Lagi kepingin banget nonton film tapi gak punya duit untuk ke bioskop atau pinjam DVD? Mau cari di internet juga malas menunggu selesai unduhannya. Atau kamu justru termasuk salah satu orang yang menjujung tinggi perlindungan hak cipta jadi anti sembarangan unduh? Nah kali ini Hipwee mau berbagi solusinya.

Memang sih pada dasarnya hampir semua film dilindungi hak ciptanya jadi kamu harus bayar jika mau nonton di bioskop atau mengunduh lewat situs-situs resmi. Tapi bukan berarti kamu gak bisa menemukan film-film bagus yang memang disebarluaskan oleh pembuatnya secara gratis. Jadi coba deh tonton rekomendasi Hipwee ini. Lumayan banget bisa jadi hiburan gratis di saat kamu sedang suntuk!

1. The New Found (2013), Joko Anwar

The-New-Found-Short-Movie

Advertisement

Ini nih film pertama dalam rekomendasi Hipwee, film pendek berdurasi 12 menit berjudul ‘The New Found’. Film ini adalah hasil besutan salah satu sutradara kondang tanah air yaitu Joko Anwar. Pemain utamanya ternyata juga gak kalah keren dari sutradaranya. Film ini dibintangi sama aktor terkenal yang juga bermain jadi peran utama di film ‘Haji Backpacker’, Abimana Aryasatya. Nah film pendek yang isinya pemain-pemain kakap dalam industri perfilman Indonesia ini sebenarnya adalah proyek kolaborasi antara rumah produksi Joko Anwar, Lo-Fi Films, dan perusahaan elektronik asal Jepang, Toshiba.

Film ini memang sengaja diproduksi untuk menonjolkan warna-warna indah yang terdapat di Indonesia. Maka dari itu tentunya beberapa lokasi spesial di Indonesia tidak luput dari sorotan kamera. Tapi jangan salah, film ini gak cuma mengandalkan gambar-gambar yang cantik. Ceritanya juga dikemas dengan apik dan sangat menyentuh. Film ini bisa langsung kamu tonton di saluran YouTube resmi toshibaID LEDTV.

Hipwee gak mau spoiler sih tapi ini nih sinopsis resmi dari yang empunya film,

Advertisement

Seorang pria yang menyimpan luka hati dari masa kecilnya harus belajar membuka diri dan melepaskan masa lalu demi seorang perempuan yang mencintainya. Melalui peristiwa-peristiwa kecil dalam rangkaian perjalanan hidup manusia yang penuh warna, tekstur, dan rupa, mampukah ia pada akhirnya menyadari bahwa hati mereka telah ditakdirkan untuk saling bersentuhan?

Kalau kamu tertarik menonton film-film pendek Joko Anwar yang lain, ini nih ada beberapa film  yang juga bisa kamu tonton langsung seperti film ini lho. Ada kolaborasi sama CloseUp ‘Fresh To Move On’ (2012), kolaborasi dengan Sun Life ‘Suncachters’ (2012), kolaborasi dengan Sony ‘The Most Interesting Thing Tonight’ (2011), film khusus Haloween ‘Grave Torture’ (2012), dan film spesial Valentine ‘Durable Love’ (2012). Nah untuk film panjang atau karya lain dari sutradara keren yang satu ini kamu bisa nabung dulu untuk nonton di bioskop atau beli DVD aslinya.  Salut banget deh buat om Joko Anwar yang gak capek-capek menghasilkan karya.

2. Status Update – A Facebook Fairytale (2012), Daniel Reisinger

STATUS_UPDATE-LAURELS-23Nov2012

Rekomendasi kedua Hipwee jatuh kepada film pendek bergenre komedi berjudul ‘Status Update – A Facebook Fairytale’. Film ini disutradarai sutradara asal Australia, Daniel Reisinger. Dengan durasi kurang lebih 11 menit 30 detik, film ini bakal mampu membuat kamu tertawa terbahak-bahak. Film ini merupakan sindiran atas kebiasaan masyarakat jaman sekarang yang sering curhat di Facebook. Nah film ini bakal membawa kamu mengikuti petualangan tokoh utamanya, Allan Kasvotski, yang tiba-tiba mendapati semua yang ia tulis sebagai status Facebooknya beneran jadi kenyataan.

Film ini memang belum ada subtitle bahasa Indonesianya. Tapi jangan ciut duluan buat kamu yang males sama film penuh orang bule ngomong bahasa alien. Film ini masih tetap lucu kok walaupun kamu gak 100% ngerti bahasanya. Justru coba jadikan ini kesempatan untuk mempertajam kemampuan bahasa Inggrismu. Toh cuma 11 menit, gak panjang-panjang amat lah. Nah kalau kamu tertarik, kamu bisa tonton film ini di akun Vimeo sutradaranya, Daniel Reisinger.

3. Missing -A Foodie Thriller (2012), Pinkan Veronique

film indonesia 10

Rekomendasi ketiga Hipwee ini masih ada hubungannya sama sutradara kesayangan kita semua, sejak kapan coba, Joko Anwar. Lho kok!? Om Joko Anwar gak jadi sutradara sih tapi justru menyumbangkan kemampuan aktingnya di film ini. Film ini juga berdurasi sekitar 11 menit. Kalau kamu suka film-film thriller ala pembunuh berantai Hannibal Lecter tapi dibalur sedikit humor, nah ini film cocok banget buat kamu. Judulnya aja ‘foodie thriller’. 

Nah walaupun ini film buatan dalam negeri, sepanjang film pakai bahasa Inggris kejawa-jawaan gitu deh. Tapi tenang, ada subtitle bahasa Indonesianya kok. Jadi buat kamu yang suka serial detektif plus cerita masak-masak gitu, bisa langsung ke akun produsernya di YouTube, Robin Moran.

4. The Perils of Growing Up Flat-Chested (2013), Yulin Kuang

400310227_1280x720

Film keempat yang jadi rekomendasi Hipwee ini kali ini adalah film pendek yang berjudul ‘The Perils of Growing Up Flat-Chested’ hasil karya sutradara muda dari Amerika Serikat, Yulin Kuang. Pada dasarnya film berdurasi 18 menit ini menceritakan suka duka remaja yang sedang mengalami banyak pengalaman pertama dalam kehidupan mereka. Si tokoh utama, Katya Liu, ini adalah cewek yang gak pede dengan ukuran dadanya yang masih sama kayak jaman dia SD. Nah di film ini, kamu bisa liat perjuangan Katya supaya dia bisa tampil lebih seksi di depan gebetannya.

Film ini dikemas secara ringan dan lucu. Banyak juga adegan yang bisa membuatmu bernostalgia tentang cinta pertama yang selalu bikin berdebar-debar. Terus kalau kamu termasuk yang rajin mengikuti acara ‘The Voice’ bakal ada muka familiar lho. Ingat gak James Wolpert, kontestan ‘The Voice’ musim ke-5 yang masuk timnya Adam Levine. Di film ini dia bermain jadi gebetannya Katya. Nah kalau tertarik kamu bisa langsung mengunjungi akun sutradaranya di YouTube, Yulin Kuang.

5. Hujan Tak Jadi Datang (2009), Yosep Anggi Noen

film

Nah kali ini kita balik lagi nih ke sutradara berbakat dalam negeri untuk rekomendasi film Hipwee nomor lima. Yosep Anggi Noen adalah sutradara asal Jogja dengan segudang prestasi. Pada tahun 2013 yang lalu, film pendeknya yang berjudul ‘A Lady Caddy Who Never Saw A Hole In One’ berhasil menyabet gelar film pendek terbaik di Busan International Film Festival (BIFF) dan penghargaan tertinggi Short Short Film Festival & Asia. Sayangnya film ini baru diputar di festival-festival aja sih, kayak di Festival Film Solo tahun 2013 yang lalu.

