Pengalaman dan fase kehidupan tiap insan tentu beragam. Kesempatan untuk menjalani momen-momen penting dan monumental seperti pacaran, menikah, dan memiliki anak juga datang di waktu atau usia yang berbeda. Bahkan, urutannya pun bisa jadi juga berlainan. Ada pria yang bisa membeli rumah dulu baru memperistri seorang wanita, atau melakoni lika-liku rumah tangga dahulu selama bertahun-tahun sebelum akhirnya sanggup membeli rumah tinggal untuk keluarganya. Nggak selalu juga ‘kan seseorang menikah dulu baru punya anak? Yah, kalau segala sesuatunya begitu mudah diatur dan ditebak ya nggak ada bedanya dengan main Harvestmoon.

Nah, berikut Hipwee hendak memaparkan sejumlah data perihal rata-rata usia seseorang tatkala mengalami kejadian atau tahapan penting dalam hidupnya. Ini cuma masalah mayoritas lho, bisa saja kamu mengalaminya lebih dini atau justru terlambat. Nggak semua berarti masalah. Sekadar retrospeksi saja apakah hidup kita sejauh ini berada dalam jalur yang lazim dilalui orang atau justru sebegitu serunya hingga banyak yang berbeda dari apa yang lumrah. Simak!

1. Rata-rata seorang anak kecil mulai memiliki teman imajiner adalah di usia 3 sampai 7 tahun

imaginary friend via www.wikihow.com

Lumrah bagi anak usia sekolah maupun yang belum menginjak usia sekolah untuk memiliki sosok teman imajiner. “Kadang-kadang orang menganggap seorang anak yang memiliki teman imajiner sebagai sesuatu yang salah, entah terlalu pemalu atau kesepian,” tukas Taylor Marjorie, psikolog dari The University of Oregon, seperti dilansir dari apa.org. “Padahal, itu adalah hal yang wajar”.

2. Rata-rata anak cowok mulai mengalami masa pubertas adalah di usia 9 sampai 14 tahun

Puberity

Advertisement

Pubertas tergolong telat jika seseorang belum merasakan satu pun gejalanya di usia 14 tahun. Penyebabnya macam-macam, salah satunya bisa karena ayahnya dulu juga mengalami keterlambatan yang sama.

3. Rata-rata seseorang melakukan ciuman pertamanya adalah di usia 15 tahun

Ciuman pertama disebut sebagai salah satu indikator fase kedewasaan seseorang, dan usia 15 adalah hasil rata-rata yang didapat oleh perusahaan layanan kesehatan bernama Pfizer.

4. Rata-rata orang jatuh cinta untuk pertama kali adalah di usia 15-19 tahun

first love via livehdwallpaper.com

Tentu ada banyak orang yang baru pacaran atau melepas masa jomblo di atas usia 20-an, tapi beda kasus dengan masalah cinta pertama. IllicitEncounters, sebuah situs kencan di Britania menyebutkan bahwa 55 persen orang mengalami jatuh cinta perdananya di usia 15 sampai 19 tahun.

5. Rata-rata seseorang kehilangan keperawanan atau keperjakaannya adalah di usia 17 tahun

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, rata-rata seseorang kehilangan keperawanannya (didefinisikan sebagai pengalaman pertama berhubungan seks intercourse) adalah di usia 17 tahun, baik laki-laki maupun perempuan. Hanya 12 persen dari perempuan dan 14 persen dari laki-laki berusia 20 hingga 24 tahun yang masih berstatus perjaka atau perawan. 

6. Rata-rata orang mulai berkomitmen serius untuk menjalin hubungan asmara adalah di usia 18 tahun

Wah, sayangnya ternyata usia rata-rata ciuman maupun berhubungan seks yang pertama kali justru lebih dini daripada rata-rata usia komitmen serius untuk menjalin hubungan asmara. Selain itu ada jarak sekitar setengah tahun ( 17.77 – 18.29) yang menunjukan bahwa kaum wanita cenderung lebih dulu terbersit untuk mulai berkomitmen dalam hubungannya dibanding kaum laki-laki.

7. Rata-rata orang mengalami putus hubungan asmara untuk pertama kalinya adalah di usia 19 sampai 23 tahun

Ini adalah lanjutan dari poin sebelumnya. Hasil 19-24 tahun ini didapat dari temuan yang menyebutkan bahwa 40 persen hubungan serius pertama yang dijalin oleh seseorang berakhir kandas di tahun pertama hingga kelimanya.

8. Rata-rata seseorang memiliki jumlah teman terbanyak dalam hidupnya adalah di usia 25 tahun

Di usia ke-25, wanita rata-rata berinteraksi dengan 17,5 kenalannya per bulan. Sementara seorang laki-laki akan berinteraksi dengan 19 kenalan per bulan. Tentu kontak via Facebook dan media sosial lain tidak dihitung ya. Itu adalah usia puncak, di mana kebanyakan orang akan mulai perlahan kehilangan satu per satu relasi dan teman dekat setelahnya.

9. Rata-rata orang menikah adalah di usia 27-29 tahun

Tentu sudah rahasia umum jika mayoritas wanita menikah di usia lebih muda dari para pria. Yang menarik, ada perbandingan signifikan dalam data yang dikumpulkan oleh salah satu sensus di Amerika Serikat yang mengamati rata-rata usia menikah pasca tahun 1890. Pada dekade 1950-an (generasi kakek-nenek kita), kebanyakan orang naik pelaminan di rentang usia 20-23. Namun, rentang itu meningkat pesat di dekade-dekade setelahnya, sampai akhirnya kini rata-rata orang memilih menikah pada rentang usia 27 sampai 29 tahun.

10. Rata-rata orang pertama kali mampu membeli rumah adalah di usia 33 tahun

Kabar mengkhawatirkan nih untuk generasi kita semua. Makin butuh waktu lama untuk kita bisa membeli rumah. Data menunjukan bahwa rata-rata orang zaman sekarang akan menghabiskan 6 tahun tinggal di rumah sewa (atau kontrakan) sebelum akhirnya bisa memiliki rumah pribadi. Ini jauh berbeda dengan di dekade 70-an, di mana kebanyakan orang sudah bisa membeli rumah sendiri setelah 2,6 tahun tinggal dalam rumah sewa atau kontrakan.

11. Rata-rata orang dewasa mulai harus melepaskan anak pertama mereka di usia 45 tahun

Mungkin kita sekarang belum sampai memikirkan hal ini. Namun, kelak perpisahan dengan buah hati sendiri akan kita alami. Lewat perhitungan rata-rata usia menikah dan rata-rata usia tempuhan pendidikan yang biasanya membuat pelajar harus merantau, diperoleh hasil rata-rata 45 tahun. Di kisaran umur itulah nantinya kita mesti bersiap-siap merelakan anak kita untuk pergi dari naungan kita.

12. Rata-rata orang dewasa mengalami momen paling tidak membahagiakan di hidup mereka adalah di usia 44 atau 45 tahun

Kendati mungkin di usia 20-an saja kita rasanya sudah sehari-hari berhadapan dengan segudang masalah, tapi ternyata titik terendah dari tingkat kebahagiaan dan mental kita justru ada di pertengahan 40-an. Entah ya, mungkin karena beban berat dari kehidupan rumah tangga, karir, atau membesarkan anak yang ada di usia nakal-nakalnya.

13. Rata-rata orang menjalani masa-masa paling membahagiakan dalam hidupnya adalah di usia 65 sampai 79 tahun

Senior man standing with arms outstretched via time.com

Nah, sebaliknya. Kamu akan mengalami momen paling membahagiakan biasanya ketika menginjak usia lanjut, yakni 65 sampai 79 tahun (tentu jika usiamu sampai sepanjang itu). Alasannya, mungkin karena mereka tak perlu lagi bergelut dengan persoalan karir dan memiliki lebih banyak waktu luang. Yah, tentu ini tidak berlaku untuk mereka yang memiliki problema kesehatan yang kronis atau kesepian karena kurang diperhatikan oleh putra-putrinya.

14. Rata-rata pria meninggal dunia adalah di usia 76 tahun, sementara wanita di usia 81 tahun

Yah, kalau yang ini sih jangan jadi patokan atau perhitungan rencana. Mati bisa kapan saja. Lakukan apapun yang terbaik selagi bisa!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya