Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata lansia atau nenek-nenek? Tentu nggak jauh-jauh dari wanita paruh baya yang ketahanan fisiknya telah menurun sehingga nggak mampu melakukan aktivitas yang berat. Selain itu, para lansia atau nenek-nenek juga diidentikan dengan sesuatu yang sifatnya jadul; gaya berpakaian kuno, pemikiran kuno, dan sebagainya.

Padahal sebenarnya nggak semuanya seperti itu lho. Ada juga kok lansia atau nenek-nenek yang kuat secara fisik, nggak gaptek, modis, dan lain-lain, yang juga melakukan aktivitas atau hobi laiknya para remaja. Percaya nggak? Berikut ini Hipwee sudah merangkum 6 nenek zaman now yang meski sudah tua, namun mereka melakukan hal-hal yang identik dengan anak muda.

1. Kimiko Nishimoto, seorang nenek berusia 88 tahun yang memiliki hobi fotografi. Foto-fotonya yang unik telah ia pamerkan di sebuah galeri Jepang

nenek fotografer via www.hipwee.com

Advertisement

Kecintaan nenek Kimiko pada dunia fotografi berawal dari hadiah kamera yang diberikan oleh anaknya di usia 71 tahun. Sejak saat itu ia nggak berhenti belajar memfoto dan mengabadikan dirinya dengan pose-pose unik nan kocak.

Karena keunikan hasil fotonya, Kimiko beberapa kali membuat pameran atas karyanya. Yang paling terbaru, Kimiko memamerkan karyanya di Epson Imaging Gallery Epsite, Tokyo, tanggal 15 Desember 2017 sampai 18 Januari 2018 yang lalu.

2. Daphne Selfe, nenek 89 tahun yang membuktikan bahwa jadi model nggak terbatas usia

model tertua di dunia via www.instagram.com

“Aku tidak pernah melakukan apapun pada wajahku. Tidak dengan racun-racun itu, tidak facelift. Menurutku itu pemborosan,” kata Daphne kepada Daily Mail

Advertisement

Nenek Daphne baru saja dinobatkan sebagai model tertua di dunia setelah ia menyelesaikan sebuah kampanye dengan brand kecantikan, Eyeko. Nenek Daphne tampil di video terbaru peluncuran Bespoke Mascara Eyeko. Dalam video tersebut, nenek yang sudah mengawali karier model sejak tahun 1949 ini terlihat sangat lihai menambahkan maskara ke bulu matanya.

Daphne yang masih dipercaya sebagai model di usia senja, menjadikan batasan usia untuk menjadi model seperti sudah nggak ada lagi. Nenek Daphne kerap melakukan kampanye mode dan kecantikan dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya untuk brand ternama Marks & Spencer dan Selfridges’ Project Ocean.

3. Lain dengan nenek Kimiko yang jago fotografi, nenek asal Taiwan yang satu ini selera fashionnya nggak kalah sama anak muda

nenek fashionable via www.instagram.com

Nenek asal Taiwan yang bernama Moon Li sempat menjadi perbincangan di jagad maya. Wanita berusia 88 tahun ini mendadak tenar akibat foto dirinya dengan fashion modis laiknya anak muda.

Ketenaran nenek Moon Li bisa dibilang nggak disengaja. Awalnya, ia memang suka foto selfie dengan tongsis miliknya, namun suatu ketika ia lupa membawa tongsis, lalu ia meminta tolong orang yang lewat untuk memotret dirinya. Setelah itu orang tersebut langsung mengunggah fotonya dan membuat Moon Li terkenal karena fotonya menjadi viral.

4. Sumiko Iwamuro. Sorang nenek pengelola restoran asal Jepang yang kalau malam beralih profesi menjadi DJ profesional

DJ (Disc Jockey) adalah profesi yang berkembang di era 2000-an. Profesi ini diidentikan dengan penggunaan teknologi modern dan biasanya dimainkan oleh anak muda. Namun hal tersebut nggak berlaku bagi Sumiko Iwamuro. Nenek berusia 82 tahun tersebut menjadikan DJ sebagai profesi yang digeluti olehnya.

Memulai karier di usia 70-an, Sumiko biasanya nge-DJ di DecaBars, sebuah kelab besar di Shinjuku, salah satu kawasan red light district di Jepang. Jangan salah, meski sudah berumur, ia tetap diminati dan memiiki banyak fans, bahkan ia sudah punya julukan sendiri, lho, yaitu DJ Sumirock. Siapanya Bude Sumiyati, ya?

5. Berawal dari kesulitan menaiki tangga dan sering kehabisan napas, Shirley Webb memutuskan berolahraga. Siapa sangka sekarang ia jadi atlet angkat besi

Shirley Webb, wanita paruh baya yang telah berusia 78 tahun ini memutuskan berolahraga setelah merasa kondisi fisiknya yang menurun mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Setelah diajak cucunya untuk pergi ke gym, nenek Shirley merasa mengangkat beban adalah keahliannya.

Di usia senja, nenek Shirley mampu mengangkat beban 111 kg. Wow! Ia merupakan juara kompetisi Missouri State Powerlifting and Midwest Open di St. Louis dengan kategori usia 75 tahun ke atas.

6. Siapa sangka 2 nenek di Singapura ini ternyata jago main parkour. Bandingkan sama kita yang masih muda, tapi dikit-dikit mager -__-

Seniors learn parkour for fitness

Retirees Kimm Chai, 58, and Ann Tham, 64, started practising parkour about two months ago and said the sport has kept them physically and mentally fit.Story here: http://str.sg/oU22

Posted by The Straits Times Video on Saturday, 27 January 2018

Ann Tham (64 tahun) dan Kimm Chai (58 tahun) adalah seorang nenek asal Singapura yang memiliki kelihaian melakukan parkour laiknya anak muda. Tham merupakan anggota tertua Move Academy Singapore, sekolah parkour. Tham mengenal parkour setelah diperkenalkan dengan sang pelatih, Tan Shie Boon. Sedangkan Kimm Chai merupakan ibu kandung dari sang pelatih.

Keduanya membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang untuk melakukan hobi sembari menjaga kesehatan. Khusus Tham, dua bulan lalu ia berjalan dengan bantuan tongkat, sekarang semenjak berlatih parkour ia sudah bisa berjalan tanpa bantuan tongkat.

Itulah tadi 6 nenek yang membuat kita kagum sekaligus tertawa melihat kelakuan unik dan kocak mereka. Rasanya kita kalah muda, kalah bertalenta dibabanding mereka, ya. Mungkin mereka ini yang dinamakan nenek super zaman now.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya