Fenomena Unik di Indonesia yang Bikin Pendatang Luar Negeri Heran Sampai Kagum

Fenomena ini nggak cuma unik bagi bule yang berkunjung ke Indonesia, tapi juga nyeleneh

Baru-baru ini, para pembalap MotoGP tengah berkunjung ke Indonesia untuk melakoni uji coba sirkuti Mandalika. Menariknya adalah banyak dari mereka yang mengungkapkan kekagumannya dengan keindahan alam ataupun fenomena unik Indonesia yang belum pernah mereka lihat sebelumnya melalui akun media sosial mereka masing-masing. Unggahan-unggahan mereka di media sosial sukses membuat warganet Indonesia turut bangga dan ada juga yang salah fokus.

Seperti unggahan Aleix Espargaro, ia mengunggah potret seorang ibu yang memboncengkan empat anak SD sekaligus dengan motor bebek yang standarnya digunakan untuk dua orang saja. Fenomena-fenomena unik ini memang kerap terjadi di Indonesia dan sukses membuat para pendatang dari luar negeri terheran-heran bahkan kagum. Bahkan, masih banyak lagi fenomena unik Indonesia lainnya yang nggak akan pernah pendatang luar negeri lihat di negaranya sendiri.

1. Fenomena ibu-ibu bonceng empat anak sekaligus dalam satu sepeda motor

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik Indonesia, naik motro bonceng 5 | Credit: Twitter

2. Fenomena anak kecil di bawah umur sudah bisa mengendarai sepeda motor juga jadi kejadian unik di Indonesia

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik Indonesia, anak kecil naik motor | Credit: brilio.net

3. Kalau fenomena minum pakai plastik dan sedotan sih udah jadi kebiasaan. Mungkin nggak ya, fenomena begini kejadian juga di luar negeri?

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik Indonesia, minum pakai plastik | Credit: selipan

4. Banyaknya warung-warung kecil atau toko kelontong yang menjual kartu perdana bisa jadi fenomena unik Indonesia yang nggak bakal ditemukan pendatang luar negeri di negara asalnya

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik Indonesia, jual kartu perdana di toko kelontong | Credit: Shopee

5. Fenomena berjualan bensin eceran di pinggiran jalan. Walaupun jadi fenomena unik, mereka ini penyelamat banget kalau tiba-tiba kehabisan bensin di jalan, padahal pom bensin masih jauh 🙁

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik Indonesia, jual bensin eceran | Credit: Twitter

6. Pura-pura jadi hantu di jalanan, untuk menghibur para pengendara dan mencari uang sampai ditangkap polisi

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik Indonesia hantu ngamen | Credit: Instagram

7. Fenomena kayak begini sih kalau di Indonesia namanya kantin kejujuran. Kalau di luar negeri ada nggak ya, kayak begini?

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik Indonesia, kantin kejujuran | Credit: 1cak

8. Nggak kalah unik, fenomena tisu toilet dipakai di atas meja di berbagai warung Indonesia pasti sukses banget bikin bule bingung

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik di Indonesia, tisu toilet untuk makan | Credit: Selipan

9. Kreatifitas nasi kucing, makanan dengan dibungkus daun pisang ini juga jadi salah satu fenomena unik Indonesia. Padahal kalau dicobain enak banget, bisa-bisa malah ketagihan~

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik Indonesia, nasi bungkus daun | Credit: Cookpad @alaBunna

10. Lagi-lagi kebiasaan orang Indonesia makan pakai tangan. Fenomena ini mungkin jarang terjadi di luar negeri. Nggak salah deh kalau pada heran

Fenomena unik Indonesia

Fenomena unik Indonesia, makan pakai tangan | Credit: Piqsels

Nah, itu dia sederet fenomena unik di Indonesia yang sukses bikin para bule pendatang dari luar negeri dijamin heran. Siapa sih bule yang nggak heran kalau ada orang jualan bensin eceran di pinggir jalan? Yah, namanya juga Indonesia, orang-orangnya kreatif dan unik banget memang.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE