Memang, menjadi dewasa adalah pilihan, tapi menjadi tua itu sebuah kepastian yang nggak bisa ditentang. Setiap orang bisa memutuskan untuk menjadi dewasa semau mereka. Tapi tua adalah masalah umur yang sudah pasti akan bertambah dan nggak bisa diubah. Mulai dari munculnya keriput di sekujur tubuh, rambut yang kian memutih, hingga perubahan sikap dan kebiasaan seseorang.

Nah, menyoal perubahan sikap dan kebiasaan ini, tentu kamu sering banget heran sama kelakuan bapak-bapak yang ada di sekelilingmu. Tapi plis deh, nggak usah terlalu heran begitu, sebab ketika nanti memasuki usia senja, kamu pun akan melakukan hal yang sama. Ya, karena memang hanya itulah yang bisa menjadi hiburan bagi bapak-bapak.

Heran nggak sih, tiap malam bapak-bapak selalu jaga ronda? Padahal besok kerja berangkat pagi loh!

Ronda mulu. via kampungbimasakti.ga

Advertisement

Meski sebenarnya lelah setelah bekerja sepanjang hari, sebagai bapak-bapak, kelak sebisa mungkin kamu akan meluangkan waktu untuk turut jaga ronda bersama teman-teman seangkatanmu. Pun kamu nggak ada jadwal untuk jaga malam itu, tapi kamu tetap saja jalan ke poskamling, barang beberapa menit—biasanya sampai larut sih. Ya, bertemu teman-teman (yang juga bapak-bapak) jadi salah satu hiburan bagi cowok berumur seperti itu. Lagipula, nggak mungkin kan nongkrong sampai larut di kafe begitu?

Hiburan sederhana bapak-bapak kalau lagi di rumah. Setiap waktu disempatin buat ngobrol sama tetangga

Apa saja diobrolin. via www.lds.org

Beruntunglah bagi kalian kelak yang punya rumah berdekatan dengan tetangga. Karena dengan begitu, kamu bisa ngobrol kapanpun bersama tetanggamu. Ya, aktivitas ini juga merupakan salah satu hiburan bagi bapak-bapak, selain jaga ronda tiap malam. Selama dia bisa ngobrol sama tetangga, mereka cukup bahagia dengan hal itu. Sesederhana itu, ya.

Main burung di teras rumah juga jadi hiburan yang hanya dipahami bapak-bapak. Ya, mau main apa lagi coba?

Main burung. via www.aktual.com

Dengan mengenakan sarung dan kaus dalam, serta beberapa kali siulan, bapak-bapak akan merasa sangat terhibur ketika memandang seekor burung dalam sebuah kurungan yang digantung. Mungkin bagi kita yang masih seumur jagung ini akan melihatnya sebagai sebuah rutinitas yang sangat membosankan. Hanya berdiri memandang sebuah kurungan, di mana letak bahagianya coba? Hanya bapak-bapak yang paham akan hal itu. Tapi percayalah, kelak kita akan seperti itu, setiap hari.

Ngopi dan baca koran sebelum berangkat kerja. Kalau kita mah mending selimutan dengan memeluk guling, ya?

Hiburan tiap pagi. via huffingtonpost.com

Advertisement

Di pagi hari, ketika kita masih berkutat dengan mimpi di atas kasur, bapak kita mungkin sudah duduk di teras sembari membaca koran atau apapun, dengan secangkir kopi atau teh di atas meja. Ya, kalau bagi kita sih mending tidur atau nonton TV di ruang tamu, daripada harus duduk di teras sambil baca dan ngopi. Tapi begitulah bapak-bapak, hiburan bagi mereka di pagi hari sebelum berangkat kerja. Kelak kita juga begitu kok.

Jangan paksa bapak-bapak buat rebutan remot denganmu. Karena cuma tayangan berita yang jadi hiburannya

Tiap malam. via huffingtonpost.ca

Pernah nggak sih kamu rebutan remot sama orang tuamu? Kalau ibu jelas, kamu bakal takluk kalau beliau sedang nonton sinetron kesayangannya. Sementara kalau kamu rebutan remot sama ayahmu, jelas juga. Perjuanganmu bakal sia-sia, ketika beliau lagi pengen nonton berita. Mending mengalah deh, sebab tayangan berita selalu menjadi hiburan bagi bapak-bapak. Dan kamu juga harusnya sadar, cuma itu yang bisa menjadi hiburannya kalau sedang berada di ruang keluarga. Lagipula, bapak-bapak cuma nonton TV saat malam tiba, selebihnya kan juga anak-anaknya yang menguasai TV.

Menjadi tua memang menyebalkan, karena akan semakin sedikit hal yang bisa membuatmu terhibur, selain melihat anak-anaknya sukses dan keluarganya bahagia. Segala hobi dan kebiasaan yang dulu begitu mudah untuk didapatkan di masa muda, akan sirna setelah kamu menjadi bapak-bapak. So, nggak usah heran dan kesal kalau bapakmu melakukan beberapa hal di atas ini, ya! Soalnya kelak kamu juga begitu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya