Akhir tahun sebentar lagi tiba! Kamu yang sudah menantikan sejak lama telah membuat berbagai rencana menjelang pergantian tahun. Biasanya, akhir tahun kamu jadikan sebagai momen berkumpul dengan keluarga maupun teman-teman lama. Tapi, hal itu kadang cuma rencana saja karena ujung-ujungnya kamu dan kerabat lebih memilih acara lainnya. Atau malah nggak ke mana-mana karena cuma goler-goler di rumah.

Selain itu, ada kebiasaan menjelang akhir tahun yang seringkali menjengkelkan bagi sebagian orang. Meski nggak suka, hal tersebut ternyata sulit kamu ubah. Apa saja, ya? Simak dalam ulasan ini, yuk!

1. Selalu ada wacana buat liburan menghabiskan sisa tahun bersama teman-teman. Wacana doang sih biasanya

wacana doang sih biasanya ~ via pixabay.com

Advertisement

Januari: Gengs, akhir tahun liburan bareng, yuk!
Mei: Eh, liburan jadi nggak nih? Mau ke mana?
Oktober: Siapa aja nih yang ikut?
November: Gengs, gue nggak tahu jadi apa nggak, soalnya …
Desember: Gengs, sorry gue ga jadi ikutan ya …

Dalam menyambut akhir tahun, wacana liburan akan sering diucapkan. Mau lewat grup aplikasi chatting seperti Whatsapp, Line, hingga dibuat grup khusus untuk merencanakan liburan pun ada. Hal tersebut sudah dilakukan sejak awal tahun dengan tujuan bisa tag kalender teman-teman supaya liburannya dapat terlaksana. Tapi, ujung-ujungnya sih cuma menjadi wacana saja karena terlalu banyak rencana memikirkan liburan tanpa ada aksi nyata. Atau mungkin banyak yang lebih memilih acara lainnya, bahkan ada yang memilih nggak ngapa-ngapain yaitu cuma goler-goler di rumah saja saat akhir tahun.

2. Karena liburan hanya sebatas wacana, kumpul bersama keluarga jadi agenda jelas yang pasti terlaksana

main sama ponakan via pixabay.com

Salah satu acara yang kamu akan lakukan kalau liburan nggak jadi yaitu kumpul bersama keluarga. Biasanya, kamu bakal sibuk menyiapkan berbagai peralatan untuk barbeque-an bersama. Mulai dari bahan masakan seperti ikan untuk dibakar maupun ayam, sosis, dan daging sapi kamu beli. Nggak lupa juga minuman kemasan pilihan untuk memeriahkan suasana pergantian tahun. Walau nggak semua keluarga ikut berkumpul, paling nggak ada sebagian besar yang hadir. Lumayan deh dibanding cuma goler-goler saja di rumah.

3. Para cewek pasti hobi bolak-balik ke mal mengincar great sale. Yang nggak ikutan rugi banget deh!

Belanja, Cyiinn! via unsplash.com

Advertisement

Akhir tahun menjadi kabar bahagia bagi para cewek. Yup! Karena akan ada momen great sale hampir di seluruh mal di Tanah Air. Oleh karena itu, kaum hawa biasanya akan mencari informasi tentang mal mana saja yang mengadakan great sale dan barang-barang apa saja yang didiskon. Meski kaki pegal dan suasana pusat perbelanjaan penuh sesak, hal itu nggak menyurutkan semangat para cewek memburu barang diskonan. Mumpung akhir tahun, Cyiiiiin! Capcus ~ 😀

4. Akhir tahun identik dengan bonus. Makanya, rajin buka online shop karena sering ada giveaway atau voucher belanja

rajin buka online shop via pixabay.com

Bagi kamu yang sudah menjadi karyawan tetap, biasanya kantor akan memberikan bonus tahunan yang biasa disebut bonus akhir tahun atau gaji ke-13. Nah, adanya uang ini membuat kamu betah berlama-lama menatap layar monitor laptop atau gadget untuk melihat online shop. Hal ini karena online shop nggak mau kalah dengan toko-toko di mal yang mengadakan promo besar-besaran. Online shop pilih memberikan giveaway atau voucher belanja dengan nominal yang menggiurkan.

5. Menyambut tahun baru nggak ada salahnya kerja di kantor baru. Yuk, cari loker yang baru

cari loker yang baru menuju tahun baru via pixabay.com

Apakah kamu pernah merasa bosan dengann pekerjaanmu yang begitu-begitu saja? Oleh karena itu, nggak ada salahnya cari lowongan kerja (loker) baru. Kamu merasa butuh suasana baru yang nggak sekadar dari meja saja atau ruangan, tapi juga teman-teman, atasan, dan jobdesk. Memulai tahun baru nggak ada salahnya cari suasana baru dan pekerjaan baru. Untuk itu, yuk cari loker dari sekarang agar saat tahun sudah berganti kamu sudah bekerja di kantor baru. Biasanya cuma buat kamu yang merasa bosan saja sih. Hehe.

6. Sibuk posting resolusi dan throwback di media sosial. Semoga nggak cuma sebagai posting-an semata, ya!

posting dulu ah ~ via unsplash.com

Hal satu ini merupakan kebiasaan kekinian. Dengan kehadiran teknologi yang semakin maju, maka akhir tahun diisi dengan orang-orang yang sibuk posting resolusi di medsos. Membuat resolusi bisa sebagai ajang menyebarkan semangat, tapi juga ajang kamu kepoin orang-orang tentang rencananya di masa depan. Kalau sudah seperti ini, biasanya kamu akan membanding-bandingkan mana resolusi yang lebih keren. Begitu pula dengan throwback di medsos, kamu bakal mengingat lagi hal-hal apa saja yang menyenangkan maupun nggak selama setahun ke belakang ini. Yah, semoga bukan hanya sebagai posting-an semata, ya.

7. Jadikan akhir tahun untuk mengadakan pernikahan. Lumayan, ‘kan tamu yang datang kemungkinan berkurang

Wah, yang datang cuma segini! HEHEHE via pixabay.com

Karena akhir tahun identik dengan liburan, nggak jarang banyak orang yang berpergian ke luar kota atau negara. Untuk itu, nggak salah kalau ada yang memanfaatkan akhir tahun sebagai momen pernikahan. Apalagi nanti memulai awal tahun bersama pasangan halal, wah! Di sisi lain, budget pun menjadi lebih hemat karena kemungkinan tamu yang datang berkurang karena mereka sibuk liburan. Lumayan, kan?

Lalu, apa rencanamu menjelang akhir tahun? Dari ketujuh kebiasaan tadi, mana yang kamu banget? Yuk, share di kolom komentar!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya