Katanya Pakai Vape Nggak Berbahaya, Tapi Gadis Ini Malah Masuk Rumah Sakit. Jadi Pikir-Pikir Lagi Deh

Asap yang mengepul dan aroma yang khas jadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat vape, rokok elektrik yang digadang-gadang bisa menggantikan posisi rokok tembakau. Penikmatnya lebih banyak berasal dari kalangan anak muda yang berkomitmen ingin berhenti merokok. Katanya vape memang bisa membantu para perokok untuk pelan-pelan meninggalkan rokok tembakau. Tapi popularitas vape semakin melejit, bukan hanya untuk membantu para perokok berhenti merokok tapi juga sebagai tren. Buktinya kini banyak bermunculan komunitas pengguna vape. Alat-alatnya juga makin banyak dijual lengkap dengan liquid atau cairan vape-nya.

Advertisement

Namun baru-baru ini kabar mengejutkan datang dari gadis yang mengaku telah menjadi korban bahayanya vape. Dia mengungkapkan jika apa yang dia alami dan pernyataannya seolah membantah manfaat vape yang selama ini dipercaya oleh banyak anak muda. Coba yuk kita lihat dulu kasusnya, siapa tahu bisa jadi pertimbangan lanjut untuk keputusanmu memakai vape.

1. Sebelum mendukung ataupun menolaknya, ada baiknya kamu tahu dulu vape itu apa. Rokok elektrik yang tak berbahaya dan bisa sembuhkan kecanduan?

Vape adalah salah satu electronic nicotine delivery system (ENDS), sebuah rokok elektrik yang didesain untuk membantu para pecandu rokok tembakau agar perlahan bisa berhenti merokok. Bentuk dan ukuran rokok elektrik ini bermacam-macam, namun intinya ada tiga komponen di dalamnya yaitu baterai, elemen pemanas, dan tabung yang berisi cairan (cartridge). Cairan tersebut mengandung nikotin, propilen glikol atau gliserin, serta penambah rasa entah itu buah-buahan atau cokelat. Ada vape yang baterai dan cartridge-nya bisa diisi ulang lho!

Cairan dalam tabung dipanaskan untuk menghasilkan uap seperti asap yang umumnya mengandung berbagai macam zat kimia. Si pengguna menghisap zat kimia ini langsung dari corongnya. Cara kerja vape yang seperti ini konon membuatnya jadi tidak lebih berbahaya dari rokok tembakau, bahkan efek sampingnya konon lebih kecil tanpa ada risiko penyakit jantung dan kanker. Benarkah?

Advertisement

2. Keuntungan menggunakan vape mulai diperdebatkan sejak unggahan Rhemanty di Path jadi viral. Apakah dia korban bukti bahayanya vape?

Postingan Rhemanty di Path

Postingan Rhemanty di Path via bogor.tribunnews.com

“Info buat temen” yg hobi ngevape..!!! tadi malam dada gw terasa ngilu..susah nafas, agak bengkak gataunya pengendapan kimia alias Liquid di paru” gue…. Disedot…Liquid Cholate semua isinya.. yg mau denger silakan enggak juga gaapa apa..!!! ngeri bgt padahal gw suka ngevape..(korbanVape) padhal ga gak minum tu liquid kenapa ngumpul semua.”

Dalam unggahan milik akun Rhemanty tampak seorang gadis terkulai di rumah sakit lengkap dengan bantuan oksigen di hidungnya. Caption yang ditulis akun tersebut menjelaskan bahwa si gadis mengalami keadaan seperti itu karena dia menggunakan vape. Dari nada kalimatnya, dia berharap kamu yang sekarang masih hobi nge-vape untuk mulai berhenti agar tidak mengalami nasib yang sama seperti dia.

3. Sebenarnya sebelum kasus Gadis Path itu viral, penggunaan rokok elektrik memang sudah jadi pro dan kontra di kalangan para pakar dan peneliti. Perdebatan itu masih terjadi sampai hari ini

Bahaya nge-vape masih jadi pro dan kontra

Bahaya nge-vape masih jadi pro dan kontra via dreamsmoke.com

Sebuah penelitian menyebutkan kalau vape memiliki tingkat keberhasilan sebesar 60 persen untuk membantu pecandu berhenti merokok. Ada pula anggapan bahwa vape lebih aman dari rokok tembakau karena tidak menghasilkan asap melainkan uap air. Padahal fakta lain menyebutkan uap itu bukanlah uap air, tapi mengandung nikotin dan juga zat kimia yang lain. Dampaknya tak hanya dapat mengganggu kesehatan tapi juga mencemari udara. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat bahkan dengan jelas mengungkap bahwa baik anak-anak maupun orang dewasa bisa keracunan jika menelan, menghirup, atau menyerap cairan tersebut melalui kulit atau mata.

Status keamanannya untuk pemakaian jangka panjang juga masih belum diketahui. World Health Organization (WHO) pun sebenarnya sudah memberikan saran pada produsen rokok elektrik untuk tidak mengklaim produknya sebagai alat bantu berhenti merokok.

4. Daripada menanggung risiko berbahaya, lebih baik kamu tidak menggunakannya. Toh sudah jelas keduanya sama-sama mengandung nikotin ‘kan?

Bahaya nge-vape

Bahaya nge-vape via theverge.com

Rokok elektrik mengandung nikotin yang bisa menyebabkan sel paru-paru ditembus oleh zat lain dari luar tubuh, seperti dilansir sciencenews. BPOM juga menjelaskan kalau kandungan rokok elektrik jika dipanaskan dapat menghasilkan senyawa nitrosamine yang bisa menyebabkan kanker. Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa rokok elektrik dapat memicu inflamasi tubuh, meningkatkan risiko asma, stroke serta penyakit jantung.

Jadi kamu yang ingin berhenti merokok sebaiknya jangan termakan sugesti atau tren masa kini seperti penggunaan vape. Dua-duanya punya sisi berbahaya yang sebaiknya kamu hindari. Lebih baik kamu perbaiki gaya hidupmu agar lebih sehat lagi.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ceritagrammer

141 Comments

  1. Eki Zulkarnaen berkata:

    Rokok & vape, dua2nya sama berbahaya
    Pertanyaannya, apakah anda perokok?
    Begitu mudah menyuruh perokok berhenti begitu saja sedangkan anda mengerti ada nikotin yg bermain disitu?
    Rokok, terdapat nikotin (ini otomatis ada dari tembakau), tar dan zat2 lain yg berbahaya
    Vape, bahan dasarnya propylene glycol & vegetable glycerin, ada nikotin atau tidak bisa disesuaikan
    Saya pribadi lebih memilih vape ketimbang rokok
    Kenapa? Saya pecandu rokok berat dan saya tahu bedanya antara kedua itu setelah berpindah dari rokok ke vape
    Dan saya tahu kandungan apa yang saya hisap dan efeknya apa terhadap saya (belakangan saya racik sendiri), dan kalau anda tidak malas membaca, coba googling deh bahan dasar yg saya sebutkan tadi buat pencerahan
    Bocoran penting, orang yg punya penyakit di area pernafasan (asma, bengek, dll) harom buat vaping, karena salah satu bahan bisa memicu penyakit tsb
    Memicu ya, bukan menyebabkan, kenali bedanya
    Yg jadi masalah itu kalau orang ikut2an tapi tidak tahu bahayanya seperti apa, udah enak hidup sehat ga merokok malah pengen gaul vaping2
    Saya vaping sudah dalam tahap minim nikotin, doakan saja bisa berhenti keduanya
    Salam jari jempol

    #busetcerpen #busetcurhat

  2. Nita Agatha berkata:

    KAMI http://WWW.ASIAPOKER.COM / http://WWW.ASIAPOKER.CC TIDAK MEMAKSA ANDA UNTUK JOIN ?!
    TAPI APAKAH KALIAN SUDAH SIAP DIPAKSA KAYA MENDADAK SETELAH JOIN N REGISTER ??! : )

    BEDA JOIN ->BEDA QUALITY HANYA DI http://WWW.ASIAPOKER.CC TEMPAT GAME POKER,DAN KARTU DOMINO TERBAIK DI SELURUH ASIA !
    DENGAN MENYEDIAKAN BONUS PROMO + JACKPOT JUTA-AN BAHKAN PULUHAN JUTA RUPIAH UNTUK PARA MEMBER NYA DAN BISA BERMAIN 5 GAME DALAM 1 USER ID < POKER, DOMINO GAPLE, CEME, RAJA Q, NEW GAME BANDAR KELILING > + BISA DI MAENKAN DARI HP ANDROID : )

    Dan TIDAK SULIT UNTUK JOIN DI http://WWW.ASIAPOKER.COM Loh HANYA BERMODAL-KAN RP 10.000 MODAL SEKALI SEUMUR HIDUP BISA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN BERLIPAT-LIPAT, MENGALAHI GAJI KANTORAN LOH : )
    GAK PERCAYA ?? MASIH RAGU ?? JANGAN MENYESAL YA, KALO KEDULUAN YANG LAEN, YANG KAYA!! BUKTIKAN SENDIRI KEBENARAN NYA : )

    UPDATE PROMO & EVENT TERBARU SAAT INI DI BULAN OKTOBER :
    # Bonus CashBack Turnover 0.5% Yang Dibagikan Tiap Minggu nya dan di bagikan pada tiap senin siang jam 2
    # Bonus Referral 10% (Tanpa Batas)
    # MEGA JACKPOT Ratusan Juta Rupiah
    # FREE JACKPOT Tanpa Beli
    # MKOIN Reward Yang Bisa di Tukerkan Dengan Uang/ Souvernir
    (Anda akan secara langsung diikut-sertakan dalam program ini pada saat pendaftaran anda telah berhasil.Jadi semakin sering anda bermain poker online di situs kami,semakin banyak pula koin yang bisa terkumpulkan untuk anda)

    Proses Depo Dan Withdraw Bisa Dilakukan Melalui 5 Bank Terbesar Dan Terpercaya -> ( BCA, BNI, BRI, DANAMON, MANDIRI )

    SEKALI LAGI KAMI INGAT KAN KEPADA ANDA,KAMI TIDAK MEMAKSA ANDA JOIN !! TAPI KAMI PAKSA ANDA SEMUA MENJADI KAYA DAN BERUNTUNG SETELAH JOIN BERSAMA KAMI : )

    LINK ALTERNATIF : http://WWW.ASIAPOKER.CC / http://WWW.ASIAPOKER.US / http://WWW.ASIAPOKER.BET

    24 JAM ONLINE :
    PIN BBM : 5C300138
    LINE : asia_poker
    FACEBOOK : asiapoker
    WA :+639777260422
    SMS :+6282369796366

  3. Alisha Ayunda berkata:

    kunjungi juga aplikasipemda.com penyedia aplikasi perpajakan online untuk pemerintahan

  4. Dan alangkah lebih baiknya lagi untuk menjaga udara bersih,dngan tidak mencemari dngan rokok atau vape
    Kasian yg terkena bukan cuma yg pelaku.,

  5. Zakky Sunan Jaya berkata:

    Hahahaha bayaran pabrik rokok…
    Kan dia sebelumnya perokok…
    Orang berhenti merokok pasti sakit rasanya (seperti sakaw dan efek berbeda beda)…
    Yaaa dari Jutaan yang Pake Vape cuman 1 doang yang sakit, jadi menurut saya tak terbukti….

  6. maaf saya mencoba untuk komentar pada artikel anda, menurut saya ya rokok dan vaping ya sama sama berbahaya, namun di satu sisi vape berbahaya digunakan apabila kita tidak menggunakannya dengan tidak memahami produk tersebut (kemungkinan battery meledak jika tidak sesuai dengan prosedur, keracunan bila mencampurkan unsur kimia yg berlebihan, dsb), sama halnya kita beralih ke produk atau barang baru kita harus mempelajari apakah produk tsb baik atau tidak digunakan drpd barang yg sebelumnya. Saya perokok berat awalnya, sekarang saya beralih ke vaping dengan liquid 0 nicotine, bahkan di beberapa negara memperbolehkan penggunaan vaping dengan catatan 0 nicotine. Banyak dari kami pun merasakan asap dari vape lebih bersahabat drpd rokok, coba saja anda masuk ke ruangan smoking area dan ruangan yg dipenuhi aktivitas vaping, pasti anda dapat merasakan perbedaannya, dimana oksigen lebih segar dihirup drpd berada di smoking area. saya yakin anda bisa berkata seperti itu karena anda belum pernah melakukannya, jujur saya telah merasakan nafas yg lebih plong drpd waktu menggnakan rokok yg rasanya seperti ada beban di dada, dan jika benar orang tsb diatas adalah korban vape, mengapa semua postingan tentang korban sama hingga saat ini, tanpa ada kabar selanjutnya tentang korban vaping tsb? siapa saja dapat berpose foto dalam kondisi sakit dan siapa saja dapat menulis kebohongan bukan? mengapa tidak ada hasil lab rs tsb yang diunggah dan menyatakan masalah timbul karna penggunaan vape. lakukanlah penelitian dan cek kebenarannya dahulu sebelum anda mengutip.

    be smart

    Salam.

  7. Faa Zhim berkata:

    Hahahaha.. Ni orang ngapusi.. Kayaknya yang bikin ini haus.. Ada aqua???

  8. Basyitha Rahma Al-jazzully vape mncemari udara bersih??? BHUAHAHAHAHAHA… duh.. kocak nih kliatan bgt “pinter” nya..

  9. Berita mbak2 alay lagi yg dimuat.. hadeh.. redaksi nya klo nyari bahan kurang teliti.. ato dpt “amplop” dr produsen rokok tembako.. hhehehe

CLOSE