Pernikahan adalah sebuah hal yang luar biasa rumit. Biasanya di budaya Indonesia, banyak yang disarankan untuk nikah aja dulu, lainnya pikir belakangan. Namun, tentu saja pernikahan tidak semudah itu. Ada banyak “misteri” yang menyelimuti pernikahan. Banyak faktor yang mempengaruhi yang bisa menjadikan sebuah pernikahan sebuah kisah romantis atau kisah horor.

Salah satu “misteri” pernikahan yang, mungkin saja, paling sering dipertanyakan oleh orang-orang adalah kriteria pemilihan. Apa sih yang menjadi parameter pemilihan cowok dan cewek dalam memilih calon pasangan hidup. Banyak artikel atau buku yang membahas hal ini, namun di realitanya, apa sih yang benar-benar cowok dan cewek gunakan sebagai parameter untuk memilih pasangan hidup? Yuk kita simak pembahasannya berikut ini!

Apakah dalam realitanya cinta menjadi salah satu tolok ukur utama dalam memilih pasangan hidup?

Apa sih dasar pilihannya? via yourownlounge.com

Hal ini, mungkin saja, adalah salah satu hal yang paling banyak diperdebatkan. Di satu sisi, sisi orang-orang yang melodramatis, menganggap bahwa cinta adalah hal utama dalam pernikahan. Di sisi lain, orang-orang yang lebih realistis, menyatakan bahwa cinta bukan hal utama atau bahkan tidak penting. Lalu, apakah cinta benar-benar penting dalam pernikahan? Semua manusia pastinya senang bila mampu membangun sebuah mahligai pernihan dengan dasar cinta. Itu seperti mukjizat terakhir umat manusia, menikah dengan orang yang kita cintai dan mencintai kita. Namun pada kanyataanya, tidak semua orang seberuntung itu.

Lalu, Bagaimana dengan orang-orang yang tidak mendapatkan “hadiah” itu dari Tuhan? Mereka harus menikah berdasarkan apa? Dari kondisi ini jelas terlihat bahwa pada kenyataannya, banyak orang yang menikah justru tidak berdasarkan cinta sama sekali. Bagi orang-orang yang

Biasanya perempuan memilih laki-laki yang akan dijadikan pasangannya dengan dasar apa sih?

Advertisement

Cewek cari cowok yang bisa diandalkan via i.huffpost.com

Tentu saja banyak wanita yang memilih pasangan hidupnya dengan dasar cinta. Namun, untuk yang tidak dianugrahi perasaan itu, dengan cara apa sih wanita memilih calon pasangannya. Salah satu dasar utama tentu saja adalah rasa hormat. Para wanita akan mengukur apakah si pria yang dihadapannya bisa dia hormati atau nggak.

Hal lain yang menjadi tolok ukur paling penting adalah apakah si pria bisa diandalkan atau nggak. Bahkan saat seorang cewek jatuh cinta sekalipun, kemampuan si pria untuk bisa diandalkan ini mungkin masih tetap menjadi salah satu kriteria yang paling penting dalam memilih pasangan.

Kalau dari sisi laki-laki, biasanya mereka memilih perempuan dengan dasar apa sih?

Cowok cari cewek yang memberi kenyamanan via i.huffpost.com

Kalau dari sisi laki-laki, sejatinya apa sih yang di inginkan lelaki saat dia mencari seorang istri. Tentu saja jawaban pertamanya adalah semua laki-laki mencari orang yang dia cintai dan sekaligus mencintai dia. Itu jawaban klise yang pastinya semua orang tahu. Tapi, saat ada beberapa orang yang tidak cukup beruntung untuk menemukan itu semua, apa yang bisa dijadikan pertimbangan seorang laki-laki untuk menikah?

Salah satu hal yang sejujurnya dicari oleh hampir semua laki-laki adalah kenyamanan. Seberapapun laki-laki mencintai seorang perempuan pada saat pacaran, mayoritas laki-laki pasti secara normal akan memilih wanita yang lebih membuat nyaman. Biasanya laki-laki berpikir apakah 10 tahun kedepan, setelah menikah, wanita yang dia pilih masih bisa menjadi sahabat terbaiknya atau tidak. Jadi mayoritas laki-laki yang tidak cukup beruntung mempunyai kisah cinta layaknya dongeng akan lebih memilih wanita yang memberikan kenyamanan jangka panjang.

Lai-laki dan perempuan jelas berbeda. Oleh karena itu variabel yang digunakan saat memilih sesuatu tentu saja sangat berbeda. Apa yang sudah dibahas diatas adalah logika dan opini beberapa orang yang mungkin saja bisa mewakili suara mayoritas laki-laki yang memang seringnya tidak pernah didengar suaranya. Kalau menurut pendapat kalian bagaimana?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!