5 Drama Ospek 2020 yang Dirasakan oleh Hampir Seluruh Maba di Indonesia. Epic Banget!

Drama ospek 2020

Tahun ini seharusnya menjadi salah satu tahun yang paling dinanti oleh para maba (mahasiswa baru) karena tahun ajaran baru segera dimulai. Layaknya tahun ajaran baru bagi mahasiswa pada umumnya, hal tersebut biasanya diawali dengan kegiatan ospek atau acara pengenalan kampus. Namun apa boleh buat, situasi yang nggak kunjung membaik membuat semua kegiatan di lini pendidikan belum bisa berjalan lancar, begitu pula dengan ospek.

Advertisement

Mau nggak mau, pihak kampus harus mengadakan program pengenalan kampus secara daring alias online. Tentu hal ini bukanlah menjadi sesuatu yang sepele karena tantangannya pun jelas berbeda jauh. Selain karena baru pertama kali menghadapi situasi semacam ini, ospek secara online pun mempunyai berbagai macam kendala, Mulai dari yang serius hingga kocak. Beginilah drama-drama yang dihadapi para maba saat melakukan ospek secara daring.

1. Kantong mata sampai jebol, ospek dari pagi sampai sore harus di depan laptop

Ilustrasi ospek online. via blog.gokampus.com

Nyaris hampir semua maba pasti mengalami keluhan yang satu ini. Coba bayangin gimana rasanya itu mata kalau harus di depan laptop sejak mulai dari pagi hari hingga menjelang matahari terbenam. Inilah yang bikin mahasiswa pengin ospek secara normal. Meskipun kalau ospek secara normal pun keluhannya juga ada-ada aja sih sebenernya. Belum lagi ditambah kita harus dengerin kakak angkatan yang ngomong di depan kamera terus berasa nggak ada capeknya. πŸ™

2. Pas lagi video call ramai-ramai ada aja yang tingkahnya aneh. Mulai dari yang main TikTok sampai ketiduran!

Advertisement

Drama yang satu ini mungkin memang belum pernah kita temui di ospek-ospek sebelumnya. Namanya pertemuan secara daring dan beramai-ramai, pasti kelakuan orang-orangnya juga bermacam-macam. Ospek secara normal di kampus aja kadang ada aja kejadian kocak, apalagi cuma lewat internet. Entah itu yang malah bikin konten TikTok sambil joget-joget nggak karuan, dipanggil tetangganya buat masangin gas di tengah acara, dirusuhin sama adiknya, sampai yang ketiduran di depan kamera. Bahkan, yang bisa fokus dan ikut acara secara antusias mungkin juga bisa dihitung dengan jari. :p

3. Bingung sama tugas yang diberi dari kakak tingkat, soalnya ngasih instruksinya cuma lewat Google Meet

Tugas bikin pusing. via twitter.com

Nah, kalau perkara yang satu ini juga nggak kalah resek dan penuh drama. Terkadang saat ospek kita disuruh ngerjain tugas pun masih bingung dan banyak salahnya di mata kakak tingkat, apalagi kalau instruksinya cuma diberikan lewat media sosial tanpa bertatap muka secara langsung. Hal-hal beginian nih nantinya yang bakal jadi sumber masalah antara maba dengan para senior. Apalagi kalau kamu kebetulan dapat senior yang rewel, suka mencari-cari kesalahan orang lain, sok-sokan, dan kurang kerjaan. Ngrepotin! πŸ™

4. Tugasnya semakin aneh, nggak kayak ospek biasanya

Gimana ceritanya bisa jadi kuyang. :’) via twitter.com

Buat siapa pun yang bilang bahwa ospek tahun ini udah jauh lebih enak daripada ospek biasanya, mungkin dia nggak merasakan secara langsung. Asal pada tahu aja nih, ospek daring ternyata tantangannya lebih beragam. Salah satunya yaitu persoalan yang satu ini. Kalau ospek biasa mungkin kamu cuma disuruh bawa pernak-pernik seperti tali rafia, tas karung, dan lain sebagainya, di ospek kali ini tugasnya semakin aneh. Entah yang disuruh bikin video inilah, rekaman itulah, atau bahkan konten buat media sosial. Coba kalau yang nggak punya alat memadai gimana? Ini yang ngeselin ospeknya atau pandeminya sih?!

Advertisement

5. Kesusahan masang virtual background. Mau kelihatan menarik malah jadi sumber perhatian karena aneh

susahnya ospek online via twitter.com

Hal terakhir yang pasti juga dialami oleh banyak maba di luar sana adalah susahnya memasang virtual background seperti yang udah diinstruksikan oleh panitia ospek. Alih-alih bisa seperti apa yang diharapkan, seringnya malah kacau dan jadi sumber perhatian dari maba lain karena saking anehnya. Belum lagi kalau ternyata yang nggak kelihatan adalah mukanya, padahal maksudnya yang mau dihilangkan adalah temboknya. Kan, ngeselin banget tuh! πŸ™

Pusing sih memang pusing, tapi mau gimana lagi kalau jalannya memang harus seperti ini. Daripada nggak merasakan gimana pengalaman ospek sama sekali, mending begini aja nggak apa-apa sih, meski nyebelin dan bikin emosi. Ospek di tahun ini layak mendapat predikat ospek terdrama sepanjang sejarah.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE