Kabar mengejutkan datang dari band folk-pop yang tengah naik daun, Payung Teduh. Istiqamah Djamad atau yang kerap disapa Is mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan. Sang vokalis menyatakan niatnya untuk mundur dari band yang terkenal dengan lagu “Akad” itu.

New episode kali ya, petualangan dengan Payung akan berakhir di 2018, saya yang mundur sih. I will not let the ship collapse. Tetapi mereka tetap berjalan. Maksud gue mereka tetap jalan, tanpa gue.

Advertisement

Terkait hal ini, Payung Teduh nggak lantas bubar begitu saja. Dilansir Kompas.com, “hanya” Is seorang diri saja yang memutuskan untuk mundur, band yang terbentuk pada tahun 2007 itu masih tetap berjalan. Meskipun begitu, sudah barang tentu para fans Payung Teduh tetap khawatir, karena seringkali band yang kehilangan vokalis, ikut menurun performa dan produktifitasnya, sebut saja Kerispatih, Kangen Band, Jamrud, dan sebagainya. Nah, berikut ini Hipwee punya rekomendasi nama-nama yang cocok untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Is nih. Simak, yuk!

1. Sule Sutisna, komedian yang satu jago menirukan banyak tokoh. Penyanyi dangdut Rhoma Irama saja pernah ia tirukan penampilan dan suaranya

Bisa juga niruin suara Is nih. via www.youtube.com

2. Sama halnya dengan temannya, komedian Andre Taulany juga biasa menirukan tokoh. Apalagi dia pernah menjadi vokalis band Stinky

Mantan vokalis juga. via www.youtube.com

3. Kalau Andre dan Sule pandai menirukan tokoh, presenter satu ini bisa menirukan gaya dan suara beberapa vokalis band ternama Indonesia

Gilang Dirga. via showbiz.liputan6.com

4. Bastian Steel, berambut keriting, muda, bisa akting dan pernah menjadi anggota boyband anak-anak sebelum memutuskan bersolo karier. Bagaimana, setuju?

Bastian Steel. via www.tabloidbintang.com

5. Kalau yang ini mungkin nanti lagunya Payung Teduh ada nuansa saxophone dan lirik berbahasa jawa. Jangan salah, suara Sujiwo Tedjo bagus juga, lho!

Kaya akan gagasan dan kosa kata. via www.merdeka.com

6. Setelah bandnya memutuskan untuk vakum, Ananda Badudu mungkin sanggup mengisi kekosongan yang ditinggalkan Is. Jago main gitar dan nyanyi

Gitaris dan vokalis Banda Neira. via www.geegoe.com

7. Lama nggak muncul, boleh jadi Adera bisa kembali ke belantika musik tanah air dengan menjadi vokalis band

Anak dari Penyanyi Ebiet G. Ade. via musik.kapanlagi.com

8. Setali tiga uang, lama nggak kedengaran, boleh jadi Noe Letto bisa memberi nuansa baru Payung Teduh. Jago nulis lirik lagu dan nyanyi!

Anak dari Budayawan, Emha Ainun Nadjib. via www.wikiwand.com

9. Kalau ini sering muncul di TV sebagai solois. Kira-kira bagaimana penampilan Kunto Aji dalam formasi band, ya?

“Sudah Terlalu Lama Sendiri”, makannya ngeband aja, Mas! via www.muvila.com

10. Hanin Dhya, lagu-lagu easy listening khas Payung Teduh mungkin bisa bertambah “syahdu” apabila dibawakan oleh perempuan?

Apalagi doi pernah mengcover lagu Akad. 🙂

11. Galih Fajar, penulis kanal Hubungan Hipwee sekaligus vokalis band indie Jogja “Kopi Basi”. Jago bikin artikel, romantis, sayang sama pacar, dan jago nyanyi, setuju?

Bisa main apa aja, termasuk hati. #Eh via hipwee.com

Tentu sosok Is nggak bisa digantikan begitu saja, namun bukan berarti sudah nggak ada harapan lagi bagi Payung Teduh untuk terus berkarya. Kehilangan sang vokalis sudah barang tentu berdampak besar bagi sebuah band. Beberapa kasus kegagalan band sebelumnya setelah ditinggalkan sang vokalis mungkin membuat para fans Payung Teduh “ketar-ketir”. Namun kamu nggak perlu khawatir akan hal itu, buktinya band Dewa 19 yang pernah berganti vokalis tetap baik-baik saja dan terus melahirkan karya yang berkualitas sama dengan sebelum berganti vokalisnya.

Nama-nama tadi dipilih berdasarkan banyak pertimbangan yang sangat rumit. Kalau menurut kamu, siapa yang kira-kira sangat pantas untuk gantikan keberadaan Is dalam tubuh Payung Teduh? Atau kamu punya jagoan lain?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya