Setiap kisah cinta selalu memiliki akhir. Kalau nggak berakhir jadi manten, jadi mantan. Sayangnya, dari sekian banyak kisah cinta yang kamu jalani, ujung-ujungnya hanya berakhir sebagai mantan. Telah banyak usaha yang kamu lakukan agar kisah cintamu bisa berhasil, eh ujung-ujungnya kandas juga. Tapi, kamu tak pernah putus asa. Kamu tetap mencoba untuk jatuh cinta dan membina hubungan lagi. Dan lagi-lagi berakhir dengan perpisahan. Saking banyaknya kisah cinta yang tak juga berujung di pelaminan, kamu jadi punya banyak mantan. Enggak usah sedih, banyak mantan itu nggak jelek kok! Begini keuntungan yang bisa kamu rasakan karena punya banyak mantan.

1. Banyak mantan membuatmu mengenal banyak orang dengan beragam kepribadian

Paham berbagai macam kepribadian

Paham berbagai macam kepribadian via www.playbuzz.com

Dari si Ina yang cerewet, si Fani yang bersihan, si Cika yang protektif, sampai si Lola yang kecanduan gadget. Kamu sudah mengenal banyak karakter di kehidupan kamu. Dengan begitu, kamu jadi paham bagaimana cara berinteraksi dengan orang yang memiliki karakter serupa. Kamu nggak perlu kaku lagi kalau suatu waktu bertemu dengan orang setipe dengan mantanmu. Kamu sudah tahu omongan seperti apa yang akan membuat kalian jadi nyambung.

2. Berkali-kali putus membuatmu semakin kuat dalam membina hubungan selanjutnya

Terlatih patah hati

Terlatih patah hati via www.pinterest.com

Advertisement

Dari sekian banyak kegagalan hubungan, kamu jadi paham apa yang kurang darimu. Di hubungan selanjutnya, kamu akan lebih siap dengan segala cobaan. Kamu semakin mantang dalam menjalin hubungan. Kamu yakin kalau hubungan yang baru ini akan jauh lebih baik. Ya, meski kamu juga tak yakin akan berhasil atau akan kandas lagi. Setidaknya kamu sudah mencoba yang lebih baik.

3. Kalau gagal lagi, kamu pun sudah piawai untuk bangkit dan move on

gampang move on via www.pexels.com

Putus cinta dari kisah pertama membuatmu sangat terpukul. Putus cinta dari kisah ke dua membuatmu interospeksi diri. Putus cinta dari kisah ketiga membuatmu tahan banting. Awal-awal putus memang masih terasa sakit, tapi nggak sesakit waktu cinta pertama. Putus cinta yang ke tiga, ke empat, ke lima, dan seterusnya, kamu jadi biasa saja. Move on bukan hal yang sulit buatmu. Kamu semakin pasrah dengan jalan cinta yang memang sudah ada yang ngatur. Kamu memiliki keyakinan kalau gagal ya sudah, nanti juga pasti menemukan yang tepat.

4. Kamu juga akan punya banyak kenalan dan relasi baru

Banyak teman

Banyak teman via tumblr.com

Banyak mantan berarti juga banyak kenalan. Minimal, kamu punya kenalan baru dari keluarganya atau teman-temannya. Walaupun hubungan dengan mantan sudah berakhir dan kamu malas berhubungan dengan mantanmu lagi, paling nggak jangan sampai kamu putus kontak dengan teman-teman atau keluarganya. Yang dihapus dari sosial media cukup mantanmu saja, teman-teman dan saudara mantan nggak usah. Biar teman-teman dan saudaranya tahu kalau kamu dan mantan tetap berhubungan baik dan kamu tetap bisa kepo terselubung.

5. Punya banyak barang koleksi pemberian mantan, sehingga museum mantan-mu penuh

Museum mantan

Museum mantan via www.hipwee.com

Advertisement

Semasa pacaran, pasti ada lah hal-hal manis yang dilakukan oleh mantanmu. Hal-hal manis itu seperti hadiah pemberian yang diberikannya padamu. Semakin banyak mantan yang kamu miliki, maka semakin banyak barang pemberian mantan yang bisa dikoleksi. Kamu pun bisa membuat museum mantan di sudut rumahmu agar semakin terkenang. Setiap barang yang diberikan mantan biasanya memiliki cerita atau menggambarkan kepribadian yang memberikannya. Kamu bisa memberi judul yang dramatis di setiap barang yang kamu pajang di museum mantan pribadimu.

6. Setiap mantan punya cerita sendiri dan dari situ kamu bisa mendapat inspirasi untuk berkarya

Semakin kreatif

Semakin kreatif via www.trendcan.com

Sepeti Taylor Swift yang memperoleh inspirasi untuk menulis lagu dari mantan pacarnya, dengan banyak mantan kamu juga bisa menuangkan kreativitasmu. Kamu mungkin memang bukan orang yang pandai membuat lagu seperti Taylor Swift, tapi kamu bisa membuat kreasi lain yang kamu banget. Setiap mantan pasti punya keistimewaan dan kisahnya masing-masing. Kamu bisa membuat blog yang isinya perjalanan kisahmu dari satu mantan ke mantan yang lain.

7. Merasakan berbagai macam drama percintaan membuatmu tampak sebagai ahli, kamu pun bisa buka jasa konsultasi cinta spesialis melupakan mantan

Buka jasa konsultan cinta

Buka jasa konsultan cinta via www.web2carz.com

Teman-temanmu sudah paham kalau berpengalaman dengan masalah drama percintaan. Mereka cukup tahu rekam jejakmu yang telah banyak makan asam garam dengan berbagai masalah percintaan. Dari yang putus karena beda agama, nggak direstuin orang tua, sampai putus karena diselingkuhin, semuanya pernah kamu rasakan. Atas pengalaman cintamu yang beragam itu lah banyak teman yang ingin konsultasi denganmu. Kamu dianggap mumpuni untuk memberikan solusi atas permasalahan mereka karena kamu dianggap pernah mengalami. Bikin kesel sih karena jadinya kamu membuka kisah yang sudah-sudah. Tapi, ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis. Kamu bisa membuka jasa konsultasi percintaan profesional untuk teman-temanmu. Lumayan kan nambah-nambah uang saku.

8. Pada akhirnya, kamu akan paham orang seperti apa yang kamu butuhkan untuk dijadikan sandaran hati selamanya

Pelabuhan terakhir

Pelabuhan terakhir via www.lovethispic.com

Punya banyak mantan bukan berarti kamu playboy atau playgirl. Ini adalah suatu proses dalam hidupmu. Kamu banyak mencoba-coba berinteraksi dengan banyak macam orang. Dengan begitu, kamu jadi tahu pribadi seperti apa yang layak untuk menjadi pendamping terakhirmu. Jangan putus asa jika banyak cinta yang kamu perjuangkan hanya berakhir menjadi mantan. Karena sejatinya ada banyak pelajaran yang telah diberikan mantan padamu.

Lebih baik gagal saat masih penjajakan dari pada saat berumah tangga, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya