah jurus terjitu
Tuk yakinkanmu
Bahwa ku tak mau
Lagi bersamamu

Saat kamu mendengarkan lagu ini, kamu akan bertanya-tanya seperti apa rencana Papa dan timnya dalam menghadapi kasus yang semakin kusut ini. Berbagai jurus terjitu dipersiapkan. Senada dengan Papa, KPK pun menyusun cara-cara jitu agar masalah e-KTP ini bisa terungkap. Lagu terbaik!

2. Buat kamu yang penasaran seperti apa rasanya Papa saat baru menerima surat panggilan dari KPK, Kangen dari Dewa 19 bisa menjadi pilihan lagu untuk menemanimu

Dewa 19 – Kangen via www.metrolyrics.com

Kutrima suratmu
T’lah kubaca dan aku mengerti
Betapa merindunya dirimu
akan hadirnya diriku
Di dalam hari-harimu
Bersama lagi

Advertisement

Bagaimana rasanya saat kamu menerima surat dari pacar atau gebetan? Selain deg-degan, kamu pasti akan senang berhari-hari. Tapi, bagaimana kalau terima surat dari KPK, ya? Untuk mengerti dan memahami perasaan Papa, lirik lagu Kangen dari Dewa 19 seperti “Kutrima suratmu, Tlah kubaca dan aku mengerti” sangat pas mewakili.

3. Proses hukum memang masih berjalan. Semoga Papa nggak hilang harapan seperti lagu Berhenti Berharap dari Sheila On 7, ya ~

Sheila On 7 – Berhenti Berharap via hai.grid.id

Aku berhenti berharap
Dan menunggu datang gelap
Sampe nanti suatu saat
Tak ada cinta kudapat

Setiap manusia pasti pernah hilang harapan ketika terbelenggu masalah. Nah, kasus yang menyeret Papa hingga kini memang rumit. Saat ini, hati dan pikiran Papa mungkin sedang kusut sekali lantaran proses hukum berjalan sangat memusingkan. Meski begitu, semoga Papa tetap tegar dan nggak berhenti berharap ya. Well, lirik yang lirih dari Berhenti Berharap milik Sheila On 7 memang pas menjadi soundtrack-nya.

4. Berbagai kritik yang ditujukan kepada Papa bisa saja membuat dirinya resah seperti lagu Dan dari Sheila On 7

Sheila On 7 – Dan via musik.kapanlagi.com

Caci maki saja diriku
Bila itu bisa membuatmu
Kembali bersinar dan berpijar
Seperti dulu kala

Kasus korupsi e-KTP sukses menjadi headline di mana-mana. Nggak heran kalau banyak kritik yang menghampiri Papa. Nah, lagu Dan dari Sheila On 7 bisa menjadi theme song untuk mewakili perasaan Papa sewaktu-waktu.

5. Cinta Ini Membunuhku dari D’Masiv mungkin bisa diganti menjadi Kasus Ini Membunuhku karena nggak kelar-kelar 🙁

D’Masiv – Cinta Ini Membunuhku via dmasivband.com

kau membuat ku berantakan
kau membuat ku tak karuan
kau membuat ku tak berdaya
kau menolakku acuhkan diriku
kau hancurkan aku dengan sikap
mutak sadarkah kau telah menyakitiku
lelah hati ini meyakinkanmucinta ini membunuhku

Kasus korupsi e-KTP sudah lama berjalan dan belum selesai hingga sekarang. Mungkin banyak yang sudah bosan dengan berita yang masih menjadikan hal itu sebagai headline. Untuk itu, lagu dari D’Masiv berjudul Cinta Ini Membunuhku cocok kamu dengarkan saat mengikuti drama politik ini.

6. Lirik lagu Baby Shark mungkin nggak nyambung dengan kasus korupsi e-KTP, tapi  kalau menyinggung masalah infus bayi yang dikenakan Papa saat dirawat setelah kecelakaan, ternyata pas lho!

Pink Fong – Baby Shark via www.youtube.com

Daddy shark doo doo, doo doo doo doo
Daddy shark doo doo, doo doo doo doo
Daddy shark doo doo, doo doo doo doo
Daddy shark

Setelah kecelakaan, Papa dirawat dengan mengenakan infus bayi. Hal tersebut menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh masyarakat. Nah, untuk menanggapi hal tersebut secara santai kamu bisa mendengarkan lagu Baby Shark saat mengikuti berita itu.

7. Nggak ada salahnya coba memahami perasaan Papa ketika dilanda kasus ini bersama keluarganya. Lagu dari Tulus berjudul Pamit memang menjadi andalan

Tulus – Pamit via creativedisc.com

Izinkan aku pergi dulu
Yang berubah hanya
Tak lagi kumilikmu
Kau masih bisa melihatku
Kau harus percaya
Kutetap teman baikmu 

Dalam setiap drama politik, pasti nggak terlepas dari sorotan berita tentang keadaan keluarga yang bersangkutan. Untuk itu, kamu bisa mendengarkan lagu Pamit milik Tulus untuk mengerti perasaan Papa dan keluarganya. Misalnya saja momen Papa ketika sudah menjadi tersangka KPK.

8. Lagu milik Raisa berjudul Melangkah bisa mewakili perasaan Papa selama proses hukum ini berjalan. Benar nggak?

Raisa – Melangkah

Oh, ku tak sendiri
Pancaran sinar mentari
Menemani tiada henti
Oh, dan tak ku sesali
Tlah ku lupakan dirimu
Tak mengapa aku melangkah
Sendiri dapat ku jalani

Proses kasus ini akan dijalani Papa sambil terus melangkah. Jika Papa nggak ada dukungan dari siapapun, yah semoga Papa tegar dan terus melangkah dalam menjalankan proses hukum kasus ini hingga selesai. Nggak tiba-tiba menghilang, apalagi sampai terjadi sesuatu yang membuat heboh masyarakat.

9. Mau tahu seperti apa perasaan para penyidik KPK saat mencari-cari Papa? Coba dengarkan setiap lirik lagu Payung Teduh berjudul Kucari Kamu

Payung Teduh – Kucari Kamu via payungteduh.net

Kucari kamu dalam setiap malam
Dalam bayang masa suram
Kucari kamu dalam setiap langkah
Dalam ragu yang membisu
Kucari kamu dalam setiap ruang
Seperti aku yang menunggu kabar dari angin malam 

Nah, lagu satu ini cocok menjadi soundtrack KPK selama sibuk mencari-cari Papa sewaktu Papa dikabarkan menghilang dari rumahnya. Oleh karena itu, setiap lirik lagu dari Payung Teduh berjudul Kucari Kamu memang paling pas sih. Benar nggak?

Nggak ada salahnya mengikuti kasus Papa sambil mendengarkan sembilan lagu di atas. Kamu nggak lagi pusing menonton maupun membacanya dan bisa sambil santai mendengarkannya. Hehe. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya