“Paranoia”, Film Drama Thriller Pertama Riri Riza Akan Tayang Perdana di Bucheon Film Festival 2021

Film "Paranoia" Riri Riza

Dunia perfilman Indonesia kedatangan judul baru. Miles Films, rumah produksi yang melahirkan “Ada Apa Dengan Cinta“, “Petualangan Sherina“, “Laskar Pelangi”, hingga “Milly & Mamet” baru saja meluncurkan poster resmi film “Paranoia” yang menampilkan tiga aktor kawakan dan satu aktor muda berbakat.

Advertisement

Lain dari empat judul yang disebut sebelumnya, film “Paranoia” tampaknya mengusung genre yang berbeda. Dari posternya saja, film yang disutradari oleh Riri Riza ini sudah menyuguhkan nuansa misterius. “Paranoia” akan tayang perdana di 25th Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2021 mulai tanggal 8-18 Juli 2021. Penasaran? Berikut sedikit bocorannya.

“Paranoia” jadi film drama penuh ketegangan pertama sutradara Riri Riza

dok. Miles Films

Film “Paranoia” seperti diterangkan Riri Riza melalui siaran pers mengusung genre drama thriller. Yang menjadikannya spesial, ini menjadi film pertama Riri untuk genre tersebut. Keputusan menggarap film drama penuh ketegangan, kata Riri, dilandaskan pada kondisi saat ini.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk menceritakan sebuah drama dengan warna ketegangan sebagai bentuk respons terhadap kondisi saat ini,” ujar Riri dikutip Antara.

Advertisement

Mira Lesmana selaku produser menambahkan, ide membuat film “Paranoia” muncul pada masa-masa awal pandemi. Syuting yang memakan waktu 27 hari juga dilakukan di tengah pandemi, tepatnya pada bulan November 2020 di sebuah lokasi khusus dengan sederet protokol kesehatan ketat.

“Ide membuat film ini bermula pada masa-masa awal pandemi. Saat itu ada berbagai emosi yang sama-sama kita rasakan, terutama rasa takut dan cemas. Saya dan Riri lalu berdiskusi tentang bagaimana menyalurkan rasa dan emosi tersebut ke dalam sebuah karya, dan lahirlah ‘Paranoia’,” terang Mira.

Tampilkan empat pemeran utama dengan pembawaan misterius

Advertisement

Seperti dapat dilihat dari poster, film “Paranoia” akan menampilkan tiga aktor kawakan peraih Piala Citra, Nicholas Saputra, Nirina Zubir, Lukman Sardi, dan seorang aktor muda berbakat, Caitlin North-Lewis sebagai pemeran utama. Belum ada bocoran mengenai karakter yang akan dibawakan masing-masing aktor, tapi yang jelas, semua punya pembawaan misterius. Skenario film “Paranoia” sendiri ditulis oleh Mira Lesmana, Riri Riza, dan Jujur Prananto.

Keempat pemeran utama tersebut tampak berada di beranda sebuah rumah bergaya tempo dulu, dengan tatapan dan elemen-elemen yang menambah nuansa misterius. Miles Films membubuhkan kalimat, “Husband. Wife. Daughter. Stranger. Who do you trust?” pada poster yang dapat memberi sedikit gambaran mengenai cerita yang akan berkutat pada sebuah keluarga.

Salah seorang pemeran utama “Paranoia”, Nirina Zubir menggambarkan kalau film ini menjanjikan ketegangan bagi penonton. Ia mengaku diliputi rasa tegang saat pertama menonton “Paranoia” bersama pemeran lainnya. Padahal sebagai aktor yang berperan di dalamnya, Nirina sudah tahu jalan ceritanya.

“Sempat kaget waktu menerima skenario ‘Paranoia’ karena ceritanya beda sekali dengan film-film Miles terdahulu. Saat menontonnya bersama, hasilnya mengejutkan. Sepanjang film aku dibuat tegang padahal sudah tahu jalan ceritanya,” ungkap Nirina.

Film ketiga Miles Films yang tayang di festival film paling bergengsi Korea Selatan

“Paranoia” menjadi film ketiga Miles Films yang tayang di BIFAN. Sebelumnya, film “Pendekar Tongkat Emas” (2015) dan “Ada Apa Dengan Cinta 2” (2016) juga pernah tayang dalam festival film paling bergengsi di Korea Selatan tersebut pada kategori Best of Asia.

Satu hal lain yang membuat film “Paranoia” layak ditunggu adalah pernyataan BIFAN Asian Section Programmer, Ellen Y.D. Kim yang sangat terkesan dengan pengembangan karakter-karakter utama dalam film ini. Riri pun menyambut hal tersebut sebagai tahap baru dalam melahirkan karya dengan warna berbeda.

“Saya sangat senang karena kesempatan ini menjadi satu tahap bagi Miles Films untuk melahirkan karya dengan warna baru, yang berbeda dengan film-film yang kami buat sebelumnya,” pungkas Riri.

Bagaimana, penasaran dan ingin segera menonton “Paranoia”? Semoga dalam waktu dekat film ini bisa tayang di Indonesia, ya!

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

CLOSE