Kamu yang hidup di Jakarta pasti apal banget dengan realita kehidupan bersama KRL. Transportasi kesukaan warga Jakarta ini memang terkenal di kalangan pekerja dan mahasiswa. Bagaimana tidak, KRL adalah satu-satunya transportasi di Jakarta yang terbebas dari kemacetan (Iya lah. Orang punya rel sendiri)! Selain itu, harganya yang terjangkau dan adanya jadwal pasti keberangkatan jadi nilai plus yang semakin membuat pecinta KRL betah menggunakan jasanya.

Meski ada juga sisi negatifnya, namun para penumpang KRL seakan tak punya pilhan lain. Akhirnya KRL tetap menjadi satu-satunya tranportasi andalan para mahasiswa dan pekerja di Jakarta. Saking banyaknya penumpang yang naik KRL, kamu pun jadi bisa menemukan beragam jenis karakter orang disana. Nah, sebagai pengguna KRL sejati, kamu pasti sudah sering menemui tipe orang-orang yang seperti ini. Kadang bisa bikin ketawa, kadang bisa bikin jengkel juga.

1. Namanya juga anak muda, naik KRL pun harus tetap on-line. Meski KRL udah jalan, update status atau kepoin mantan gak boleh ditinggalkan.

Wow... Padahal rame loh. Masih sempet aja on-line

Awas copet mbak via elraihany.wordpress.com

Advertisement

Sebagai anak muda gaul yang kekinian, kamu gak boleh ketinggalan untuk buka sosmed setiap saat. Mau, di rumah, di sekolah, di kampus, di tempat kerja, sampai di KRL; update status itu hal mutlak yang gak boleh kamu lupakan. Walau cuman check-in di Path atau stalking Instagram mantan, aktivitas sosmed harus tetap jalan. Yah, itung-itung menghilangkan rasa bosan selama perjalanan.

2. Sepanjang perjalanan, ada loh penumpang yang headset/earphone-nya selalu terpasang. Padahal belum tentu dengerin sesuatu.

Udah music on, selfie on pula~

Udah music on, selfie on pula~ via www.kaskus.co.id

“Nanananananaa~”
*Pundak ditepok penumpang sebelah
“Mas, tolong jangan nyanyi. Kuping saya nanti gatel,”
“Hehe… iya buk,”

Tagline music is my life sepertinya tepat untuk disematkan pada tipe penumpang ini. Mungkin dalam benaknya, perjalanan akan terasa semakin menyenangkan saat ada background musik yang mengiringi. Ditambah lagi, kan keren kalau sepanjang perjalanan, mulai dari pertama masuk KRL sampai turun di stasiun tujuan, earphone-mu gak pernah lepas dari telinga. Yah, walaupun entah itu beneran muter lagu atau cuma buat pajangan doang. :p

3. Kamu pasti sering nemuin penyumpang yang suka pura-pura tidur. Penumpang kayak gini kadang cuma alasan aja biar gak disuruh berdiri pas ada orang yang lebih butuh kursi.

Pura-pura niiih

Pura-pura niiih via pemanisbuatan.wordpress.com

Advertisement

Pernah nemu penumpang seperti ini? Gimana perasaanmu? Kesel pasti, kan. Sebenarnya dia gak tidur, orang barusan aja dia mainin hapenya. Tapi pas ada penumpang lain berdiri di dekatnya, dia jadi akting tidur biar gak disuruh berdiri ngasi kursinya. Kan kasihan penumpang lain yang lebih membutuhkan.

Kalau nemu penumpang seperti ini, mending pura-pura aja nemu duit 100rb dibawah kursinya sambil teriak, “Wah, ada duit 100rb, nih!” Dijamin dia langsung bangun.

4. Yah, meski ada juga sih penumpang yang beneran tidur. Mungkin kecapekan pulang kantor ya..

Kalau ini tidur beneran gak ya....

Kalau ini tidur beneran gak ya…. via pnpcl.blogspot.com

“Mas, nanti kalau udah sampai Depok bangunin saya, ya.”
“Oh, iya, Pak. Saya juga turun Depok, kok”

Tapi kita juga gak boleh langsung su’udzon sama penumpang yang tidur di KRL sih. Apalagi kalau itu jam-jam pulang kantor atau pulang sekolah. Bisa aja kan orang tersebut emang ketiduran gara-gara kecapekan~

5. Ada juga penumpang yang bawa kursi sendiri gara-gara gak kebagian tempat duduk. Meski kreatif, tapi jangan ditiru ya. mengganggu penumpang lain tuh

Eaaaak

Eaaaak via www.kaskus.co.id

“*Tengok kiri-kanan. Gak ada kursi kosong. Langsung ngambil kursi lipatnya. Ditata sedikit. Duduk manis.”

Ini adalah salah satu tingkah paling kreatif penumpang KRL. Karena emang gak kebagian tempat duduk dan lagi bener-bener capek, jadinya banyak orang yang duduk di lantai KRL. Tapi ada juga loh yang memilih untuk membawa kursi sendiri. Meski memang kreatif, tapi jangan ditiru, ya. Hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain. Belum lagi kalau pas jam-jam padat pengguna KRL. Kalau kamu duduk, jatah ruang berdiri untuk 3 orang jadi kamu ambil sendiri.

6. Tipe gentlemen juga sering kan kamu jumpai di KRL. Dia adalah pahlawan yang rela memberikan kursinya buat penumpang lain yang membutuhkan.

sini mbak duduk di kursi saya aja

sini mbak duduk di kursi saya aja via wartakota.tribunnews.com

Meski banyak juga penumpang KRL yang egois, tapi kita gak boleh langsung ngejudge bahwa penumpang KRL itu jengkelin. Gak semua penumpang KRL itu jengkelin kok. Masih ada tipe penumpang gentleman yang rela memberikan kursinya kalau ada orang yang lebih butuh duduk daripada dia. Ini nih yang perlu kita contoh. Utamakan yang membutuhkan, ya. 😀

7. Salah satu penumpang paling ngeselin adalah pernumpang yang suka dorong-dorong. Mereka gak tahu apa kalau dorong-dorong di KRL itu bahaya.

Padat, ya...

Padat, ya… via %20www.kompasiana.com

“Mas, minggir dong! Saya mau masuk, nih!”
“Lah, jangan dorong-dorong, Bu. Saya mau turun ini!”

Harus diakui, pada saat jam-jam hectic, keganasan manusia akan terlihat di KRL. Hukum negara Indonesia tak lagi diterapkan di sana. Yang ada hanya hukum rimba, siapa kuat dia dapat. Terbukti dari banyaknya penumpang yang saling dorong-mendorong baik untuk naik ataupun turun dari commuter. Lha dipikir ini film 300 apa ya, dorong-dorong sambil teriak “THIS IS SPARTA!”

8. Entah karena rajin atau emang bosan gak ada kerjaan, ada juga penumpang yang sepanjang perjalanan fokus baca buku atau koran.

Gak cuman orang Jepang ya ternyata yang hobi baca di kereta

Gak cuman orang Jepang ya ternyata yang hobi baca di kereta via rumahdzaky.files.wordpress.com

Disaat yang lain sibuk mainan hape, ada aja orang yang bisa sibuk membaca di dalam KRL. Padahal kan sejatinya membaca di kendaraan yang sedang bergerak itu susah. Kalau gak terbiasa, bisa-bisa kamu jadi pusing dan mual. Kalau kamu nemu orang lagi baca di KRL, ada dua kemungkinan. Dia emang sudah terlatih membaca di kereta, atau pura-pura baca aja biar dianggap keren. Hehehe..

9. Kalau liat penumpang yang duduknya ngambil jatah kursi prioritas rasanya pengen nabok aja. Apalagi pas ada lansia, ibu hamil, atau orang difabel. Please, toleransi sama mereka.

Padahal udah ada tandanya.... :(

Padahal udah ada tandanya…. 🙁 via www.tribunnews.com

Di setiap commuter, sudah disediakan jatah kursi prioritas untuk orang-orang yang benar-benar membutuhkan tempat duduk. Jatah tersebut dikhususkan bagi lansia, ibu-ibu hamil, ibu-ibu yang menggendong anak, juga untuk penumpang yang punya disabilitas. Jadi kalau kamu melihat ada orang, fisiknya terlihat sehat, apalagi dia bisa sambil bercanda duduk di kursi prioritas, itu tandanya orang tersebut sudah kehilangan jiwa kemanusiaannya.

10. Seneng tuh kalau ada cewek cakep ketiduran dan nyandar di pundakmu. Tapi kalau yang nyender om-om brewokan, sedih amat nasibmu.

Waduuuh... :D

Waduuuh… 😀 via natazya.wordpress.com

Selayaknya di setiap transportasi, terkadang kamu akan menemukan ada penumpang ketiduran yang tiba-tiba nyandar di pundakmu. Yah, wajar lah. Mungkin dia kecapekan. Ditambah lagi kalau dia cewek, cakep, masih muda. Kamu pasti sangat memakluminya. Seneng bahkan. Tapi beda cerita kalau yang nyandar om-om brewokan. Palingan kamu langsung nepok si om buat bangunin beliau. :p

11. Kamu pasti sering liat penumpang yang suka gosip waktu di KRL. Mulai dari artis, mantan, sampai penumpang lain tak luput jadi bahan gosipnya.

Gosip

Gosip girl via allcars.pw

“Tau ngga nek, masa kemarin si Oji nembak Nurul sih,”
“Hah? Masa? Terus diterima?”
“Suwer deeeh. Kagak, ditolak sih. Kasian ya. Hahahaha,”

Dari sekian banyak penumpang KRL yang pernah kamu temui, kamu pasti pernah nemuin gerombolan penumpang yang hobinya nggosip. Mulai dari artis, mantan, temen sampek penumpang lain; semuanya dijadiin bahan gosip. Yang bikin ngeselin, suara mereka pas nggosip ini gak kalah sama suara Ibu-ibu pedagang di pasar. Rame banget.

12. Kamu jomblo? Pasti sebel banget kalau liat ada pasangan yang mesra-mesraan di KRL. Mas mbak, get a room please!

Buruan turun, deh!

Buruan turun, deh! via %20thecityghost.com

“Sayang, ntar tujuan kita mau kemana, nih?”
“Kamu maunya kemana deh? Aku bakal nurutin maumu,”
“Uuuuhh… So sweet…”

Dari sekian banyak penumpang di KRL, penumpang jenis ini yang paling tidak berperi-kejombloan. Oke, kita bisa paham kalau pas kasmaran, dunia memang serasa milik berdua. Tapi ya mohon pengertiannya juga. Penumpang KRL pasti banyak yang jomblo. Mbok ya gak perlu mesra-mesraan juga. Kasihanilah para tuna asmara tersebut. :'(

13. Dan diantara semua penumpang tersebut, fenomena penumpang cuek adalah yang paling sering kamu temui. Entah apa yang terjadi pada warga negara yang katanya ramah ini.

Bisa diliat kan. Semua sibuk dengan urusan sendiri-sendiri

Bisa diliat kan. Semua sibuk dengan urusan sendiri-sendiri via www.ciputranews.com

Ini yang paling mencengangkan. Diantara sekian banyak penumpang KRL yang ada, kalau kamu mengamati dengan seksama, kamu pasti sadar bahwa kebanyakan dari mereka cuek dengan urusan orang lain. Sifat individualisme yang sangat tinggi akan kamu temukan saat kamu menaiki KRL. Aneh kan. Padahal dulu kita gembar-gembor bahwa Indonesia itu rakyatnya ramah dan punya rasa kekeluargaan yang tinggi. Tapi di KRL, hal tersebut tidak terbukti. Entah apa yang telah terjadi dengan pola pikir rakyat di negara ini.

Gimana? Kamu termasuk tipe yang mana, nih? Masih ada tipe-tipe yang lain nggak? Kalau ada kamu bisa menambahkan di kolom komentar, ya. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya