Kita semua pasti masih ingat saat Cristiano Ronaldo membawa Portugal menjuarai Euro 2016. Prestasi tersebut jelas menjadi kebanggaan tersendiri bagi Ronaldo. Sebab, Euro 2016 adalah prestasi pertamanya bersama timnas di kancah internasional.

Namun apa yang didapatnya saat ini, jelas, bukan sesuatu yang instan. Lihat jugalah bentuk badannya. Nggak jadi rahasia kalau Ronaldo adalah teladan bagi banyak cowok dalam masalah bentuk badan dan kebugaran. Ia mengaku kesuksesannya saat ini lahir berkat pola hidup dan latihan yang keras. Dikutip dari Eurosports, kali ini Hipwee mau berbagi tips sehat dan bugar ala Ronaldo. Yuk langsung simak!

1. Kekuatan mental adalah hal paling mendasar untuk disiapkan

Siapkan mental baja via as01.epimg.net

Untuk memulai latihanmu, Ronaldo menekankan untuk siapkan mental. Sebab, kekuatan mental itu nggak kalah penting dengan kekuatan fisik. “Belajarlah untuk melatih pikiran sebaik melatih tubuhmu. Kekuatan mental sama pentingnya dengan kekuatan fisik. Itu akan membantu kamu dalam mencapai tujuanmu,” kata Ronaldo.

2. Disiplin itu kunci. Tak ada toleransi untuk menyepelekan

Disiplin kuncinya via as01.epimg.net

Advertisement

Disiplin membuat kita bisa menjaga diri sendiri agar tetap termotivasi. Dan disiplin adalah kunci. Kapten timnas Portugal tersebut berkata, “Bagi saya, ada tak ada waktu untuk menyepelekan latihan. Jadi saya harus bersikap tegas pada diri saya sendiri.”

3. Tulis tujuan dari latihanmu agar tetap terkontrol

Biar terkontrol via zimbio.com

Rasanya nggak cuma soal skripsi doang yang harus jelas tujuannya. Latihan fisik ala Ronaldo pun begitu. Menurutnya, menentukan setiap tujuanmu dalam latihan itu penting. Jadi kalau minggu-minggu awal kamu menentukan untuk menurunkan badan, maka kejarlah itu dengan maksimal. Lalu, kamu bisa fokus pada tujuan-tujuan lainnya dalam latihan fisik.

“Menentukan tujuan akan membantu untuk membuatmu fokus dalam mengejar sesuatu,” ujar Ronaldo.

4. Memang nggak waijb-wajib banget, tapi kata Ronaldo, hal ini bisa banyak membantu

Biar kompetitif via zimbio.com

Jadi, kata Ronaldo, kamu butuh teman yang punya ambisi sama dan punya problem yang sama. Dengan begitu, kamu bisa saling memotivasi.

“Ini cara yang baik. Adanya persaingan akan membantu memotivasi diri sendiri. Selain itu, kalau kamu berlatih dengan seseorang yang punya level sama, maka kalian akan membantu memotivasi satu sama lain.”

5. “Early to sleep, early to wake up.”

Tidur cukup via zimbio.com

Buat kamu yang suka begadang, kalau ingin latihanmu benar-benar maksimal, kamu harus hapus kebiasaan buruk tersebut. Ronaldo mengatakan tidur yang disiplin bisa membantu dalam pemulihan otot.

“Tidur di waktu yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan. Aku pergi tidur lebih awal dan bangun pagi, terutama sebelum pertandingan. Tidur membantu memulihkan otot yang benar-benar penting.”

6. Jangan pernah lupakan pemanasan sebelum dan pendinginan setelah latihan

Pemanasan… via zimbio.com

Pemanasan bisa menjauhkan kamu dari potensi cedera. “Dalam latihan, saya biasanya melakukan beberapa putaran untuk lari kecil, setelah itu peregangan dan pemanasan dengan latihan kardio,” kata Ronaldo.

7. Cobalah mengkombinasikan latihan. Biar kamu nggak bosen

Kombinasikan via zimbio.com

“Saya merekomendasikan kombinasi kardio dan latihan beban untuk memastikan bahwa latihan menargetkan semua area tubuh dan meningkatkan kekuatan dan stamina. Kombinasi ini membantu untuk tetap menyenangkan.”

8. Kalau kamu merasa lebih enteng di latihan berikutnya, maka tambah intensitas latihan

tambah intensitas via zimbio.com

Menambah intensitas latihan itu penting. Pasalnya, itu dapat dengan mudah memompa darah dan meningkatkan stamina. Ronaldo berkata, “Saya selalu berlari lama dalam latihan. Lari dapat kamu lakukan, baik di tempat gym maupun di luar ruangan. Cobalah tambahkan intensitas pada setiap latihan yang kamu lakukan.”

Masih ada beberapa langkah penting dalam diet dari Ronaldo yang harus kamu ikuti. Buka halaman berikutnya untuk melihat langkah lanjutan dari sistem latihan ini.