6 Rekomendasi Film tentang Hikikomori alias Sindrom Antisosial dari Jepang. Ada yang Udah Nonton?

Film hikikomori Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang unik. Masyarakat Negeri Sakura tersebut memiliki keberagaman budaya yang saling bertentangan. Contohnya, masyarakat Jepang memiliki budaya workaholic, namun di sisi lain memiliki kebudayaan antisosial yang terbilang akut.

Advertisement

Nah, kali ini kita akan melihat lebih dekat budaya antisosial akut yang menjangkit anak muda di Jepang. Budaya antisosial ini dikenal dengan sebutan hikikomori. Biasanya orang-orang yang menganut budaya hikikomori suka mengurung diri di dalam kamar dan jarang keluar. Buat kamu yang penasaran dengan kehidupan antisosial ini, yuk, mengenal lebih jauh lewat rekomendasi 6 film soal hikikomori di bawah ini!

1. Pertama ada “Hikikomori: Japan’s Vanishing People”. Film ini adalah film dokumenter yang menceritakan kisah para pelaku hikikomori di dunia nyata dan alasan mereka melakukan hal tersebut

Hikikomori. via www.imdb.com

Pertama ada film dokumenter “Hikikomori: Japan’s Vanishing People”. Film ini memperlihatkan budaya hikikomori secara nyata. Film ini juga memperlihatkan pada kita para pelaku hikikomori dan alasan mereka melakukan hal tersebut. Film ini sangat wajib di tonton buat kamu yang ingin lebih dalam mempelajari kebudayaan ini.

Advertisement

2. “Kill Ugly TV” adalah film yang menceritakan kehidupan seorang perempuan depresi yang mengurung diri dalam kamar. Meski hanya bercerita soal aktivitas sang perempuan, film ini hanya boleh ditonton oleh mereka yang sudah 18 tahun ke atas

“Kill Ugly TV” via www.imdb.com

“Kill Ugly TV” adalah film soal hikikomori yang dirasakan oleh seorang perempuan yang tinggal di apartemen yang berantakan. Dalam hidupnya dia hanya tidur, makan, dan memberi makan ikan mas di akuariumnya. Meski terdengar membosankan, film ini hanya boleh ditonton oleh mereka yang berumur 17 tahun ke atas, sebab “Kill Ugly TV” adalah film pink yang cukup erotis.

3. “Tobira No Muko” adalah film fiksi dokumenter yang memperlihatkan kehidupan seorang pemuda yang mengurung diri dalam kamar selama dua tahun. Film ini amat menyentuh, karena memperlihatkan pandangan orang tua yang ingin anaknya sembuh

“Tobira No Muko” via tobiranomuko.com

“Tobira No Muko” adalah film yang bercerita soal kehidupan seorang pemuda bernama Okada. Film ini memiliki pendekatan yang unik dalam menggambarkan kehidupan Okada yang mengurung diri selama dua tahun. Film yang berjudul “Left Handed” ini juga terbilang sangat emosional, karena melibatkan perasaan ibu Okada yang ingin anaknya sembuh.

4. “Hyakuen No Koi” adalah film yang mengisahkan pasang surut hidup seorang perempuan yang mengalami banyak masalah di kehidupannya sampai akhirnya dia memutuskan untuk mengurung diri

Hikikomori juga menjangkit perempuan via www.imdb.com

Biasanya para pelaku hikikomori didominasi oleh para laki-laki, namun ternyata perilaku ini juga mengidap pada para perempuan. Gambaran psikologis soal perilaku perempan yang mengidap hikikomori terekam dalam film berjudul “Hyakuen No Koi” atau “100 Yen Love”. Film ini memperlihatkan pasang surut kehidupan seorang perempuan bernama Kazuko.

Advertisement

5. “Tamago” adalah film hikikomori yang cukup depresif. Penonton dibawa lebih dalam melihat pandangan pelaku hikikomori serta orang tua yang keras dan nggak menerima perilaku sang anak

“Tamago” via www.imdb.com

Film ini cukup membuat para penontonnya depresi. Film “Tamago” bercerita soal dua pandangan terhadap masalah yang menerpa seorang pemuda bernama Kiyoshi. Di sisi lain, Kiyoshi hanya menjadi beban keluarga dan tinggal di dapur orang tuanya, namun di sisi lain sang orang tua memperlakukan Kiyoshi dengan cukup keras.

6. “American Hikikomori” adalah film yang menceritakan shock culture yang dirasakan oleh seorang pemuda Jepang yang pindah ke Amerika. Merasa serba berbeda, dia memtuskan untuk mengurung diri di kamar dan nggak berinteraksi dengan siapa pun

“American Hikikomori” via www.indiegogo.com

Terakhir ada film berjudul “American Hikikomori”. Film ini menggambarkan kondisi psikologis yang dialami oleh seorang pemuda Jepang yang baru saja pindah ke Amerika. Pindah ke tempat baru dengan kebudayaan yang berbeda dengan di tempat asal kita memang menjadi masalah yang cukup berat. Kondisi ini membuat sang tokoh utama dalam film ini memilih untuk mengurung diri di kamar dan nggak berinteraksi dengan siapa pun.

Nah, itulah 6 film yang menggambarkan kebudayaan antisosial Jepang atau lebih dikenal dengan hikikomori. Semoga film-film di atas membantu kamu menambah wawasan, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE