Memang benar, tidak selamanya kamu bisa menjadi mahasiswa yang rajin dan selalu hadir di setiap pertemuannya. Kadang kala, kamu juga merasa lelah dengan tugas dan kegiatan sehingga memutuskan untuk rehat sejenak dan memanjakan otak bolos kuliah.

Lucunya, kita selalu punya alasan unik untuk bolos; dari mulai yang masuk akal, sampai yang dibuat-buat. Apa saja sih alasannya?

1.  “Jam Berapa Nih? Wuanyirrr! Gue telat! Tidur lagi aja deh…”

Yah, telat deh

Yah, telat deh! via neogaf.com

Advertisement

Masuk kuliah: jam 07.30

Bangun tidur: jam 07.35

Apa yang akan kamu lakukan?

Advertisement

Tentu aja lanjut tidur lagi!

2. “Duh, aku nggak kuat kuliah pagi!”

Aku cuma mau tidur

Aku cuma mau tidur via tumblr.com

“Semalam habis begadang ngerjain tugas, nggak kuat kuliah pagi!”

“Tadi alarmnya bunyi nggak kedengaran…”

“Waktu bangun, badan lemas banget. Kayaknya kecapekan deh…”

Alasan mengapa kamu nggak masuk kuliah pagi memang banyak, tapi intinya cuma satu: MALAS.

3. “Tadi aku udah bangun dan siap-siap. Eh…hujan!”

“Wah, hujan…:(((“ “YES, HUJAN!”

Bangun tidur pagi-pagi, ternyata sedang turun hujan. Mata yang masih berat ditambah lagi suhu yang sejuk membuatmu hanya bisa memikirkan 2 hal: nggak perlu masuk kuliah pagi dan lanjut tidur lagi. Toh juga nggak cuma kamu yang punya pikiran itu!

4. “Ah, ngapain sih gue masuk. Dosennya ‘kan gak asik…”

Membosankan

Membosankan via knetbooksblog.com

Teman: “Masuk kelas Pengantar Ilmu Sosial nggak?”

Kamu: “Nggak, hehehe. Males, bapaknya ‘kan ngebosenin.”

Dosen memang punya cara mengajarnya masing-masing. Tapi jika terlalu serius, justru akan membuat suasana kelas jadi kaku dan membosankan. Nah, dosen yang membosankan ini yang bikin kamu malas menggeser pantat ke ruang kelas! Mending kamu titip absen aja.

(Tapi kalau sudah tahu dosennya membosankan, kenapa kamu tetep ngambil kelas itu sih? Kamu aneh deh! Sini, Hipwee cubit dulu!)

5. “Duh, takut gue masuk kelas. Pak dosennya ‘kan killer!”

Nyaris se-killer Professor Snape

Nyaris se-killer Professor Snape via fanpop.com

Dosen yang membosankan aja bikin malas untuk masuk kelas, gimana kalau dosen “killer“? Daripada masuk tapi kena “semprot” karena nggak bisa jawab pertanyaan, mendingan bolos sekalian aja deh! Iya ‘kan? Iya ‘kan? Iyain aja biar cepet.

6. “Aku nggak suka mata kuliahnya…” Ya Terus Kenapa Kamu Ambil Makul Itu Deh, Mblo?

Nggak suka aja...

Nggak suka aja… via goodreads.com

Walaupun kuliah di jurusan yang kamu minati, ada aja beberapa mata kuliah yang sama sekali nggak menarik hatimu. Sayangnya, itu menjadi kelas yang wajib untuk kamu ambil. Kamu pun sering memutuskan untuk membolos saja.

Kamu: “Yaaah, males banget hari ini kelas Ilmu Politik.”

*Ambil HP dan ngirim SMS ke teman* “Bro, titip absen ya. Sakit nih.”

Padahal sih kamu baik-baik saja. Cuma kamu malas masuk karena nggak suka belajar Politik. Kamu mau masuk jurusan Komunikasi buat belajar iklan, kok malah diwajibkan ambil kelas Politik?

7. “Gue udah pernah ambil kelas itu semester lalu. Jadi gak perlu masuk, deh…”

Thanks, udah pernah

Thanks, udah pernah via goodreads.com

Teman: “Kamu nggak masuk kelas?”

Kamu: “Males, ah. Udah pernah belajar itu tahun lalu.”

Itulah alasan klasikmu kalau sedang malas masuk kelas mata kuliah mengulang. Toh materinya sama dengan tahun lalu, kamu nggak perlu harus kerepotan cari-cari bahan kuliah. Makin malas masuk, deh.

(Hmmmm…kalo bolos terus, kamu yakin nggak bakal ngulang lagi tahun depannya?)

8. “Aku malu kalau masuk kelas…jadi yang paling tua sendiri.”

Aku tua :(

Aku tua 🙁 via knowyourmeme.com

Nah, ini juga yang jadi salah satu alasanmu malas masuk kelas mengulang. Selain nggak punya teman ngobrol saat bosan, biasanya mahasiswa tua juga dapat duduk di barisan paling depan. Bagimu, lebih memalukan buat jadi paling tua di kelas (meskipun sebenarnya nggak ada juga sih yang peduli sama kamu) daripada mangkir kuliah berkali-kali.

9. “Gue sibuk nih ngurusin event di luar kampus. Titip absen dulu, ya.”

Lagi ada event, nih

Lagi ada event, nih via www.madeira.org

*SMS teman* “Ni, aku titip absen ya. Ada event nih nggak bisa ditinggal. Thank you.”

Kegiatan di luar kampus yang sedang kamu ikuti sering jadi alasan mengapa kamu nggak masuk kuliah. Padahal sebenarnya bukan kegiatan itu yang memaksamu untuk bolos. Justru kamu yang menjadikan kegiatan itu justifikasi supaya nggak perlu masuk kelas yang membosankan. ^_^

10. “Duh, aku nggak enak badan :((“

Nggak enak badan nih

Nggak enak badan nih via giphy.com

Intinya, kamu hanya ingin teman-temanmu tahu kalau kamu tidak masuk kelas karena sakit. Kenyataannya? Biarkan kamu dan Tuhan saja yang tahu.

11. “Males nih…temen-temen deket gak ada yang masuk…”

Aku nggak mau sendirian

Aku nggak mau sendirian via diylol.com

Kamu: *SMS ke teman-teman dekat yang sekelas* “Eh, kamu masuk nggak?”

Teman 1: “Nggak, nih. Nggak enak badan.”

Teman 2: “Nggak. Males.”

Teman 3: “Nggak. Mau ke bank.”

Teman 4: “Sorry baru bales. Nggak masuk. Telat bangun.”

Kalau teman dekat nggak ada yang masuk gini, mendingan nggak usah masuk juga deh. Kamu ‘kan tipe mahasiswa yang suka ngobrol sendiri di kelas gitu. Kalau teman-temanmu gak masuk semua, kamu mau ngobrol sama siapa? 🙁

12. “Sial! Gue lupa ngerjain tugas!”

Aduh, lupa bikin tugas!

Aduh, lupa bikin tugas! via giphy.com

Kebanyakan mahasiswa memilih untuk bolos saat dia tidak mengerjakan tugas, apalagi kalau dosennya “killer“. Bisa-bisa habis dimarahi di depan kelas atau mungkin malah langsung dikeluarkan dari kelas. Daripada malu, lebih baik absen saja lah dari kelas minggu ini.

Tapi, ada juga lho yang justru sengaja tidak membuat tugas supaya bisa bolos kelas tertentu. Kalau yang ini sih benar-benar bukan mahasiswa yang bertanggung jawab. Jangan diikuti, ya!

13. “Kayaknya gue gak diridhoi Tuhan buat masuk kelas.”

Allah

Allah via www.shayari.in

Ini alasan paling gak mutu. Nggak diridhoi itu maksudnya apa, deh? Kalau males, bilang males aja. Jangan nama Tuhan dibawa-bawa!

Bolos kuliah sesekali sih sebenarnya wajar-wajar saja. Asalkan, alasannya masuk akan dan bisa dipertanggungjawabkan. Nah, kalau kamu biasanya bolos kuliah karena alasan apa sih? Tuliskan di kolom komentar, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya