Cuma Masalah Uang 6 Ribu, Sopir Ojek Online Ini Harus Kehilangan Saldo Sebanyak 1 Juta, Malang :(

Menjadi sopir ojek online memang penuh lika-liku. Hingga saat ini, seringkali kita membaca atau mendengar berbagai cerita yang kerap dialami para driver ojek online, mulai dari kisah lucu hingga sedih. Berbagai cerita itu muncul karena memang setiap harinya mereka bertemu banyak pelanggan dengan karakter berbeda-beda. Sampai-sampai beredar akun Twitter yang berisi kumpulan curhatan para driver ojek online dari seluruh Indonesia.

Advertisement

Baru-baru ini salah satu sopir ojek online mengalami kejadian tidak mengenakkan lantaran akunnya harus ditangguhkan (suspended) oleh pihak manajemen dan ia harus rela kehilangan saldo sebesar Rp 1.300.000. Akibatnya, dirinya tidak bisa mengambil orderan alias harus kehilangan pendapatan, hingga waktu yang tidak ditentukan.

Seorang sopir ojek online mengalami kejadian nahas yang membuatnya menjadi pengangguran sementara

Cerita ini disampaikan oleh sesama driver online via twitter.com

Apa yang lebih sedih bagi sopir ojek online dari terkena suspend oleh pihak manajemen? Akun sopir yang ditangguhkan statusnya membuat pemilik akun tidak bisa lagi mengambil orderan atau melakukan aktivitas apapun melalui aplikasi tersebut. Salah satu sopir yang tidak diketahui namanya ini menjadi salah satu contoh dari ribuan sopir ojek online yang pernah terkena suspend. Dirinya mengaku sebelumnya masih memiliki saldo sekitar Rp 1.300.000. Akibat penangguhan tersebut, saldonya tidak bisa ditarik. Padahal menurut pengakuannya, uang tersebut akan ia gunakan untuk biaya pengobatan istrinya 🙁

Kejadian tersebut bukan tanpa alasan. Penangguhan akunnya dikarenakan adanya laporan keluhan dari pelanggan mengenai kinerjanya

Keluhan pelanggan via twitter.com

Ternyata sebelum kejadian tersebut, ia menerima order seperti biasa. Tarifnya juga tidak terlalu mahal. Tertera di total payment, si pelanggan akan membayar cash dengan jumlah tagihan sebesar Rp 14.000. Saat pelanggan sudah sampai di tempat tujuan, ternyata ia menyodorkan uang Rp 20.000 kepada driver. Si sopir mengaku tidak memiliki uang kembalian dan menurut penuturannya ia tidak menemukan warung terdekat di sekitar sana untuk menukar uang pecahan. Alhasil si pelanggan kemudian memutuskan untuk mengikhlaskan uang kembalian tersebut. Keesokan harinya ternyata driver malang itu sudah tidak bisa lagi mengambil orderan lantaran akunnya yang telah ditangguhkan pihak manajemen. Hal itu terjadi lantaran pelanggan yang kemarinnya mengaku mengikhlaskan uang kembalian Rp 6.000 justru memberikan bintang 1 dan komentar cukup pedas pada sopir tersebut.

Advertisement

Memang sih, pelanggan adalah raja, tapi kalau sampai berlaku sesuka hati seperti kejadian di atas keterlaluan juga nggak sih 🙁

Ilustrasi sopir dan pelanggan ojek online via rimanews.com

Sebagai pelanggan, memang sudah menjadi haknya untuk diperlakukan secara baik oleh sopir ojek online. Namun jika melihat peristiwa di atas, apakah memang pantas si pelanggan sampai harus berkomentar buruk yang cenderung memfitnah hingga berujung pada si bapak sopir yang terpaksa kehilangan mata pencahariannya? Atau mungkin si pelanggan tidak menyadari jika keputusannya dapat sangat merugikan si sopir dan keluarganya?

Terlepas dari bagaimana peristiwa ini dinilai, setidaknya kejadian tersebut dapat dijadikan pelajaran baik bagi setiap pelanggan maupun sopir ojek online agar saling bijak dalam memerlakukan satu sama lain.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

272 Comments

  1. Bella Ayu Diana berkata:

    ikhlas yaa ikhlas aja mbak~ bilangnya ikhlas tp ujungnya begitu -_-

  2. Andin Dita berkata:

    Nasib,, mungkin Tuhan mw memberikan pekerjaan lain yg lbih baik. Jd inget dl pnh diputus kontrak sm tmpt krja trs luntang lantung ga ada uang nekad usaha sndiri modal dengkul eeh mpe skrg ga pnah krj sm org lagi hehe 😉

  3. Ini berita bener ngak ..apa cuma buat ngangkat gojek?? Duh jaman canggih klo ngak mau repot uang lebih knp ngak pakai go pay?? Klo uda tahu tarif 14 rb trus kasi uang 20 dan ng ada kembalian knp ng ngotot minta dikembaliin tunggu abangnya cari kembalian. Klo penumpangnya yg mau celakain org pny pekerjaan sungguh hatinya memang kejam.?

  4. Jamal Malik berkata:

    klw masalah uang kembalian, Driver harusnya menyiapkan uang receh jaga jaga. kadang driver nyediainnya 10 rebuan sama 5 rebu, saja. jd pas harus kembali seribu 2 ribu, kagak ada receh bilang nya.

  5. Susan Pasapan berkata:

    iyasih, kadang2 kita emang ga sadar sm pekerjaan orang lain. Mending klo itu kerja sampingannya klo itu satu2nya tempat dia menggantungkan hidupnya ? Bapaknya jg klo dari cerita sopan2 ajah kok, ga munafik saya jg kadang gemes klo naik ojek online trus suka ga ada kembalian tapi itu klo abang2nya nyebelin klo abang2nya baik2 ajah, sopan lah udah rejeki kebaikannya itu mah ya. Kesian si bapak, mudah2an diberkati trus dapat kerjaan yg lebih baik.

  6. Ikha Mulya berkata:

    Katanya ambil aja kmbliannya tp malah ngilangin rizky orang lain .. Yakalo banyak, cm 6000mbak bantu orang apa susahnya .. Kalo ngga ikhlas ya ngotot ajja jgn berasa kasih kasih ngutruknya bikin rizky orang ilang gittu, bantu engga nyusahin malah ..

  7. ihlas nya d mulut doang.itu cuma uang 6000 lho kok yo tega bner

  8. Suciati Savitrie Sukendar

  9. Cuma 6000 doang dpt apa sih.. kebangeten. Sampek nyumpal rejeki orang. Amit amit

CLOSE