Tapi ada lho karya sutradara bertabur penghargaan yang kalah bagusnya dan bisa kamu tonton gratis, kapanpun, dan dimanapun, asal bisa internetan. Film besutan Yosep Anggi Noen yang dibuat tahun 2009 ini berjudul ‘Hujan Tak Jadi Datang’ atau ‘It’s Not Raining Outside’. Dengan durasi kurang lebih 16 menit, film yang berlatar belakang masyarakat kelas bawah di Jogja ini menggambarkan hubungan kedua tokoh utama yang jauh lebih dalam dari apa yang mereka tampilkan di luaran. Film ini merupakan bagian dari proyek mingguan film pendek International Film Festival Rotterdam (IFFR) yang bisa kamu lihat langsung di saluran resmi mereka di YouTube, IFFR.

6. Kwik Stop (2001), Michael Gilio

large_bQbTOSukJOvDobe3VOkn7tT7SZl

Kalau rekomendasi film di atas film-film pendek semua, kali ini Hipwee bisa menemukan film yang gak kalah bagusnya dengan durasi penuh yang bisa kamu lihat dengan gratis. Fim berdurasi 111 menit ini disutradarai, ditulis, dan dibintangi oleh Michael Gilio. Walaupun ini film pertamanya, Gilio berhasil menyabet gelar sutradara terbaik di Buenos Aires International Film Festival dan penghargaan special juri di St. Louis International Film Festival melalui film ini. Film ini juga mendapatkan ulasan 3.5/4 dari kritikus film terkenal Roger Ebert. Ulasanya bisa dilihat di situs resmi Roger Ebert.

Film ini berkisah tentang sebuah perjalanan yang secara tidak terduga dapat mengubah kehidupan dari tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya. Jika kamu tertarik dengan cerita penemuan diri yang bakal membuat dirimu sendiri ingin berefleksi, film ini patut dicoba. Film ini dirilis kembali di situs FilmBuff pada tahun 2009. FilmBuff merupakan situs yang mendistribusikan film dengan platform online. Umumnya kamu masih harus membayar atau berada di negara tertentu untuk dapat mengakses film-filmnya secara utuh. Tapi untungnya film ini dapat diakses kita semua di Indonesia secara gratis di saluran YouTube resmi FilmBuff.

7. Slacker (1991), Richard Linklater

full.slacker-1sh-16162__12150.1407790653.1280.1280

Film yang satu ini juga Hipwee temukan di FilmBuff. Film yang berjudul ‘Slacker’ ini mungkin sudah dikategorikan sebagai salah satu karya indie klasik. Kalau kamu suka film-film yang super romantis, kamu pasti gak asing lagi dengan nama sutradaranya, Richard Linklater. Linklater itu sutradaranya trilogi romantis ‘Before Sunrise’, ‘Before Sunset’, dan ‘Before Midnight’ itu lho. Kabarnya dia juga bakal dapat nominasi Oscar untuk sutradara terbaik buat film terbarunya yang butuh 12 tahun untuk penyelesainnya, ‘Boyhood’.

Kamu harus menonton film ini buat memahami kenapa sutradara film-film drama romantis itu justru bikin film tentang kelompok ‘slacker‘ atau yang dalam konteks lain bisa disetarakan sama hippie atau bohemian di kota Austin, Texas. Walaupun tema filmnya beda kayak bumi dan langit, kamu jelas-jelas bisa menemukan gaya khas Linklater dalam mengarahkan adegan dan menentukan warna keseluruhan film di awal kariernya ini. Nah langsung aja ke saluran resmi FilmBuff di YouTube untuk menemukan harta terpendam dalam dunia perfilman ini.

Gimana nih menurut kamu rekomendasi film-film dari Hipwee kali ini? Ada komedi, drama romantis, sampai thriller yang bisa memuaskan selera kamu semua.

Apalagi semua film ini bisa kamu akses dengan mudah, gratis, tapi yang paling penting gak pakai rasa bersalah karena gak ilegal. Selamat nonton ya guys!!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya